Brilio
Discover the best food

10 Jus untuk mengurangi nyeri haid, manjur banget

Minuman

10 Jus untuk mengurangi nyeri haid, manjur banget

Jus ini juga sangat mudah untuk kamu bikin sendiri di rumah.

Home » Minuman

18 Maret 2019 16:25, Nur Luthfiana Hardian

Brilio.net - Menstruasi atau haid adalah hal biasa yag harus dilalui setiap wanita. Pada saat haid, ada beberapa wanita yang tidak mengalami masalah, namun ada juga sebagian wanita tak terlalu beruntung ketika siklus haid datang. Sebagian wanita memiliki pengalaman mengerikan tentang menstruasi yang sangat menyakitkan dan tidak nyaman.

Ada empat jenis gangguan haid. Di antaranya adalah pendarahan menstruasi berat, berbagai gejala fisik dan psikologis, kram atau nyeri haid yang parah, diare dan sakit kepala, hingga gejala kecemasan dan perubahan suasana hati yang menjadi tidak menentu.

Berbagai gangguan itu cukup umum dialami oleh wanita. Gejala yang dialami saat siklus haid datang biasanya disebut sebagai Premenstrual Syndrome atau PMS.

Meski cukup umum dirasakan oleh para wanita, namun nyatanya rasa sakit ini selalu mengganggu aktivitas harian. Para wanita yang cenderung tidak tahan dengan rasa sakitnya biasanya akan berkonsultasi pada dokter dan mulai mengonsumsi obat-obatan yang bisa mengurangi nyeri haid.

Tapi tahukah kamu jika nyeri haid ternyata mudah diatasi dengan jus saja? Beberapa buah yang diolah menjadi minuman jus ini terbukti bisa meredakan masalah menstruasimu karena mengandung bahan alami dan tentu saja menyehatkan.

Nah, jus apa saja yang dapat diminum untuk membantu mengurangi nyeri saat menstruasi? Berikut 10 jus yang ampuh mengurangi nyeri tamu bulanan wanita, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (18/3).


1. Jus buah persik dan lemon.

jus mengurangi nyeri haid instagram

foto: pixabay


Campuran bahan alami ini bisa menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh dan mengurangi retensi air yang cocok digunakan bagi wanita yang mengalami kembung saat menstruasi. Jus ini juga bisa meringankan gangguan pencernaan dan sembelit, memiliki efek relaksasi yang sangat baik untuk wanita yang mengalami kecemasan saat haid.


2. Apel dan jeruk.

jus mengurangi nyeri haid instagram

foto: pixabay


Kombinasi jus apel dan jeruk ini dapat mengobati kembung, memperlancar pencernaanmu, membuatmu merasa lebih berenergi dan mencegah depresi. Selain meringankan nyeri ketika haid, perpaduan jus apel dan jeruk juga dapat mencegah munculnya jerawat yang rentan muncul ketika menstruasi.  


3. Lemon, tomat, dan semangka.

jus mengurangi nyeri haid instagram

foto: pixabay


Tiga buah ini ampuh mencegah kram dan kejang otot, mengurangi retensi air dan kembung, memperbaiki pencernaan, hingga mengurangi peradangan yang merupakan salah satu penyebab kram saat haid. Kombinasi jus tiga buah ini juga dapat meringankan gejala kecemasan, stres, kelelahan, kelemahan otot, dan kelelahan.


4. Bluberi dan semangka.

jus mengurangi nyeri haid instagram

foto: pixabay


Bluberi kaya akan antioksidan dan serat yang bermanfaat bagi tubuh, karena antioksidannya mampu melawan radikal bebas dalam tubuh dan membuang semua racun. Serat yang terkandung pada bluberi dan semangka juga sangat baik untuk pencernaan. Jus ini sangat berkhasiat mengurangi retensi air dan menghilangkan cairan berlebih dari tubuh kamu.


5. Bit dan jeruk.

jus mengurangi nyeri haid instagram

foto: pixabay


Perpaduan dua buah yang dijus ini dapat memperbaiki konstipasi dan gangguan pencernaan yang sering dikaitkan saat menstruasi. Jus ini juga dapat mengobati kembung, meningkatkan energi yang sempurna di saat lelah selama haid berlangsung.


6. Jus wortel.

jus mengurangi nyeri haid instagram

foto: pixabay


Minumlah jus wortel secara rutin sebelum dan sesudah menstruasi selama 3 bulan dan kamu pasti akan merasakan sendiri hasilnya pada tubuh. Kamu juga bisa mencampurkan jus wortel dengan jus sayuran lainnya.


7. Nanas.

jus mengurangi nyeri haid instagram

foto: pixabay


Nanas dapat membantu menghilangkan kram ketika menstruasi karena jumlah bromelain yang tinggi, yaitu suatu enzim yang dikenal untuk meredakan nyeri otot. Di sisi lain, wortel dapat membantu mengatur aliran darah, meredakan nyeri haid, dan membuatmu memulihkan energi agar tidak terlalu lelah selama hari-hari yang menyakitkan itu.


8. Bit, seledri, apel, dan jus mentimun.

jus mengurangi nyeri haid instagram

foto: pixabay


Pada saat haid, badan yang tidak enak akan membuat segala aktivitasmu terganggu dan tugas sehari-harimu akan terasa berat. Kombinasi jus dari bahan alami ini membantu meningkatkan energi, sehingga kamu tidak akan merasakan rasa nyeri perut saat haid.


9. Pisang.

jus mengurangi nyeri haid instagram

foto: pixabay


Kamu bisa mengolah pisang menjadi smoothie yang lezat. Pisang yang kaya akan vitamin B ini dapat membantu melawan PMS dan nyeri haid. Kamu juga bisa menambahkan bahan ini dengan campuran susu kedelai atau yogurt untuk menambahkan sedikit kalsium, kemudian taburkan beberapa kacang mede, yang kadar magnesiumnya juga akan mengurangi kram di perutmu.


10. Cokelat hitam.

jus mengurangi nyeri haid instagram

foto: pixabay


Dilansir dari boldsky, kandungan kafein dan gula dalam cokelat ternyata sangat aman untuk dikonsumsi ketika siklus haid datang. Cokelat mengandung kadar kalsium yang dapat membantu menyembuhkan kram di perut. Selain itu juga cokelat cocok sebagai cara tepat untuk memperbaiki mood atau suasana hati di kala haid.

 

 

 

RECOMMENDED

(brl/gib)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    11%

  • Ngakak!

    11%

  • Wow!

    56%

  • Sedih

    11%

  • Marah

    11%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

10 Jus untuk mengurangi nyeri haid, manjur banget.
Jus ini juga sangat mudah untuk kamu bikin sendiri di rumah.
https://brilicious.brilio.net/minuman/10-jus-untuk-mengurangi-nyeri-haid-manjur-banget-1903180.html
SEND
Loading...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP