Resep 6 makanan fermentasi sehat, mudah dibuat sendiri di rumah

Resep 6 makanan fermentasi sehat, mudah dibuat sendiri di rumah

Brilio.net - Bagi sebagian orang, memasak merupakan kegiatan yang menyenangkan. Ia bukan saja menjadi kegiatan untuk mengisi waktu luang, tapi juga dapat menjadi suatu hal yang bersifat rekreasional. Sayangnya, sulitnya mendapatkan bahan dapur terkadang menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi orang-orang yang suka memasak. Akibatnya, bukannya semangat, yang ada justru muncul rasa malas.

Itu baru dari sisi bahan. Banyaknya peralatan yang harus digunakan saat memasak sesuatu terkadang juga menjadi hambatan tersendiri. Ya, akui sajalah, siapa sih yang nggak males ketika harus mencuci banyak peralatan masak?

Eh, tapi tenang. Untuk kamu yang suka memasak, tapi nggak ingin repot, kamu bisa loh mencoba beberapa resep makanan fermentasi berikut ini. Nggak cuma praktis dibuat, makanan fermentasi berikut juga memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Wah, kira-kira apa saja makanan fermentasi sehat yang bisa kita buat sendiri di rumah ini? Berikut sudah brilio.net rangkum enam di antaranya, Minggu (14/7). Yuk, simak dan segera dicoba!

1. Kefir.

Resep 6 makanan fermentasi sehat, mudah dibuat sendiri di rumah

foto: herbeauty.co

Siapa nih yang suka banget sama yogurt? Nah, buat kamu pecinta yogurt, biar nggak bosen akan rasanya yang gitu-gitu aja. Boleh lho coba bikin kefir. Apa sih kefir ini? Kefir adalah susu yang difermentasi. Ia memiliki tekstur yang lebih cair daripada yogurt.

Lalu, bagaimana cara membuat minuman probiotik yang kaya akan bakteri Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium bifidum ini? Gampang kok!

Kamu hanya membutuhkan biji-bijian kefir sebanyak 1 sendok teh dan 1 cangkir susu. Masukkan biji-bijian tersebut ke dalam secangkir susu, lalu tutup dan biarkan pada suhu kamar selama sekitar 24 jam. Kalau sudah, langkah selanjutnya adalah menyaringnya. Mudah, bukan?

2. Kimchi.

Resep 6 makanan fermentasi sehat, mudah dibuat sendiri di rumah

foto: herbeauty.co

Kamu yang suka makanan Korea, pasti nggak asing lagi dengan nama kimchi dong, ya. Eh, tapi tahu nggak sih, fermentasi kubis ini ternyata nggak susah untuk dibikin lho? Yup, kamu bisa mencobanya membuatnya sendiri di rumah.

Bahan yang kamu butuhkan, yakni:
1) 1 kubis napa
2) 1/4 cangkir garam
3) 5-6 siung bawang putih yang sudah diparut
4) 1 sendok teh jahe yang sudah diparut
5) 1 sendok teh gula pasir
6) 2 sendok makan saus ikan, atau pasta udang asin, atau 3 sendok makan air
7) 1-5 sendok makan lada merah Korea
8) 8 ons lobak Korea atau lobak daikon, potong seukuran korek api
9) 4 daun bawang, potong-potong sekitar 3 cm.

Selanjutnya, campurkan potongan kubis dan garam secara merata. Pijat hingga teksturnya melunak dan biarkan selama beberapa jam. Selagi menunggu, buatlah pasta bumbu dan potong sisa sayuran. Setelahnya campurkan semua bahan tersebut. Lalu masukkan ke dalam stoples dan tinggalkan di lemari es selama kurang lebih 5 hari.

3. Kombucha.

Resep 6 makanan fermentasi sehat, mudah dibuat sendiri di rumah

foto: herbeauty.co

Kamu yang suka dengan minuman berfermentasi harus banget coba kombucha nih. Kombucha adalah teh yang difermentasi. Ia merupakan minuman probiotik yang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina.

Untuk membuatnya, kamu hanya membutuhkan SCOBY (kultur simbiosis bakteri dan ragi) atau jamur kombucha, teh, dan gula. Untuk lebih detailnya adalah sebagai berikut:
1) 3,5 liter air
2) 1 cangkir gula pasir
3) 8 kantong teh
4) 2 cangkir teh starter dari batch terakhir kombucha atau kombucha yang dibeli di toko
5) 1 scoby per tabung fermentasi

Campurkan semua bahan tersebut ke dalam satu wadah dan biarkan selama beberapa hari. Semakin lama proses pendiaman, semakin asam rasa yang dihasilkan.

4. Sauerkraut.

Resep 6 makanan fermentasi sehat, mudah dibuat sendiri di rumah

foto: herbeauty.co

Nama sauerkraut mungkin masih terdengar sangat asing di telinga orang Indonesia. Dia adalah makanan khas Jerman yang terbuat dari kubis yang diiris halus dan difermentasi oleh berbagai bakteri asam laktat, seperti Leuconostoc, Lactobacillus dan Pediococcus.

Meski begitu, kamu nggak perlu jauh-jauh pergi ke Jerman untuk mencoba makanan ini. Sebab, kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah di rumah.

Bahan yang kamu perlukan, antara lain:
1) 1 kubis hijau
2) 1,5 sendok makan garam
3) 1 sendok makan biji jintan

Setelah semua bahan terkumpul, campurkan seluruhnya ke dalam sebuah wadah. Jangan lupa, kubisnya dipotong-potong dulu, ya. Selanjutnya, diamkan ia selama 3-10 hari. Setelahnya, sauerkraut pun siap dihidangkan.

5. Fermentasi wortel.

Resep 6 makanan fermentasi sehat, mudah dibuat sendiri di rumah

foto: herbeauty.co

Membuat fermentasi wortel, nggak sesulit bikin carrot cake kok. Alat dan bahan yang digunakan juga nggak banyak. Kamu cukup menyiapkan dan mencampurkan bahan-bahan berikut:
1) 1,5 kg wortel, kupas dan iris setebal setengah cm
2) 1 sendok makan irisan lengkuas atau jahe segar
3) 1 sendok makan parutan kulit jeruk nipis
4) 2 sendok teh garam

Setelah didamkan selama seminggu, fermentasi wortel pun siap untuk dinikmati.

6. Sparkling cider.

Resep 6 makanan fermentasi sehat, mudah dibuat sendiri di rumah

foto: herbeauty.co

Bosan dengan minuman yang itu-itu saja? Nah, kamu bisa banget lho membuat sparkling cider sendiri di rumah. Waktu tunggu yang dibutuhkan pun hanya 24 jam.

Bahan yang diperlukan:
1) Sari apel 1 galon atau jus apel
2) 1/4 sendok teh ragi sampanye kering atau ragi roti

Langkah pertama, panaskan sedikit jus apel yang telah dibuat. Kemudian larutkan ragi ke dalam setengah cangkir jus apel. Lalu tuang larutan tersebut ke dalam sisa jus apel. Masukkan ke dalam botol, tutup, dan taruh di tempat yang gelap dan hangat selama 24 jam.


(brl/vin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya