Brilio
Discover the best food

Bikin kue lumpur surga, dessert khas Banjarmasin yang pas untuk takjil

Masak Yuk

Bikin kue lumpur surga, dessert khas Banjarmasin yang pas untuk takjil

Berbuka dengan kue tradisional, enak juga lho.

Home » Masak Yuk

03 Juni 2018 00:08, Annisa Amalia Hapsari

Brilio.net - Keberadaan takjil di bulan Ramadan ini rasanya bagaikan seorang gitaris dengan gitarnya yang tidak bisa dipisahkan. Rasanya bakal kayak ada yang kurang kalau belum mengonsumsi takjil selepas berbuka puasa.

Kebanyakan para penjual takjil hanya menghidangkan menu-menu makanan dan minuman yang itu-itu saja. Nah kalau kamu bosen dengan menu-menu takjil yang ada, kue lumpur surga ini bisa menjadi alternatif pilihan buat takjil saat berbuka puasa.

Hidangan penutup yang berasal dari kota Banjarmasin ini cocok banget buat dijadiin takjil berbuka puasa. Gimana nggak? Cita rasanya yang legit dan gurih dengan tekstur lembut yang bakal lumer di mulut, tentunya akan memanjakan lidah kamu. Sesuai dengan namanya, kue lumpur surga emang punya rasa yang surga banget alias enak banget!

Biar kamu nggak cuma bisa ngebayangin aja, berikut resep dan cara mudah membuat kue lumpur surga yang dilansir brilio.net dari cookpad.com, Sabtu (2/6).

Bahan lapisan hijau:
1. 3 butir telur
2. 10 sdm penuh gula pasir
3. 2 sdm penuh tepung terigu
4. 125 ml santan
5. 125 ml air pandan dari 6 lembar daun pandan yang diblender dan disaring

Bahan lapisan putih:
1. 400 ml santan
2. 1 sdm tepung maizena
3. 1 sdm tepung terigu
4. 2 sdm penuh gula
5. Sejumput garam

 

Cara membuat :

1. Untuk membuat lapisan hijau pertama kocok telur dan gula hingga larut.

Bikin kue lumpur surga © 2018 Cookpad


2. Masukkan santan lalu aduk rata.

Bikin kue lumpur surga © 2018 Cookpad



3. Masukkan air pandan dan aduk lagi hingga tercampur rata.

Bikin kue lumpur surga © 2018 Cookpad



4. Tambahkan tepung terigu. Aduk kembali setelah tercampur.

Bikin kue lumpur surga © 2018 Cookpad



5. Lalu saring adonan lapisan hijau hingga tidak ada gumpalan yang tersisa.

Bikin kue lumpur surga © 2018 Cookpad



6. Panaskan kukusan. Tuang adonan lapisan hijau ke dalam alumunium foil. Kukus selama kurang lebih 15-20 menit.

Bikin kue lumpur surga © 2018 Cookpad



7. Angkat dan dinginkan setelah adonan matang.

Bikin kue lumpur surga © 2018 Cookpad



8. Untuk membuat lapisan putih pertama, campur semua bahan dalam panci kecil, masak dengan api kecil dan aduk-aduk hingga adonan mengental dan meletup-letup. Matikan api.

Bikin kue lumpur surga © 2018 Cookpad



9. Tuang adonan lapisan putih ke dalam alumunium foil yang berisi lapisan hijau yang sudha matang tadi. Lalu kukus kembali selama kurang lebih 10 menit.

Bikin kue lumpur surga © 2018 Cookpad



10. Kue lumpu surga pun siap disajikan. Kue ini juga nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin lho. Selamat mencoba!

Bikin kue lumpur surga © 2018 Cookpad

RECOMMENDED

(brl/del)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    67%

  • Ngakak!

    7%

  • Wow!

    7%

  • Sedih

    15%

  • Marah

    4%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

Bikin kue lumpur surga, dessert khas Banjarmasin yang pas untuk takjil.
Berbuka dengan kue tradisional, enak juga lho.
https://brilicious.brilio.net/masak-yuk/bikin-kue-lumpur-surga-dessert-khas-banjarmasin-yang-pas-untuk-takjil-180602s.html
SEND
Loading...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP