Brilio.net - Bagi kamu yang hobi bikin kue, proses menghias mungkin merupakan yang paling menyenangkan. Biasanya bahan yang sering digunakan untuk menghias, yakni whipped cream. Whipped cream juga digunakan untuk resep campuran adonan kue maupun dekorasi, seperti untuk lapisan antar layer kue dan topping. Kebanyakan orang mengenal whipped cream sebagai butter cream. Keduanya memiliki persamaan yakni, creamy dan lembut namun keduanya berbeda.

Perbedaan itu terletak dari segi bahan pembuatan, tekstur dan rasanya. Serta whipped cream kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi. Sedangkan butter cream kandungan lemaknya tinggi, karena terbuat dari susu kental manis gula dan mentega. Tak hanya itu rasanya tidak semanis pada whipped cream.

Whipped cream atau yang disebut krim kocok adalah krim kental yang dibuat dari 30 persen lemak susu. Krim ini dikocok menggunakan alat pengocok mixer hingga berwarna putih dan kaku. Whipped cream biasanya dijual dalam bentuk cair maupun bubuk. Whipped cream cair memiliki rasa yang cenderung gurih dan tidak begitu manis. Sedangkan whipped cream bubuk rasanya cenderung manis. Dari segi ketahanannya whipped cream bubuk jauh lebih tahan lama teksturnya di suhu ruangan. Bisa dikatakan tidak gampang meleleh kembali. Sedangkan whipped cream cair cenderung mudah meleleh dalam suhu ruangan.

Whipped cream instan yang biasa untuk menghias kue ini memang banyak dijual di pasaran. Whipped cream biasanya dijual dalam kemasan botol kaleng. Kamu hanya perlu menyemprotkannya pada kue maupun minuman. Buat kalian yang memang suka bikin kue atau cup cake dan ingin membuat whipped cream sendiri di rumah gampang loh caranya. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/11) cara membuat whipped cream sendiri ala kafe.

Bahan cara membuat whipped cream.

 Cara membuat whipped cream sendiri ala kafe, mudah dibuat freepik.com

foto: freepik.com

Bahan:
- 1 cangkir (240 ml) heavy whipped cream dingin, sebagai bahan dasar
- 2 sdm gula halus
- 1 jumput garam untuk memberi rasa unik pada whipped cream
- 1/2 sdt essens vanila atau perasa lainnya

Cara membuat wipped cream:

1. Tempatkan mangkuk pengaduk dan pengocok dalam frezer selama setidaknya 20 menit untuk dingin.

2. Tuang heavy whipped cream dingin, gula dan vanila ke dalam mangkuk dingin. Aduk dengan kecepatan tinggi sampai sedang hingga berubah kaku, selama 1 menit.

3. Jika menggunakan mixer, mulai pencampuran pada kecepatan rendah, dan tingkatkan kecepatan sedang hingga tinggi, sehingga krim mengembang dan kaku.

4. Whipped cream siap digunakan.

Tips membuat whipped cream.

 Cara membuat whipped cream sendiri ala kafe, mudah dibuat freepik.com

foto: freepik.com

1. Gunakan mangkuk yang cukup besar, karena biasanya whipped cream ini biasanya akan memiliki jumlah dua kali lebih dari bahan dasar heavy whipped cream. Mangkuk yang besar menghindari krim kocok supaya tidak tumpah-tumpah.

2. Gunakan heavy whipped cream, agar dapat mengembang dan jadi whipped cream yang padat dan halus.

3 Krim harus dalam keadaaan dingin. Memasukkan heavy whipped cream ke kulkas dan dikocok saat dingin akan lebih memudahkan krim mendapat tekstur padat.

4. Gula putih. Gunakan gula bubuk putih yang biasa digunakan untuk topping donat karena lebih mudah larut dan tercampur juga tidak akan merubah warna.

5. Whipped cream bisa menjadi sangat padat dan kaku jika tidak di kocok dengan benar. Jika whipped cream ingin dimasukkan di pipig bag dan disemprotkan ke atas cup cake, jangan kocok terlalu lama. Sehingga tekstur sangat padat kerena krim akan mengeras seiringnya waktu. Jika terlalu padat sulit ditekan pada pipig bag dan jadinya justru menggumpal.

Manfaat whipped cream.

 Cara membuat whipped cream sendiri ala kafe, mudah dibuat freepik.com

foto: freepik.com

Nah, jika kamu sering mengonsumsi whipped cream bersama cup cake maupun minuman, ternyata bahan ini memiliki beberapa manfaat. Tentunya selain memberikan cita rasa dan tekstur berbeda pada kue, manfaat whipped cream yang pertama sebagai penambah energi yang sangat baik. Kalori yang dimiki oleh whipped cream bisa mencapai 455 lkal. Jika kamu sedang kekurangan energi, kamu bisa menambahkan whipped cream ini pada buah atau makanan lainnya. Jika kamu sedang mengikuti program diet, jangan khawatir karena kandungan lemak yang dimiliki whipped cream masih aman dikonsumsi untuk diet. Namun, kamu tetap harus mengontrol pola makan kamu.

Produk susu juga mengandung kalsium yang cukup tinggi, sehingga baik untuk kesehatan tulang. Nah, whipped cream ini salah satunya. Selain itu vitamin K juga bisa kamu dapatkan dalam whipped cream, sehingga dapat membantu mengurangi fraktur tulang dan osteoporosis serta dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Selain itu whipped cream juga bisa mengurangi stres secara efektif, karena mengandung asam pantotenat yang bisa memproduksi hormon tertentu yang membuat rileks. Whipped cream juga mengandung folat, vitamin B2 dan fosfor yang penting bagi otak. Nah, whipped cream ini merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin A. Salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh mata sehingga membantumu beradaptasi dengan perubahan cahaya terutama pada saat malam hari.

RECOMMENDED