Brilio
Discover the best food

10 Bahan ini membuat daging lebih empuk tanpa mengurangi nutrisi

Masak Yuk

10 Bahan ini membuat daging lebih empuk tanpa mengurangi nutrisi

Cara melunakkan daging tanpa mengurangi kandungan nutrisi.

Home » Masak Yuk

04 Maret 2019 20:01,

Brilio.net - Daging merupakan salah satu makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan protein dan zat besi yang tinggi dapat membantu perkembangan otak, khususnya bagi anak. Sedangkan, zat besi berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan metabolisme. Selain protein dan zat besi, masih banyak lagi kandungan gizi pada daging. Maka sudah tidak ada alasan lagi untuk menghilangkan daging dalam daftar menu makanan.

Namun banyak orang yang masih kesulitan untuk mengolah daging. Kecenderungan orang kesulitan untuk membuat daging menjadi lebih empuk. Kebanyakan orang merebus daging dengan waktu yang sangat lama agar daging menjadi empuk. Namun sebenarnya cara itu dapat membuat kandungan nutrisi dari daging hilang.

Dilansir brilio.net dari Healthline, memanaskan daging dengan jangka waktu yang lama bisa menyebabkan pembentukan senyawa berbahaya dan menghilangkan nutrisinya. Ketika daging dimasak dalam temperatur tinggi, lebih dari 40 persen vitamin akan hilang.

Maka dari itu brilio.net akan membagikan tips membuat daging lebih empuk tanpa harus mengurangi nutrisi yang ada pada daging. Berikut bahan-bahan yang bisa membuat daging menjadi lebih empuk dari berbagai sumber, Senin (4/3).

1. Nanas

daging empuk © 2019 brilio.net

foto: pixabay/@security

Dalam buah nanas terkandung enzim protease yang berfungsi untuk memecah ikatan-ikatan otot pada daging. Hancurkan nanas lalu lumuri pada daging dan diamkan beberapa saat. Hal ini juga dapat memberikan rasa tambahan pada daging agar lebih kaya rasa.

2. Kopi

daging empuk © 2019 brilio.net

foto: pixabay/@alexa_fotos

Selain enak untuk diminum, kopi juga berguna untuk bahan melunakkan daging. Caranya cukup mudah. Seduh kopi tanpa gula, diamkan sampai dingin lalu lumuri pada daging. Kopi juga berguna untuk menambah cita rasa pada daging.

3. Garam

daging empuk © 2019 brilio.net

foto: pixabay/@rkit

Garam juga berfungsi sebagai pengempuk daging. Garam yang digunakan untuk melunakkan daging adalah garam laut, bukan garam dapur ya. Garam dapat membantu memecah ikatan-ikatan pada protein agar daging menjadi empuk.

4. Cuka

daging empuk © 2019 brilio.net

foto: pixabay/@rawpixel

Kandungan asam pada cuka dapat membantu memecah jaringan otot agar daging tidak keras. Rendam daging pada cuka beberapa saat. Kamu bisa menggunakan cuka apel atau apa saja.

5. Tomat

daging empuk © 2019 brilio.net

foto: pixabay/@stevepb

Kandungan asam pada tomat juga dapat membuat daging menjadi empuk. Hancurkan tomat lalu lumuri pada daging, biarkan seharian lalu masak.

6. Bir

daging empuk © 2019 brilio.net

foto: pixabay/@spooky_kid

Kandungan asam alfa dan tanin dapat membantu daging menjadi empuk. Tak perlu lama-lama cukup rendam daging satu sampai dua jam dan daging siap dikelola.

7. Minuman bersoda

daging empuk © 2019 brilio.net

foto: pixabay/@lernestorod

Minuman bersoda memiliki kandungan asam katalis. Asam ini juga berguna untuk membuat daging menjadi lebih empuk. Cukup rendam daging pada minuman bersoda selama satu hari.

8. Jahe

daging empuk © 2019 brilio.net

foto: pixabay/@gate74

Jahe memiliki enzim protease yang bernama zingibain. Enzim tersebut dapat menguraikan protein agar menjadi lebih sederhana. Iris jahe dan potong kecil-kecil, lumurkan pada daging. Ingat jangan terlalu banyak menggunakan jahe karena memiliki rasa pedas yang cukup kuat.

9. Yogurt

daging empuk © 2019 brilio.net

foto: foodnetwork.com

Yogurt memiliki kandungan asam yang tinggi, kandungan asam dan kalsium pada yogurt bisa membantu memecah protein pada daging. Caranya mudah, oleskan yogurt pada daging secukupnya lalu diamkan beberapa saat.

10. Teh

daging empuk © 2019 brilio.net

foto: pixabay/@dungthuyvunguven

Terakhir, ada teh yang bisa digunakan untuk daging lebih empuk. Teh mengandung tanin yang merupakan bahan alami yang bisa membuat daging empuk. Seduh teh sampai berwarna pekat tanpa gula. Dinginkan sebelum dilumurkan ke daging.

(Mgg/ Fairuz Puspita)

RECOMMENDED

(brl/vin)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

10 Bahan ini membuat daging lebih empuk tanpa mengurangi nutrisi.
Cara melunakkan daging tanpa mengurangi kandungan nutrisi.
https://brilicious.brilio.net/masak-yuk/10-bahan-ini-membuat-daging-lebih-empuk-tanpa-mengurangi-nutrisi-190304l.html
SEND
Loading...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP