Discover the best food

Masak Yuk

Trik membuat ayam bakar yang lezat dengan bumbu yang meresap

Resep dari chef.

Home » Masak Yuk

16 Desember 2017 11:04, Syifa Fauziah

Brilio.net - Siapa sih yang nggak suka ayam bakar? Apalagi kalau bumbu ayam bakar itu meresap sampai ke tulang dan dagingnya ayamnya ditambah lagi dinikmati dengan nasi hangat dan sambal. Tapi mengolah ayam bakar dengan bumbu meresap susah-susah gampang loh.

Waktu dan tempat menjadi kunci ketika mengungkep ayam sebelum dibakar. Penasaran seperti apa tips menungkep ayam agar lebih meresap? Berikut tips dari Chef William Gozali.

"Jadi good thing take time (untuk menghasilkan yang baik butuh waktu) semakin lama diungkep, semakin meresap, tergantung aimnya (tujuannya) mau seperti apa, tujuannya mau seperti apa ayan yg kita ungkap," ungkap William saat ditemui media di Jakarta, Jumat (15/12)

William menjelaskan, untuk mengungkep ayam butuh waktu selama kurang lebih satu hari. Semakin lama disimpan, akan semakin baik. Namun yang juga jadi catatan ialah suhu penyimpanannya. "Asal nyimpennya suhu di bawah 2-5 derajat celcius, agar bakteri tidak semakin meningkat. Normalnya memang satu hari, di bahwa satu hari justru makin kurang," kata dia.

Untuk hasil terbaik ia menyarankan menyimpannya di dalam kulkas. Karena dengan begitu akan menambah bumbu lebih meresap. "Karena kalau di luar sudah pasti basi, dan bakteri tumbuh,"kata dia.

Hal yang nggak kalah penting adalah kamu harus memastikan ayam tidak gosong. "Ada dua cara, cara paling bodohnya adalah dengan menggunakan pisau kita potong, apakah daging yang kita potong masih ada juicenya atau nggak," ungkap William. Jika masih mengeluarkan juice atau cairan berarti ayam tersebut masih kurang matang.

Cara kedua ialah dengan menggunakan termometer khusus memasak. "Kita colok termometer daging, kalau suhunya sudah mencapai 68 derajat celcius berarti udah matang, kalau masih kurang dari 68 derajat berarti belum mateng, which is nggak layak untuk dihidangkan karena masih banyak bakterinya yang berbahaya kalau nggak matang," kata dia.

Sementara untuk waktu memasaknya sendiri sangat relatif, tergantung dari besar dan ukuran dari daging ayam tersebut. "Kalau saya masak paha saya nggak pernah ngukur waktu masak, kalau dada 30 sampai 45 menit, kalau paha ini dimasak lama dia nggak akan kering karena mengandung lemak didalamnya, beda dengan dada, kalau dada akan lebih kering ketika dimasak kelamaan. Jadi saya menggunakan paha lebih aman, tapi untuk dada sekitar 30 menit," pungkasnya.


RECOMMENDED

(brl/pep)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    25%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Trik membuat ayam bakar yang lezat dengan bumbu yang meresap.
Resep dari chef.
https://brilicious.brilio.net/masak-yuk/trik-membuat-ayam-bakar-yang-lezat-dengan-bumbu-yang-meresap-171215w.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP