Brilio.net - Bingka barandam adalah salah satu kuliner khas masyarakat Banjar, Kalimantan Timur. Biasanya, kue ini akan mudah ditemukan pada saat bulan Ramadan sebagai menu berbuka.

Tekstur dari kue ini sendiri tergolong lembut. Keunikannya terletak pada adanya pemberian kuah. Hal ini sesuai dengan namanya, dimana 'barandam' yang secara harafiah berarti 'berendam'.

Untuk kuahnya itu sendiri dibuat dari air gula. Tak heran, rasa dari bingka ini pun cenderung cukup manis, yang mana membuatnya cocok untuk disantap saat berbuka puasa.

Dilansir brilio.net dari cookpad.com, Senin (28/5), berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuat bingka barandam yang menjadi primadona saat bulan Ramadan tiba. Yuk, dicoba! Bisa jadi alternatif menu berbukamu, lho.

Bahan bingka barandam:
1. 200 gr tepung terigu
2. 8 butir telur
3. 1-2 sdm gula pasir
4. Garam secukupnya
5. 1/2 sdt bubuk vanilli
6. 1/2 sdt vanilla ekstrak

Bahan kuah:
1. 6 sdm gula pasir
2. 250 ml air
3. 3 lembar daun pandan
4. Sejumput garam

Cara membuat:
1. Kocok telur bersama dengan gula pasir, garam, vanilli bubuk, dan ekstrak vanilli sampai mengembang dan pucat.

bingka barandam © 2018 brilio.net

2. Panaskan cetakan kue lumpur dengan api kecil. Oleskan dengan margarin.

bingka barandam © 2018 brilio.net

3. Tuang adonan ketika cetakan telah benar-benar panas. Jangan terlalu penuh saat menuangkannya ke cetakan karena kue akan mengembang. Lalu tutup, biarkan hingga matang.

bingka barandam © 2018 brilio.net

4. Untuk membuat kuah, siapkan panci lalu masukkan gula, garam, air, daun pandan, dan garam secukupnya. Rebus hingga mendidih. Lalu dinginkan, kemudian saring.

bingka barandam © 2018 brilio.net

5. Siramkan kuah ke bingka, lalu sajikan. Selama mencoba!

bingka barandam © 2018 brilio.net



RECOMMENDED