Brilio.net - Selama ini masih banyak anak muda yang kurang memahami cara bijak mengonsumsi minuman beralkohol. Ya bisa dibilang pemahaman mereka soal itu masih terbilang rendah.

Padahal jika dilakukan dengan benar, bertanggung jawab dan tidak berlebihan, mengkonsumsi minuman beralkohol punya manfaat dan dampak positif juga loh. Artinya, mengonsumsi minuman beralkohol bukanlah sesuatu yang buruk sepanjang bisa mengatur takarannya.

Cara bijak mengonsumsi alkohol © 2021 brilio.netThirsty Owl

Sebab segala sesuatu juga bakal memberikan efek yang buruk apabila dilakukan secara berlebihan. Karenanya, memberikan edukasi kepada anak muda agar bijak dalam mengonsumsinya menjadi sesuatu yang sangat penting.

Loading...

Hal inilah yang dilakukan Wendy, pemilik Thirsty Owl. Sebagai distributor minuman beralkohol, dia tidak hanya mengutamakan bisnis. Tapi juga ikut memberikan edukasi kepada para konsumen bagaimana menggunakan minuman beralkohol secara benar dan bertanggung jawab.

“Sepanjang bisa mengatur takarannya tidak akan menjadi masalah. Jangankan minuman beralkohol, air putih saja kalau berlebihan bisa berbahaya,” ujarnya.

Berikut tiga cara bijak mengonsumsi minuman beralkohol agar kamu nggak kebablasan. 

1. Bukan untuk adu kuat-kuatan

Cara bijak mengonsumsi alkohol © 2021 brilio.netpixabay via insider.com

Edukasi cara mengkonsumsi minuman beralkohol yang tepat kepada anak muda secara dini sangat penting agar mereka bijak menyikapinya. Sebab, kebiasaan anak muda itu selalu berusaha mencoba segala sesuatu yang baru dan ingin tampil gagah di hadapan teman-temannya.

Karena itu perlu mendapatkan bimbingan dan informasi yang tepat agar tidak sampai membahayakan. Nah mengonsumsi minuman beralkohol itu bukan soal adu kuat-kuatan meminumnya. Tapi, bagaimana menjadikan minuman beralkohol sebagai teman yang asyik untuk nongkrong.

“Dibutuhkan sosialisasi dan edukasi tentang cara bijak mengonsumsi minuman beralkohol. Itulah yang selalu saya lakukan kepada para konsumen,” lanjut Wendy.

2. Jangan asal meramu

Cara bijak mengonsumsi alkohol © 2021 brilio.netthinkstock via fsrmagazine.com

Selama ini banyak terjadi para remaja meregang nyawa saat mengonsumsi minuman beralkohol. Hal itu lebih disebabkan kurangnya pengetahuan mereka terhadap minuman jenis ini.

“Karena yang mereka minum itu adalah produk-produk minuman beralkohol yang tidak jelas alias ilegal. Selain itu, mereka juga sembarangan meramunya dengan minuman lain tanpa mengetahui bahayanya,” papar Wendy.

3. Ingat, minuman beralkohol hanya untuk dewasa

Cara bijak mengonsumsi alkohol © 2021 brilio.netimcgrupo.com

Minuman beralkohol hanya diperuntukan bagi mereka yang sudah berusia di atas 21 tahun. Selain itu mereka juga wajib melampirkan atau memperlihatkan identitas seperti KTP, SIM, Paspor saat membelinya.

Cara ini juga dilakukan e-commerce yang menawarkan minuman jenis ini. Di mana calon pembeli wajib melampirkan identitas. Terpenting, untuk mengonsumsi minuman beralkohol sesorang harus menggunakan akal sehat, bertanggung jawab dan ingat, jangan berlebihan. Karena sejatinya kalian adalah penikmat, bukan pemabuk.

RECOMMENDED