Brilio.net - Yogyakarta salah satu kota yang memiliki daya tarik yang besar untuk dikunjungi. Selain kotanya yang sangat tenang, Yogyakarta memiliki bergam kuliner beragam yang sayang untuk dilewatkan. Selain itu, sejarah kotanya sendiri yang menarik untuk diketahui.

Salah satu destinasi wisata yang memiliki sejarah yang paling kuat adalah Keraton Yogyakarta. Ya, tempat ini memang menjadi salah satu saksi sejarah kemerdekaan Indonesia. Tak heran bila banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Berbicara soal kehidupan raja, memang sangat menarik. Terutama mengenai makanan favorit para Sultan. Ternyata kamu bisa loh merasakan kelezatan berbagai hidangan raja-raja Yogyakarta mulai ratusan tahun yang lalu.

Salah satu tempat yang Brilio datangi adalah Bale Raos. Sebuah resto di lingkungan Keraton Yogyakarta, yang diberi mandat resmi untuk menyajikan resep-resep hidangan asli khas Keraton Yogyakarta.

Bangunan resto ini menggunakan desain joglo khas Jawa, dibalut ukiran ala keraton di tiang-tiangnya. Wisatawan pun diiringi alunan gending Jawa, sepanjang santap makan.

Menurut salah safu Chef di BaleRaos, Chef Anton, makanan kesukaan Sultan salah satunya adalah urip-urip gulung. Hidangan makanan ini sendiri merupakan ikan lele yang diberi bumbu kuning.

"Ini makanan kesukaan Sri Sultan Hamengku Buwono VII dan IX. Kalau dulu mereka makan lele utuh tapi sekarang kita modifikasi, kita buat lele filet agar pengunjung bisa lebih mudah menikmati hidangan ini," ujar Chef Anton saat ditemui brilio belum lama ini.

Chef Anton pun memberikan tips membuat resep urip urip gulung ini yang bisa kamu coba di rumah. Berikut resepnya yang bisa kamu jajal di rumah.

Bahan:

- 2 ikan lele segar
- 5 cabai merah
- 3 cabai rawit mewah
-5 butir bawang merah
- 2 butir putih
- 2 butir kemiri
- 1 ruas Kunyit
- 1 ruas jahe
- 3 helai daun jeruk
- 2 butir cengkeh
- 2 helai daun kemangi
- 1/2 sdt lada
- 1/2 sdt garam
- 2 helai daun salam
- 3 sdm santan
- air 200ml

Cara membuat:

1. Fillet ikan lele, lalau gulung dengan tali agar lebih mudah di goreng
2. Taburi garam dan merica, diamkan
3. Goreng ikan lele hingga keemasan. Lepas tali, diamkan
4. Belender atau ulek bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit dan kemiri hingga halus
5. Siapkan minyak panas, masak bumbu mentah hingga harum
6. Masukan lada, garam, daun jeruk, cengkeh jahe, cabai rawit merah. Aduk hingga wangi
7. Masukan air dan santan hingga warna keemasan, masukan daun kemangi
8. Masukan fillet lele goreng ke dalam bumbu, aduk hingga tercampur.
9. Matikan kompor, sajikan.

RECOMMENDED