Brilio
Discover the best food

7 Menu sahur bergizi untuk anak kos, praktis dan mengenyangkan
foto: Instagram/@missladahitam dan pixabay.com

Masak Yuk

7 Menu sahur bergizi untuk anak kos, praktis dan mengenyangkan

Menjadi anak kos harus bisa mandiri.

Home » Masak Yuk

08 Mei 2019 03:29, Lola Lolita

Brilio.net - Menjadi anak kos dan jauh dari keluarga tentunya ini menjadi tentangan tersendiri. Mereka benar-banar harus mengurus dirinya sendiri, termasuk di bulan Ramadan. Jika biasanya ada orangtua yang selalu menyiapkan menu sahur dan berbuka, mereka terpaksa mengatur semuanya sendiri.

Anak kos biasanya identik dengan ngirit. Hal ini karena mereka masih mengandalkan kiriman dari orangtua setiap bulannya, sehingga mereka harus ngirit agar bisa bertahan selama satu bulan penuh sampai mendapat kiriman lagi. Meski demikian, kebutuhan gizi harus tetap terpenuhi, banyak kok makanan yang murah dan bergizi, jadi nggak perlu khawatir.

Menjelang bulan Ramadan seperti sekarang ini, makan sahur menjadi penting. Bagi anak kos, makan harus boleh ala kadarnya saja, namun tetap harus dipertimbangkan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut.

Berikut ini ada beberapa menu makanan sehat yang tak perlu repot membuatnya dan mengenyangkan. Apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (7/6).

1. Omelet sayur.

 Menu sahur bergizi untuk anak kos istimewa

foto: Instagram/@missladahitam

Jika biasanya kamu membuat omelet menggunakan mi instan, kali ini coba deh buat omelet dengan menggunakan sayur, ini akan sedikit memberikan gizi pada tubuhmu. Pilih beberapa jenis sayur, ini tidak akan membuat kantongmu jebol deh.

2. Sandwich.

 Menu sahur bergizi untuk anak kos istimewa

foto: pixabay.com

Jangan mikir ini mahal deh, karena memang harganya cukup murah, jika tidak punya daging kamu bisa menggunakan telur atau sosis sebagai isinya. Selain enak ini juga cukup mengenyangkan. Sesekali makan ala barat nggak jadi masalah kan?

3. Telur goreng.

 Menu sahur bergizi untuk anak kos istimewa

foto: pixabay.com

Telur goreng bisa menjadi salah satu pilihan kamu untuk menu sahur, kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai makanan yang tidak memakan waktu lama. Simpel dan rasanya juga enak.

4. Oatmeal.

 Menu sahur bergizi untuk anak kos istimewa

foto: pixabay.com

Selama berpuasa kamu juga perlu menjaga kondisi tubuhmu harus tetap prima. Karenanya beberapa makanan gizi perlu kamu konsumsi, salah satunya nih aotmeal. Makanan berbahan gandum ini berkhasiat menjaga kebugaran tubuh kamu selama berpuasa. Bisa distok nih di kos.

5. Tumis kangkung.

 Menu sahur bergizi untuk anak kos istimewa

foto: Instagram/@tika.ry95

Seperti yang diketahui kangkung memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Kangkung bisa jadi pilihan kamu, selain mudah didapat, kangkung juga memiliki harga yang cukup murah. Lagi pula kamu tidak akan kesulitan mengolah kangkung dan tak memakan waktu lama.

6. Sop sayur.

 Menu sahur bergizi untuk anak kos istimewa

foto: Instagram/@cynthiahali

Memuat sayur sop untuk satu porsi tidak akan memakan waktu lama. Kamu bisa memilih beberapa jenis sayur yang bisa dicampurkan ke dalam sop. Tak perlu daging jika kamu tidak menyetoknya. Selain mengenyangkan, sayur sop akan memberikan gizi yang baik untuk tubuhmu selama berpuasa.

7. Sayur orak-arik.

 Menu sahur bergizi untuk anak kos istimewa

foto: Instagram/@kulinerkutoarjo

Sayur orak arik tidak sudah untuk dibuat. Kamu bisa memadukan telur dengan beberapa jenis sayur seperti kol, buncis, kacang panjang, taoge, wortel, atau sayuran favoritmu. Sayur-sayur ini akan memberikan gizi yang sehat untuk tubuh.

RECOMMENDED

(brl/pep)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

7 Menu sahur bergizi untuk anak kos, praktis dan mengenyangkan.
Menjadi anak kos harus bisa mandiri.
https://brilicious.brilio.net/masak-yuk/7-menu-sahur-bergizi-untuk-anak-kos-praktis-dan-mengenyangkan-190507i.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP