Brilio.net - Bagi orang Indonesia, makan sambal ibarat satu keharusan. Sudah kayak budaya deh. Kalau nggak ada rasa pedas, kurang afdol. Sampai-sampai banyak juga lho yang pergi ke luar negeri saja bawa sambal botolan.

Tapi, selama ini banyak orang salah kaprah dan belum paham cara menyimpan saus atau sambal botolan. Padahal cara penyimpanan yang salah bisa memengaruhi tingkat ketahanan sambal tersebut.

Saus Sambal © 2016 brilio.net

Sebaiknya simpan di kulkas saja deh (foto: brilio.net/syifa fauziah)

Loading...


Nah buat yang suka mengonsumsi saus atau sambal botolan, khususnya kamu anak-anak kos, Chef Bara Raoul Pattiradjawane punya tips yang benar nih.

“Bahan-bahan makanan yang sudah terkontaminasi oksigen, harus dilindungi dengan cara khusus. Cara paling mudah adalah menjauhkannya dari sinar matahari,” tutur Bara, kepada brilio.net di Restoran Te Sate, Rabu (2/11).

Saus Sambal © 2016 brilio.net

Chef Bara (foto: Instagram/@barasupercook)

Selama, kata Bara, salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan banyak orang adalah menyimpan sambal atau saus botolan di dekat kompor. Padahal itu salah besar lho.

Saus Sambal © 2016 brilio.net

Jangan simpan sembarangan supaya rasanya tetap terjaga (foto: brilio.net/syifa fauziah)

“Jangan simpan dekat kompor, karena dapat memengaruhi rasanya. Kalau mau, letakkan saja di dalam lemari yang gelap dan kering, atau taruh di dalam kulkas saja sekalian kalau mau menyimpannya dalam waktu yang lama,” jelasnya.

Tuh sudah tahu kan caranya.

RECOMMENDED