Brilio.net - Ketupat merupakan hidangan spesial yang banyak ditemui saat Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Biasanya ketupat dihidangkan bersama opor ayam dan sambal goreng kentang atau ati ampela. Hampir setiap rumah menyediakan menu Lebaran ini.

Kebanyakan orang lebih senang membuatnya sendiri ketimbang membeli. Selain lebih hemat biaya, mereka juga tahu tingkat kebersihan makanan yang mereka buat. Namun sayang, membuat ketupat tidaklah mudah.

Tak sedikit orang mengeluh karena gagal membuat ketupat. Misalnya saja, lembek atau hancur.

Nah buat kamu yang ingin membuat ketupat sendiri di rumah, berikut ini ada beberapa trik dan cara yang bisa kamu ikuti. Cara ini ampuh membuat ketupat cepat matang dan tahan lama pula.

Loading...

Berikut ulasannya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (18/5).

1. Isi beras dalam ketupat dengan porsi yang pas.

Tips dan trik cara merebus ketupat Instagram

foto: Instagram/@betamakan.mdn

Kamu harus bisa menakarnya dengan pas. Biasanya 2/3 bagian. Jika kamu mengisi terlalu banyak dan tidak menyisakan ruang, akan membuat ketupat menjadi kurang maksimal. Di mana ketupat menjadi tidak cepat matang dan akan terlalu keras.

Pun sebaliknya, jika kamu memasukkan beras terlalu sedikit, maka ketupat tidak padat dan menjadi lembek.

2. Durasi waktu merebus yang pas.

Tips dan trik cara merebus ketupat Instagram

foto: Instagram/@rendang_jogja

Merebus ketupat memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Kamu harus memperkirakan berapa lama waktu merebus ketupat. Waktu yang pas itu sekitar 4 jam, agar hasil ketupat menjadi sempurna.

Orang terkadang lupa sedang merebus ketupat, sehingga waktu yang tadinya hanya dibutuhkan 4 jam menjadi lebih. Gunakan timer, agar kamu memiliki pengingat, sehingga ketupat kamu menjadi lebih maksimal.

3. Menggantung ketupat setelah matang.

Tips dan trik cara merebus ketupat Instagram

foto: Instagram/@kedaiwanbashir

Setelah matang, kamu harus menggantungnya agar ketupat agar kandungan air yang tertinggal bisa hilang. Sehingga, ketupat bisa lebih tahan lama. Kandungan air membuat ketupat akan mudah basi atau tidak awet.

4. Masukkan ke dalam pendingin.

Tips dan trik cara merebus ketupat Instagram

foto: countryliving.com

Ketika ketupat sudah cukup kering, kamu bisa menyimpannya di lemari pendingin sehingga kamu bisa mengonsumsinya untuk beberapa hari ke depan. Masukkan ketupat ke dalam plastik dan kemudian simpan dengan rapi ke dalam lemari es.

RECOMMENDED