Brilio.net - Ramadhan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ditetapkannya virus corona Covid-19 sebagai pandemi global memaksa masyarakat merelakan berbagai tradisi Ramadhan.

Salah satunya adalah tradisi ngabuburit pada sore hari sesaat sebelum buka puasa. Berburu takjil dan jajanan khas Ramadhan memang kerap jadi momen yang paling dikangenin saat bulan suci tiba.

Meski begitu, kamu tetap bisa merasakan momen ngabuburit walau hanya di rumah. Ya, kamu bisa memanfaatkan momen selama di rumah aja dengan berkreasi membuat takjil atau jajanan sendiri.

Nggak perlu bingung, kamu bisa bikin empat menu takjil ala #KitKat4Takjil berikut ini. Mudah dibuat, menu ala KitKat cuma butuh empat bahan dapur aja, lho. Yuk intip resepnya yang sudah dihimpun Brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (21/5).

Loading...

1. Pisang goreng KitKat.

4 Menu #KitKat4Takjil mudah dibuat sendiri, modal 4 bahan dapur KitKat

foto: Instagram/@kitkat_id

Gorengan favorit banyak orang ini bakal makin lezat dengan perpaduan manisnya cokelat KitKat. Cara bikinnya mudah, siapkan dua bungkus KitKat 4 Finger, empat buah pisang tanduk, dan 300 gram tepung terigu. Jangan lupa, siapkan juga satu sendok makan gula bubuk dan sedikit garam.

Langkah pertama, singkirkan bagian tengah pisang dengan sedotan besar. Langkah kedua, Break and Snap KitKat, lalu masukkan ke bagian tengah pisang. Kemudian, campur 150 gr tepung terigu dengan air es, gula, dan sedikit garam. Lalu celupkan pisang ke dalam adonan.

Setelah itu, lapisi pisang dengan sisa tepung terigu agar hasilnya makin crispy. Terakhir, goreng pisang sampai berwarna kuning keemasan. Pisang goreng KitKat pun siap disajikan!

2. Martabak teflon KitKat.

4 Menu #KitKat4Takjil mudah dibuat sendiri, modal 4 bahan dapur KitKat

foto: KitKat

Jajanan kekinian ini cocok banget dijadikan menu buka puasa. Jangan takut mencoba, martabak teflon KitKat ini cuma butuh empat bahan aja. Yuk, coba bikin sendiri di rumah!

Siapkan dua varian KitKat 4 Fingers Cokelat dan Green Tea, empat sendok makan tepung terigu, dan setengah sendok teh baking powder. Tambahkan satu setengah sendok makan gula dan sedikit garam.

Campurkan tepung, gula, garam, dan baking powder dengan air, aduk hingga mengental. Panaskan teflon dan oleskan satu sendok makan margarin. Lalu tuangkan adonan dan pastikan kamu menggunakan api kecil. Tunggu hingga adonan bertekstur bolong-bolong atau bersarang.

Setelah adonan martabak matang, taburkan gula dan angkat dari teflon. Terakhir, Break and Snap KitKat, lalu potong-potong dan taburkan di atas martabak. Duh, membayangkannya aja bikin ngiler nih. Selamat mencoba!

3. Ice cream cake KitKat.

4 Menu #KitKat4Takjil mudah dibuat sendiri, modal 4 bahan dapur KitKat

foto: KitKat

Berbuka dengan yang manis apalagi dingin bakal balikin semangatmu setelah seharian puasa. Kamu bisa coba buat ice cream cake KitKat bermodalkan empat bahan dapur sebagai menu takjil.

Untuk membuatnya, kamu butuh 200 ml bubuk whipcream atau 1 bungkus chocolate ice cream mix, satu pak roti cokelat yang dipotong kotak-kotak, 400 ml air dingin, dan 3 pak KitKat 4 Fingers.

Pertama, campurkan adonan es krim dan air, aduk dengan mixer berkecepatan tinggi hingga adonan terlihat lembut. Siapkan wadah berbentuk kotak, alasi dengan plastik agar tidak lengket. Masukkan adonan ke dalam wadah sebagai lapisan dasar.

Selanjutnya, Break and Snap KitKat dan taruh di atas adonan. Masukkan kembali adonan kemudian taruh potongan roti di atasnya. Kemudian, taruh KitKat di atasnya kembali dan tuangkan sisa adonan sebagai lapisan paling atas. Masukkan dalam kulkas selama minimal tiga jam. Jika adonan sudah membeku, ice cream cake KitKat pun siap disantap.

4. Puding roti KitKat.

4 Menu #KitKat4Takjil mudah dibuat sendiri, modal 4 bahan dapur KitKat

foto: Instagram/@kitkat_id

Perpaduan tekstur lembut dan crunchy dalam puding roti KitKat ampuh mengobati rasa kangenmu dengan momen ngabuburit. Nggak percaya? Yuk, coba bikin sendiri!

Bahan yang dibutuhkan adalah tiga lembar roti tawar tanpa kulit, 120 ml susu kental manis yang sudah dicairkan, dan satu sendok makan tepung maizena (dilarutkan). Tidak lupa, satu pak KitKat 4 Fingers.

Cara membuatnya, campurkan susu dan tepung maizena, aduk hingga kental. Potong-potong satu lembar roti lalu masukkan dalam mangkuk dan tuangkan adonan susu.

Kemudian, Break and Snap KitKat, taburkan potongannya dalam mangkuk. Ulangi hal ini sebanyak dua kali. Selanjutnya, untuk topping, kamu bisa menggunakan ekstra potongan KitKat yang ditambahkan parutan keju.

Terakhir, diamkan di kulkas selama kurang lebih tiga jam. Hidangkan selagi dingin agar makin nikmat.

Gimana? Mudah dan anti ribet, kan? Hanya bermodalkan empat bahan sederhana dengan empat cara pembuatan, deretan menu takjil di atas bikin buka puasa di rumah makin menyenangkan. Yuk, langsung coba bikin sendiri di rumah!

4 Menu #KitKat4Takjil mudah dibuat sendiri, modal 4 bahan dapur KitKat

foto: KitKat


RECOMMENDED