Brilio.net - Mungkin bagi kebanyakan orang, memakan makanan yang jatuh ke tanah pasti merasa jijik dan kotor. Eits, lalu bagaimana kalau makanan tersebut ternyata malah terbuat dari tanah? Yup, di Tuban, Jawa Timur, kamu bisa menikmati camilan khas yang terbuat dari tanah liat murni.

Makanan tradisional yang berbentuk seperti remah-remah astor ini biasa dikonsumsi oleh perempuan hamil di Tuban, dan sudah menjadi resep turun menurun. Kudapan ini dipercayai oleh masyarakat setempat bisa menguatkan sistem pencernaan, mengobati beberapa macam penyakit, serta membuat perut terasa lebih dingin. Wah seperti apa sih cara bikinnya? Yuk daripada penasaran, ikuti resepnya di bawah ini ya!

resep Ampo Tuban © 2017 brilio.net
foto : perutgendut.com

Loading...


Bahan Baku:

- 500 gram tanah liat murni yang sudah terbebas dari kotoran, batu dan pasir
- air secukupnya

Cara membuat:


1. Adonan tanah liat yang dibersihkan, kemudian dibentuk dadu seukuran kotak sepatu.

2. Agar tidak lengket dalam prosesnya, tambahkan air sedikit demi sedikit.

3. Pukul-pukul dengan menggunakan palu atau kayu agar adonan menjadi padat.

resep Ampo Tuban © 2017 brilio.net
foto : allianz.com


4. Setelah adonan tersebut siap, kamu bisa melanjutkannya dengan menyerut tanah liat tersebut menggunakan pisau sehingga bisa berbentuk seperti astor yang menggulung-gulung. Lakukan terus hingga adonan habis.

5. Panggang Ampo ke dalam oven selama kurang lebih 30 menit.

6. Sajikan Ampo bersama dengan teh hangat.

resep Ampo Tuban © 2017 brilio.net
foto: perutgendut.com


Kebiasaan makan tanah liat atau geofagi ini memang memiliki fungsi positif bagi tubuh kita, terutama pada pencernaan. Tanah lempung yang steril akan memiliki perlindungan pencernaan dari virus dan bakteri serta bisa mengikat hal berbahaya tersebut. Wah bisa dicoba dong ya!

RECOMMENDED