Brilio.net - Untuk menikmati makanan laut biasanya kita mendatangi suatu restoran yang menghidangkan menu seafood. Kebayang nggak nih, sekali pesan kita harus mengeluarkan berapa anggaran hanya untuk satu hari saja atau satu kali makan saja. Tentu ini sedikit bikin boros bukan?

Memang tak semua orang bisa mengolah seafood menjadi makanan yang lezat serta hidangan yang banyak disukai keluarga. Namun jika kamu ingin mencoba membuat masakan seafood lezat, kamu bisa melihat beberapa resep berikut ini. Siapa bilang masaknya ribet? Gampang banget kok.

Gimana, mau coba? Berikut beberapa menu seafood yang bisa kamu tiru, dikuti brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (25/9).

1. Cumi goreng asem.

Loading...

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@anekakudapanbunda

Bahan-bahan:
- Cumi 600gram

Secukupnya:
- Asam jawa
- Saus tiram
- Garam,gula pasir,lada
- Minyak goreng

Cara membuat:
- Bersihkan cumi, potong cincin
- Remas-remas satu sendok makan asam jawa dengan kurang lebih 100 ml air buang ampasnya lalu tuang dalam wajan
- Masukan cumi masak sampai air menyusut tambahkan garam, lada, saus tiram dan gula pasir masak sampai mengental, lalu masukan dua sendok makan minyak goreng
- Tambahkan cabai rawit bila suka pedas masak sampai meletup-letup saus berkaramel
- Sebelum diangkat kucuri satu buah jeruk kunci (untuk rasa lebih seger)
- Tes rasa
- Angkat dan sajikan.

2. Oseng kerang dara.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@asyanum_ahmad19

Bahan-bahan:
- 1 kg kerang dara cuci bersih rebus hingga matang lalu keluarkan isinya
- 5 bawang merah iris
- 2 bawang putih iris
- Secukupnya irisan cabai merah dan hijau
- Sedikit garam, kaldu jamur atau penydap sesuai selera, tambahkan sedikit gula dan sedikit air

Cara membuat:
- Panaskan sedikit minyak tumis bawang merah, putih hingga harum, lalu masukkan cabai dan kerang yang sudah dikupas, beri sedikit air garam, gula, penyedap aduk rata
- Jangan masak terlalu lama, oseng sebentar saja
- Sajikan.

3. Cumi asin cabai ijo.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@bakingcookingtips

Bahan-bahan:
- 100 gr cumi asin
- 1 buah tomat hijau
- 5 buah cabai hijau
- 3 buah cabai merah
- 4 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 2 lembar daun jeruk
- 1 helai daun bawang
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- Kecap manis secukupnya
- Kaldu bubuk (optional)
- Merica secukupnya

Cara membuat:
- Rendam cumi dengan air panas di dalam mangkok atau wadah
- Tumis semua bahan hingga layu
- Masukkan cumi dan tambahkan semua bumbu
- Tunggu hingga matang.

4. Kerang hijau saus padang pedas.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@arirhams

Bahan-bahan:
- 500 gram kerang hijau, cuci bersih
- 2 lembar daun salam
- 1 lt air untuk merebus

Bahan saus:
- 1 buah bawang bombay, diiris panjang
- 1 sdm saus tiram
- 3 sdm saus tomat
- 4 sdm saus sambal
- 200 ml sir
- 2 sdm margarine untuk menumis
- Garam, merica dan gula pasir secukupnya
- 1 butir telur untuk mengentalkan

Bumbu halus:
- 3 buah cabai rawit
- 3 buah cabai merah keriting
- 3 siung bawang putih
- 2 cm jahe
- 2 buah cabai rawit iris tipis

Cara membuat:
- Rebus kerang dalam air bersama daun salam sampai mendidih. Saring dan buang airnya. Pastikan tidak sampai kerang over cook, setelah dingin cabut serabut kerang agar bersih
- Panaskan margarine, tumis bawang bombai, cabai rawit, dan bumbu halus sampai harum.
- Masukkan saus tiram, saus tomat, saus sambal, garam, merica bubuk, dan gula. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai mendidih
- Masukkan kerang, aduk rata
- Masak sampai matang, Kentalkan dengan telur aduk rata
- Masak sampai meletup-letup
- Angkat dan sajikan.

5. Cumi saus tomat.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@resepmamalesa

Bahan-bahan:
- 350 gr cumi segar, bersihkan, kerat-kerat bagian badanya/potong-potong sesuai selera, beri perasan air jeruk nipis, sisihkan
- 3-4 sdm saus tomat
- Sedikit kecap manis
- Garam, kaldu jamur, merica dan gula pasir secukupnya
- Sedikit air

Bumbu halus:
- 4 siung bawang putih
- 3 butir bawang merah
- 2 buah cabai merah besar (bisa ditambah rawit)
- Sedikit jahe

Cara membuat:
- Tumis bumbu halus sampai benar-benar wangi dan matang, tambahkan saus dan kecap, aduk sebentar, masukkan cumi masak sampai kaku
- Tambahkan sedikit air, bumbui garam, kaldu jamur, merica dan sedikit gula, masak sampai air menyusut/saus mengental (cek rasa sesuaikan selera)
- Siap disajikan

6. Gulai ikan belimbing.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@waktunyamemasak

Bahan:-bahan:
- 450 gr ikan tenggiri
- 5 sdm
- 450 air

Bumbu halus:
- 8 buah cabai keriting
- 7 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 2 cm kunyit (bakar)
- 2 cm jahe
- 3 butir kemiri (sangrai)

Bumbu lain:
- 12 buah belimbing wuluh (belah dua)
- 3 cm lengkuas (geprek)
- 1 lembar daun kunyit
- 3 lembar daun salam
- 1 batang serai (memarkan)

Secukupnya: garam, penyedap rasa, gula dan minyak goreng

Cara memasak:
- Cuci bersih ikan lalu kucuri air jeruk kunci diamkan sebentar lalu bilas.
- Tumis bumbu halus, daun kunyit, daun salam dan lengkuas dengan sedikit minyak sampai harum
- Lalu tuang air dan masukan aduk-aduk sampai mendidih baru masukan ikan masak sampai air menyusut baru masukan belimbing wuluh
- Bumbui garam, penyedap rasa dan sedikit gula. Aduk rata lalu tes rasa bila sudah pas asem, asin, pedes gurihnya
- Angkat dan sajikan.

7. Cumi udang lada hitam.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@resep_masak_ala_mama

Bahan-bahan:
- 1/2 kg cumi, bersihkan, pakai badannya saja, kemudian potong cincin, rebus sebentar
- 1/4 kg udang, bersihkan, tiriskan
- 1 buah jagung, bersihkan, potong, rebus
- 2 bungkus saori saus lada hitam
- 1 bungkus saori saus tiram
- 2 sdm kecap manis
- 5 siung bawang putih geprek
- 1/4 bawang bombay, iris tebal
- 5 buah cabai merah, buang isinya, potong kotak
- 5 buah cabai hijau, buang isinya, potong kotak
- 5 lembar daun jeruk
- 1 batang serai, putihnya aja, geprek
- 1 lembar daun salam
- Lada hitam bubuk secukupnya
- Garam dan gula secukupnya
- Tepung meizena sedikit untuk mengentalkan
- Margarin untuk menumis
- Air secukupnya

cara memasak:
- Panaskan margarin, tumis bawang putih sampai harum, kemudian masukkan bawang bombai, cabai merah, cabai hijau, daun jeruk, daun salam, serai. Tumis sampai layu
- Masukkan cumi, udang dan jagung lalu diaduk. Kemudian tambahkan air, aduk kembali
- Setelah itu masukkan saus lada hitam, kecap manis, saus tiram, gula dan garam. Aduk rata. Kemudian tambahkan bubuk lada hitam secukupnya. Aduk dan koreksi rasa.
- Larutkan tepung meizena dengan air panas di gelas, kemudian siram ke dalam masakan. Lanjut diaduk sampai tercampur rata
- Koreksi rasa kembali, kalau udah pas tinggal sajikan.

8. Kerang saus tiram kecap.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@uly_widi

Bahan-bahan:
- 1 kg kerang
- 5 siung bawang putih (cincang kasar)
- 1/2 buah bawang bombai (iris tipis)
- 5 buah cabai rawit atau sesuai selera (potong serong)
- 2 sdt saus tiram
- 5 sdm kecap manis
- air secukupnya

Cara membuat:
- Cuci bersih kerang, rebus sampai terbuka lalu tiriskan
- Tumis bawang putih, bawang bombai dan cabai hingga wangi lalu masukkan kerang, tambahkan saus tiram, kecap manis dan sedikit air
- Aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata, koreksi rasa
- Kerang siap dihidangkan.

9. Sambal wader kemangi.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@waktunyamemasak

Bahan-bahan:
- 1/4 ikan wader, lumuri jeruk nipis diamkan 15 menit. Lalu bilas sampai bersih
- 2 lmbr daun jeruk
- 1 batang serai
- 2 cm lengkuas
- 1 buah tomat iris tipis
- 1 genggam kemangi
- 1 papan pete
- 1 sdt kaldu jamur
- Garam dan gula secukupnya
- 1 gelas air

Bumbu ulek:
- 30 buah cabai rawit
- 6 butir bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 2 butir kemiri
- 1 cm jahe
- 1 cm kunyit

Cara memasak:
- Goreng ikan setengah matang, lalu sisihkan
- Tumis bumbu ulek bersama dengan daun jeruk, serai, lengkuas, dan pete sampai matang
- Tambahkan air, beri kaldu, garam dan gula secukupnya. Masukan tomat tunggu sampai air mendidih dan menyusut
- Masukan ikan, aduk rata
- Terakhir masukan kemangi, aduk lagi sebentar lalu matikan kompor
- Sajikan.

10. Lobster saus padang.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@steffy17_

Bahan-bahan:
- 1 kg lobster air tawar
- 2 buah jagung manis
- 2 lembar daun salam
- 4 lembar daun jeruk
- 2 batang daun bawang (cincang)
- 1 siung bawang bombai (iris)
- 1 butir telur (kocok lepas)
- 3 sdm saus tomat/1 buah tomat
- 3 sdm saus sambal pedas
- 2 sdm saus tiram
- 300 cc air putih
- Garam dan merica secukupnya
- 1-2 sdm gula (sesuai selera)
- Kaldu bubuk

Bumbu halus:
- 6 siung bawang merah
- 4 butir bawang putih
- 4 buah kemiri disangrai
- 1 cm jahe
- 5 cabai merah
- 1 ruas jari kunyit bakar
- 15 cabai rawit

Cara memasak:
- Bersihkan lobster terlebih dahulu, kemudian rebus lobster sekitar 8-10 menit hingga warna lobster berubah kemerahan. Lalu tiriskan
- Potong jagung sesuai selera, kemudian rebus jagung hingga matang, lalu tiriskan
- Tumis bumbu yang dihaluskan beserta bawang bombay cincang, daun salam, dan daun jeruk. Masak hingga wangi
- Tambahkan air dan masukkan saus tomat, saus sambal pedas, dan saus tiram
- Koreksi rasa dengan garam, gula dan merica
- Masukkan lobster dan jagung yang direbus tadi, lalu di aduk dan biarkan sampai bumbu meresap
- Bila bumbu sudah mulai berkurang, masukkan telur dan aduk-aduk cepat hingga rata
- Lalu masukkan daun bawang cincang dan matikan kompor
- Lobster Saus Padang siap dinikmati.

11. Udang bakar jimbaran.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@resep.dapurbunda

Bahan-bahan:
- 500 gram udang, cuci bersih buang kepala dan kotoran, lalu tusuk

Bumbu halus:
- 1/2 bawang bombai
- 5 siung bawang putih
- 1/4 nanas manis kecil
- minyak secukupnya (sekalian untuk menumis bumbu)

Bumbu tumis:
- 1/2 terasi ABC bakar
- 1 sdm saus tomat
- 1 sdm saus tiram
- 1 sdm saus sambal
- 2 sendok makan air
- Garam, gula, lada secukupnya setelah sudah matang

Cara membuat:
- Blender hingga halus nanas, bawang putih, bawang bombai dengan sedikit minyak, sisihkan
- Haluskan terasi, lalu tumis dengan minyak sampai harum
- Masukkan bumbu halus, oseng sampai matang lalu beri saus tiram, saus tomat, saus sambal oseng lagi sampai tercampur rata lalu masukan air aduk lagi
- Beri gula, garam lada secukupnya, aduk rata, koreksi rasa jika sudah pas matikan kompor
- Panaskan Pan anti lengket dan beri margarin, lalu grill udang, olesi dengan bumbu bakaran secara merata, tunggu 3 menit balik olesi lagi grill lagi sampai matang
- Sajikan

Sambal tomat segar:
- 1 siung bawang putih dihaluskan
- 1 buah tomat merah segar dan kencang (potong kecil-kecil sesuai selera)
- 8 buah cabai rawit (merah dan hijau campur) cincang halus
- 3 jeruk limo diperas, ambil airnya
- Gula garam secukupnya

Cara membuat:
- Dalam mangkuk campur bawang putih, toma, cabai rawit, air jeruk limo gula dan garam aduk rata
- Koreksi rasa, lalu sajikan bersama udang bakar.

12. Kare kepiting.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@resepseafood

Bahan-bahan:
- 1 kg kepiting (isi 4 kepiting)
- 1 batang serai
- 4 lembar daun jeruk
- 1 lembar daun salam
- 1 1/2 sachet santan yang 65 ml
- Cabai rawit utuh sesuai selera
- Bawang goreng
- Gula
- Garam
- Kaldu jamur

Bumbu halus:
- 8 siung bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 3 cm kunyit
- Sejempol laos
- Jahe
- 1 sdt tumbar

Cara membuat:
- Cuci dan sikat kepiting sampai benar-benar bersih, kemudian rebus sebentar
- Uleg atau blender bumbu halus kemudian tumis sampai harum. Tambahkan serai, daun jeruk dan daun salam
- Masukkan tumisan bumbu tadi ke dalam rebusan kepiting tadi. Tambahkan cabai rawit utuh, gula, garam dan kaldu jamur. Aduk sebentar dan biarkan sampai bumbu meresap
- Masukkan santan instan, biarkan mendidih sampai kepiting berwarna kemerahan. Koreksi rasa. Taburi bawang goreng di atasnya
- Sajikan.

13. Udang goreng mentega saus tiram.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@reseplauk

Bahan-bahan:
- 300 gram Udang (bersihkan dan beri perasan air jeruk nipis dan sedikit garam)
- 1/2 buah bawang bombai (iris memanjang)
- 3 sdm mentega (untuk menggoreng udang)
- 1 sdm mentega (untuk menumis)
- 2 sdm saus tiram
- 1 sdm kecap manis
- 1/2 sdt gula pasir
- Merica secukupnya
- 1 sdt perasan air jeruk nipis/limo
- 1/2 sdm tepung maizena larutkan dengan 50 ml air

Cara membuat:
- Panaskan 3 sdm mentega lalu goreng udang sampai matang, sisihkan
- Kemudian masak bumbu saus dengan api sedang-kecil
- Panaskan mentega, tumis bawang bombai hingga harum kemudian tuang saus tiram, kecap manis, aduk rata, beri gula dan merica
- Koreksi rasa
- Tuang larutan maizena, aduk hingga mendidih dan kental
- Masukkan udang yang sudah digoreng ke dalam bahan saus, beri perasan air jeruk limo dan langsung matikan api kompor dan aduk sampai udang tercampur bumbu hingga rata
- Angkat dan sajikan.

14. Cumi bakar montok.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@resepseafood

Bahan-bahan:
- 600 gr cumi
- 1 sendok makan asam jawa
- 100 ml air
- 150 gr udang kupas
- 1 batang daun bawang kecil
- 1 butir telur ayam
- Garam, lada dan gula
- Minyak goreng

Secukupnya bumbu jays:
- Grill master hot dan crispy barbeque
- Grill master seafood magic rub
- Garlic powder
- Chili flakes
- Basil leaves

Cara memasak:
- Cuci bersih cumi, keluarkan telurnya, tiriskan badan dan kepalanya
- Cincang kasar telur cumi dan udang, tuang dalam wadah, tambahkan telur ayam yang sudah dikocok, daun bawang iris, garlic powder, garam, lada bubuk dan sedikit basil leaves
- Lalu masukan ke dalam perut cumi, semat dengan lidi
- Remas-remas asam jawa debgan air, buang ampasnya, tambahkan 1/2 pax grill master hot dan spicy barbeque, satu sendok makan grill master seafood magic rub, secukupnya chili flakes dan gula pasir
- Aduk rata lalu marinade cumi berserta kepalanya kurang lebih 30 menit
- Panaskan teflon, oles dengan minyak goreng, bakar cumi sambil dibolak balik dan diolesi bumbu marinade tadi
- Bakar sampai matang, angkat, potong-potong
- Siap disajikan

15. Gurame bakar.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@insta.masak

Bahan-bahan:
- Ikan gurame (jumlah bisa disesuaikan)
- Garam secukupnya
- 1 buah air perasan jeruk nipis

Bumbu halus:
- 3-4 siung bawang putih
- 8 siung bawang merah
- 4-6 buah cabai rawit
- 8 buah cabai merah keriting
- 1 ruas jahe
- Garam secukupnya
- 1 cm kunyit dibakar
- 3 butir kemiri disangrai
- 100-150 ml minyak goreng untuk blender bumbu halus

Tambahan untuk bumbu halus:
- 1/4 sdt kaldu bubuk
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt gula pasir
- Air jeruk nipis secukupnya
- Kecap manis secukupnya

Cara membuat:
- Bersihkan ikan, kemudian lumuri dengan garam dan jeruk nipis, diamkan selama 15 menit kemudian cuci lagi dan ditiriskan. Setelah itu goreng setengah matang dengan teflon agar kulit luar tetap bagus
- Campurkan bumbu yang telah dihaluskan bersama minyak goreng dan kaldu bubuk seperti merica, gula pasir, kecap manis, air jeruk nipis, aduk rata, cicipi
- Setelah itu, lumuri ikan gurame dengan campuran bumbu halus ke seluruh permukaan ikan hingga rata. Beri sedikit margarin jika suka
- Diamkan selama 30 menit agar bumbu dapat lebih meresap
- Terakhir bakar ikan gurame sampai matang.

16. Pindang serai gurame.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@serba_olahan_ikan

Bahan-bahan:
- 2 ekor ikan gurame dengan ukuran yang agak besar
- 1 buah jeruk nipis
- 2 ikat kemangi, petiki daunnya
- 2 batang serai, memarkan
- 2 lembar daun salam
- 5 lembar daun jeruk
- 2 buah tomat merah, potong kasar
- 2 cm lengkuas, memarkan
- 3 cm kunyit, bakar lalu memarkan
- 3 cm jahe, bakar lalu memarkan
- 5 buah cabai merah keriting, iris serong
- 10 cabai rawit utuh
- 3 buah belimbing wuluh, belah 2
- 7 butir bawang merah, iris tipis
- 4 siung bawang putih, keprak, cincang halus
- 1 liter air
- 1 sdm bawang putih goreng untuk taburan

Cara membuat:
- Siangi ikan dari kotoran dan sisiknya, potong-potong lalu cuci bersih, lumuri air jeruk nipis, diamkan 15 menit di dalam kulkas, cuci kembali sampai bersih, lalu tiriskan
- Tumis duo bawang sampai wangi, masukkan serai, daun salam, daun jeruk, kunyit, jahe dan lengkuas, aduk rata, tuangi air biarkan mendidih
- Setelah mendidih, masukkan ikan dan cabai rawit utuh, bumbui garam dan gula, aduk rata, masukkan belimbing wuluh, masak sampai matang.
- Menjelang diangkat masukkan irisan tomat dan daun kemangi, taburi bawang putih goreng
- Sajikan

17. Pepes kembung.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@serba_olahan_ikan

Bahan-bahan:
- 3 ekor kembung ukuran besar
- Daun kemangi, petik secukupnya
- 10 buah belimbing sayur, iris
- Garam, gula secukupnya

Bumbu halus:
- 20 butir bawang merah
- 6 siung bawang putih
- Seruas kunyit
- 4 buah kemiri
- Seruas jahe
- 2 buah tomat
- 30 buah cabai rawit
- 4 buah cabai merah besar

Cara membuat:
- Bersihkan ikan buang insang dan isi perutnya. Sisihkan
- Campur bumbu yang dihaluskan dengan kemangi, belimbing beri garam, gula secukupnya
- Masukkan ikan ke dalam baskom berisi bumbu aduk rata. Diamkan kira-kira 15 menit
- Siapkan daun pisang, beri beberapa sendok bumbu, letakkan ikan di atas bumbu, tutup lagi dengan bumbu. Bungkus ikan. Lakukan sampai habis
- Kukus bungkusan pepes sampai matang
- Bakar sebentar pepes yang sudah matang agar lebih harum.

18. Tongkol cabai hijau.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@serba_olahan_ikan

Bahan-bahan:
- 3 ekor ikan tongkol ukuran sedang, potong 3 bagian
- 5 butir bawang merah, iris tipis
- 2 siung bawang putih, iris tipis
- 10 buah cabai hijau, iris serong
- 10 buah cabai rawit hijau, iris tipis
- 3 buah tomat hijau, iris
- 2 cm jahe, iris tipis
- 2 lembar daun salam
- 2 cm lengkuas, memarkan
- 1 sdm kecap manis
- 1/2 sdt garam
- 1/2 gelas air
- Minyak goreng

Cara Memasak:
- Goreng ikan tongkol sampai hampir kering, angkat, sisihkan
- Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan cabai hijau, cabai rawit hijau, salam, lengkuas, dan jahe iris, aduk sampai layu
- Tambahkan air, bumbui dengan garam dan kecap manis
- Masukkan ikan goreng, irisan tomat hijau, masak sebentar hingga tomat layu dan bumbu meresap
- Angkat dan sajikan dengan nasi hangat.

19. Ikan bakar pedas.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@nilaprawiro

Bahan-bahan:
- 1/2 kg ikan kakap/nila ukura besar
- 1 buah jeruk nipis

Bumbu:
- 10 cabai kriting
- 10 cabai kecil
- 1 sdm garam
- 1 bungkus penyedap rasa ayam
- 1 sdm minyak goreng

Cara membuat:
- Cuci bersih ikan buang sisik dan isi perutnya
- Lumuri ikan dengan air jeruk nipis biarkan 15 menit kemudian cuci kembali
- Ulek kasar bumbu, campur dengan 1 sdm minyak goreng
- Marinasi ikan dengan bumbu selama 30 menit dalam kulkas
- Keluarkan ikan, bakar arang dan bakar ikan sampai matang sambil dioles sisa bumbu.

20. Gurame bakar madu.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@kulinermamakece

Bahan-bahan:
- 1 ekor ikan gurame
- 1 sdt garam
- 1 buah jeruk nipis ambil airnya

Bumbu halus:
- 9 bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 15 cabai merah keriting
- Seruas jahe
- Seruas kunyit
- 1 sdt ketumbar sangrai
- 3 buah kemiiri sangrai

Bumbu cemplung:
- Serai ambil putihnya memarkan
- 3 lembar daun jeruk, buang tulangnya sobek kasar
- 1/2 sdt kaldu jamur
- 2 sdm kecap
- 3 sachet madurasa
- 1 sdt garam

Cara membuat:
- Cuci bersih ikan, kerat badannya. Kucurin dengan air jeruk nipis. Lumurin dengan garam, diamkan selama set jam. Bilas ikan
- Di dalam wadah atau cobek campur bumbu halus dan bumbu cemplung aduk sampai tercampur rata
- Untuk ikan bisa langsung dilumurin pakai bumbu halus atau ikan bisa digoreng setengah matang
- Lumurin di badan ikan sampai rata diamkan minimal 1 jam
- Bakar ikan diatas alat pemanggang yang sudah diolesin mentega.

21. Sambalado hijau teri.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@cariresepmasakan

Bahan-bahan:
- 250 gr cabai hijau besar
- 1 ons cabai rawit hijau
- 6 tomat hijau ukuran kecil
- 8 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1 jeruk nipis
- 2 lembar daun jeruk
- 1 lembar daun salam
- 1 ons teri goreng
- Garam dan gula pasir

Cara membuat:
- Didihkan air, tambahkan sejumput garam lalu masukkan cabai, bawang merah dan tomat
- Setelah layu tiriskan, ulek kasar dengan bawang putih mentah
- Panaskan sedikit minyak goreng, tumis sambel, daun jeruk dan daun salam
- Bumbui dengan gula dan garam, kalau mau pakai kaldu bubuk atau tambah penyedap silakan saja ya, tapi gula dan garam saja sudah enak kok
- Setelah dingin, campurkan dengan teri goreng
- Tips biar sambel hijau warnanya cantik dan tidak hitam
- Sebelum cabai diulek ditetesi air perasan jeruk nipis terlebih dahulu
- Tambahkan air untuk merebus cabai didihkan dulu, tambah garam baru masukkan cabai dalan lainnya, jadi warnanya tetep cantik
- Sajikan.

22. Kepiting lada hitam.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@cariresepmasakan

Bahan-bahan:
- 1 kg kepiting
- 1 buah bawang bombai
- 1 batang bawang daun
- 1 bh cabai merah
- 2 sdm kecap manis
- 3 sdm saus tiram
- 1 sdt merica bubuk
- 250 gr sauce blackpapper
- Garam, kaldu bubuk, gula merah dan putih

Bumbu halus:
- 5 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 2 buah kemiri
- 1/2cm jahe

Cara measak:
- Panaskan minyak secukupnya, tumis bumbu hingga harum
- Masukkan kepiting beri sedikit air, tambahkan kecap manis, saus tiram, sauce blackpapper, merica bubuk, garam, kaldu bubuk dan gula. Aduk rata, diamkan hingga meresap dan kuahnya mengental
- Terakhir tambahkan bawang bombai dan cabe merah, aduk sebentar dan koreksi rasa
- Angkat dan sajikan.

23. Udang goreng tepung.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@hobimasak.id

Bahan-bahan:
- 250 gr udang
- 1 buah jeruk nipis
- 2 buah bawang putih (haluskan)
- Sejumput garam
- Sejumput merica
- 1 putih telur (kocok)

Bumbu tepung:
- 7 sdm tepung terigu
- 2 sdm maizena
- 1/4 sdt bawang putih bubuk
- 1/2 sdt parsley
- 1 lembar bawang daun cincang kecil
- Secukupnya garam dan kaldu jamur

Cara membuat:
- Lumuri udang dengan jeruk nipis, diamkan sebentar kemudian cuci kembali
- Marinate udang dengan bawang putih yang sudah dihaluskan, garam dan merica
- Diamkan 15 menit dalam kulkas
- Campur semua bahan bumbu tepung, keluarkan udang dari kulkas
- Masukan udang kedalam putih telur kemudian balur dengan bumbu tepung, remas-remas sebentar
- Goreng udang, angkat saat terlihat tepung sudah keemasan

24. Gurame goreng tepung.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@resepseafood

Bahan-bahan:
- 1 ekor gurame bersihkan
- 2 sdm air peresan jeruk kunci/nipis
- Garam dan lada bubuk secukupnya

Bahan lapisan gurame goreng tepung :
- 1 butir telur kocok lepas

Pelapis (campur dalam 1 wadah):
- 7 sdm tepung terigu
- 1 sdm tepung beras
- 1 sdt maizena
- Garam, penyedap, lada bubuk secukupnya

Cara membuat:
- Fillet ikan, potong-potong dagingnya, lalu balurin ikan dengan garam, air jeruk kunci dan lada bubuk. Aduk rata
- Diamkan selama 30 menit
- Celupkan ikan ke dalam kocokan telur, lalu masukkan ikan ke dalam tepung pelapis
- Gulingkan ikan sampai terbalut rata, ulangi sampai 2 kali
- Panaskan minyak di api kecil sampai benar-benar panas
- Lalu goreng ikan di api kecil sampai berwarna cokelat keemasan
- Angkat, tiriskan dan sajikan.

25. Rempeyek udang.

Resep olahan seafood Instagram

foto: Instagram/@waktunyamemasak

Bahan-bahan:
- 250 gr udang ukuran kecil
- 150 gr tepung beras
- 50 gr tepung tapioka
- 200-250 ml santan sedang
- Garam secukupnya

Bumbu halus:
- 3 siung bawang putih
- 1 cm kencur
- 1 cm kunyit
- 1 sdt ketumbar
- 2 buah kemiri
- 2 lembar daun jeruk

Cara membuat:
- Campur tepung beras dan tapioka masukkan bumbu halus dan santan sedikit demi sedikit sampai tingkat keencerannya pas, tambahkan garam secukupnya
- Masukkan udang secukupnya, sekali goreng saja ke adonan, goreng di minyak panas dengan api kecil biar tidak gosong. Lakukan sampai udang habis, angkat tiriskan.

RECOMMENDED