Brilio.net - Saat ke Jogja, yang pertama terlintas ketika berburu oleh-oleh selain batik di Pasar Beringharjo yang terkenal itu, pastilah juga bakpia pathuk yang khas dan tersohor. Sepakat? Nah, kalau kamu kangen dengan bakpia khas ini dan lagi belum sempat ke Jogja lagi, kamu bisa kok bikin sendiri di rumah.

Selain tak kalah nikmat, bahan yang kamu butuhkan juga mudah ditemukan. Kamu bisa mencarinya di pasar tradisional, ataupun di supermarket. Seperti apa sih resepnya? Penasaran? Yuk intip resep bakpia pathuk berikut ini, yang dihimpun brilio.net dari resepkue2014.blogspot.co.id, Kamis (2/6).

Bahan yang kamu butuhkan:

Untuk kulitnya;
125 gram tepung terigu rendah protein.
65 gram tepung terigu tinggi protein.
100 ml air.
2 sendok makan gula pasir.
1/2 sendok makan garam.
200 ml minyak sayur.
(untuk campuran adonan 50 ml dan untuk rendaman 150 ml)

Untuk lapisan bakpianya;
65 gram tepung terigu rendah protein.
25 ml minyak sayur.
1/2 sendok makan margarin.

Bahan isian bakpia:
100 gram kacang hijau atau kacang hijau yang telah dikupas dan direndam semalaman.
150 ml santan (dari 1/2 butir kelapa).
1/8 sendok teh garam
1 lembar daun pandan.
25 gram gula pasir.
50 gram gula merah atau gula jawa.
1 sendok makan minyak.

Cara membuatnya:
1. Untuk isian bakpianya: pertama kukus kacang hijau yang telah ditiriskan, selama kurang lebih 20 menit, tunggu sampai kacang mengembang, lalu kemudian angkat.
2. Setelah itu jangan lupa masukkan gula pasir, gula merah, garam, santan, daun pandan, lalu masak hingga mengental rata (kalis), tambahkan minyak sebelum api dimatikan. Jangan lupa untuk mengaduk campuran tersebut hingga mengental rata (kalis) dan licin. Angkat lalu tunggu sampai agak dingin, lalu bentuk menjadi bola-bola kecil.
3. Untuk bahan lapisannya: aduklah semua bahan lapisan sampai rata, lalu sisihkan.
4. Untuk bahan lapisan kulit bakpia: pertama, panaskan air tapi tidak sampai mendidih, masukkan gula, aduk sampai gula larut semua dan merata, lalu angkat. campurkan terigu dan garam hingga rata, tuangkan air larutan gula sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga merata.
5. Tuangkan minyak sayur sambil tetap diuleni hingga merata dan kalis.
6. Lalu, kamu bisa ambil adonan kira-kira 10 gram. Pipihkan adonan, lalu ambil sedikit adonan lapisan, ratakan di atas permukaan adonan yang sebelumnya hingga rata.
7. Lipat adonan dan rekatkan ujungnya membentuk bulatan.
8. Rendam adonan bulat ke dalam minyak yang tersisa selama kira-kira 15 menit.
9. Nah, untuk selanjutnya, pipihkan adonan sampai agak tipis, lalu isi dengan adonan bahan isian bentuk bulat pipih.
10. Panggang adonan yang sudah diisi ke dalam oven dengan temperatur 200 derajat celcius, sampai matang kira-kira 15-20 menit. Agar warna kuningnya nanti merata di bagian atas bakpia. kamu juga bisa membolak-balikkan adonan. Bila warna kekuningannya sudah sesuai seperti yang kamu inginkan, kamu bisa angkat.

Bakpia pathuknya siap untuk disajikan hangat-hangat, deh! Gampang, kan?

RECOMMENDED

Loading...