Discover the best food

Masak Yuk

Coffee bun ala Rotiboy ternyata gampang bikinnya, ini resepnya!

Di negeri asalnya sendiri, Rotiboy cukup digandrungi karena rasanya yang khas.

Home » Masak Yuk

11 Februari 2018 01:03, Annisa Amalia Hapsari

Brilio.net - Setiap kali kamu ke bandara atau ke stasiun pasti sudah nggak asing lagi dong dengan sebuah gerai makanan yang berwarna khas cokelat dan kuning. Yup, gerai makanan itu adalah gerai Rotiboy.

Biasanya gerai makanan ini akan dengan mudah kamu temukan di stasiun atau bandara-bandara besar dan pertokoan seperti mall. Coffee bun adalah salah satu menu andalan gerai makanan yang berasal dari Malaysia ini.

Pada awalnya Rotiboy dibawa ke Indonesia oleh seorang wanita bernama Lala sebagai oleh-oleh setelah melakukan perjalanan ke Malaysia. Di negeri asalnya sendiri, Rotiboy cukup digandrungi karena rasanya yang khas.

Siapapun pasti setuju kalau aroma dan rasa roti yang satu ini selalu berhasil menggugah selera setiap kali melewati gerainya. Panganan roti dengan model tempurung dan berkulit renyah dengan rasa mentega yang khas ini biasanya dinikmati sebagai menu sarapan atau camilan di dalam kereta.

Nah ternyata kamu bisa bikin coffee bun ala Rotiboy sendiri lho! Yuk intip resep dan cara membuatnya seperti dilansir brilio.net dari cookpad.com, Minggu (11/2).

Bahan roti :
1. 250 gr tepung terigu cakra
2. 1 sdm susu bubuk
3. 1/4 sdt bread improver
4. 1 butir kuning telur
5. 30 gr margarin/butter

Bahan biang roti :
1. 7 gr fermipan
2. 150 ml air hangat
3. 40 gr gula

Bahan toping coffee :
1. 50 gr mentega
2. 50 gr gula halus
3. 1 butir putih telur
4. 50 gr tepung terigu
5. 15 gr maizena
6. 2 sdm coffee instan (tanpa ampas)

Bahan isian :
Bisa memilih menggunakan cokelat blok, selai atau butter

Cara membuat :
1. Campurkan semua bahan roti dan bahan biang roti menjadi satu. Lalu uleni hingga teksturnya menjadi kalis lembut. Kemudian tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan sampai adonan terlihat mengembang jadi dua kali lipat atau kurang lebih selama 30 menit.

2. Untuk membuat toping coffee, pertama kocok putih telur dengan mixer hingga putih kaku lalu sisihkan. Pada wadah yang berbeda masukkan margarin dan gula hingga lembut, lalu masukkan putih telur, tepung terigu, maizena dan coffee instan yang sudah di seduh. Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata. Kemudian masukkan ke dalam plastik segitiga atau biasa dan simpan dalam kulkas.

3. Kempiskan adonan roti yang sudah mengembang, ambil sedikit adonan lalu pipihkan. Masukkan bahan isian lalu bentuk menjadi bulat lagi. Setelah itu letakkan di atas loyang yang sudah dialasi kertas roti sebelumnya. Lalu tutup lagi dengan kain bersih hingga adonan roti kembali mengembang atau sekitar 10 menit.

4. Setelah 10 menit, olesi adonan roti dengan toping coffee, dengan disemprotkan secara melingkar seperti obat nyamuk.

 

5. Panaskan oven, lalu setelah panas masukkan roti. Panggang hingga toping mengering yang menandakan roti sudah matang atau kurang lebih selama 15-20 menit.

 

6. Coffee bun ala Rotiboy buatan rumah pun siap dihidangkan. Selamat mencoba!

 

RECOMMENDED

(brl/ton)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    11%

  • Wow!

    11%

  • Sedih

    11%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Coffee bun ala Rotiboy ternyata gampang bikinnya, ini resepnya!.
Di negeri asalnya sendiri, Rotiboy cukup digandrungi karena rasanya yang khas.
https://brilicious.brilio.net/masak-yuk/coffee-bun-ala-rotiboy-ternyata-gampang-bikinnya-ini-resepnya-180210b.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP