Brilio
Discover the best food

Kamu suka gorengan? Cari tahu dulu bedanya mendoan dan tempe tepung

Kuliner

Kamu suka gorengan? Cari tahu dulu bedanya mendoan dan tempe tepung

Jangan ngaku gorengan lovers kalau nggak tahu beda keduanya.

Home » Kuliner

01 Juni 2016 14:34, Sabar Artiyono

Brilio.net - Salah satu bentuk kenikmatan surga yang diturunkan ke bumi adalah gorengan. Wah, kok jadi lebay gitu? Coba bayangin deh, saat hujan deras dan suhu terasa dingin, tiba-tiba ibumu bikin sepiring tempe tepung goreng lengkap dengan cabainya.

Nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan wahai anak muda? Tuh kan, jadi lapar..

Ngomongin soal gorengan nih, udah tahu belum bedanya tempe goreng tepung dan mendoan khas Purwokerto? Wah, kalau kamu menganggap sama, kamu belum sah nih jadi gorengan lovers. Belum ada kata terlambat kok, untuk cari tahu.

Yuk, ungkap perbedaannya, sebagaimana dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (1/6).


1. Soal ukuran.

mendoan tepung  © 2016 brilio.net

Biasanya tempe mendoan lebih lebar dibandingkan dengan tempe tepung reguler. Akan tetapi, makanan khas Purwokerto itu lebih tipis.


2. Bahan yang digunakan.

mendoan tepung  © 2016 brilio.net

Selain ditambahin dengan daun bawang, tempe yang digunakan untuk bikin mendoan juga beda. Lihat fotonya aja ya!


3. Tingkat kematangan.

mendoan tepung  © 2016 brilio.net

Untuk olahan tempe tepung, biasanya bisa dimasak mulai dari matang hingga krispi. Tapi untuk mendoan sendiri biasanya dimasak setengah mateng, jadi agak berminyak. Hal ini sesuai dengan asal namanya, mendo, yang artinya adalah tidak matang.


BACA JUGA: Bikin bingung, nasi pecel itu sebenarnya asalnya dari mana sih? Pasti kamu nggak bisa jawab


4. Cara penyajian.

mendoan tepung  © 2016 brilio.net

Untuk mendoan biasanya disajikan dengan sambal yang khas (kecap). Sedangkan untuk tempe tepung biasa cukup dinikmati dengan cabai.


5. Enakan mana?

mendoan tepung  © 2016 brilio.net

Cara paling enak untuk nikmatin mendoan adalah saat masih panas. Ada sensasi kenyal-kenyal panas yang berbeda. Banyak orang yang bilang bahwa mendoan lebih gurih dibandingkan dengan tempe tepung biasa.

Nah, kalau kamu sendiri lebih suka yang mana?

 

 

RECOMMENDED

(brl/gib)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    50%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

Kamu suka gorengan? Cari tahu dulu bedanya mendoan dan tempe tepung.
Jangan ngaku gorengan lovers kalau nggak tahu beda keduanya.
https://brilicious.brilio.net/kuliner/kamu-suka-gorengan-cari-tahu-dulu-bedanya-mendoan-dan-tempe-tepung-160601a.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP