Brilio.net - Siapa yang tak kenal dengan cupcake? Hidangan penutup mungil berbentuk cup dengan beragam topping luci di atasnya. Umumnya, topping yang seringkali digunakan untuk menghias cupcake antara lain whipped cream, taburan cokelat, atau mungkin juga permen yang tak kalah cantiknya.

Meski dalam menghias dan mempercantik cupcake bergantung pada selera, tapi ada sedikit tips untuk padu padan topping cupcake. Tujuannya agar tampilan cupcake cantik sekaligus memiliki rasa yang lezat.

Cupcakes © 2017 brilio.net


"Toppingnya froasting, biasa kita memfroasting dari cheese, dan cream dan sekarang toppingnya mulai sedikit bergeser," ungkap Aa Koswara saat ditemui brilio.net di Gran Cafe, Gran Melia, Kuningan Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Loading...

Dia menjelaskan, bahwa untuk padu-padan topping cupcakes ia memang sengaja menggabungkan sejumlah bahan yang memiliki tekstur dan juga cita rasa dengan nuansa yang berbeda.

"Sekarang dalamnya ada orange cream, ada cokelat meringues. Jadi di sana kita akan membuat komposisi yang pas," ungkap dia.

"Jadi, bukan hanya makan cream saja tapi ada sesuatu, ada orange, ada cokelat. Cokelatnya itu berbentuk crispy supaya bukan soft saja. Kalau cream soft, orange juga soft, makanya ada yang crunchy," katanya menambahkan.

Untuk cream orange yang lebih mirip jeli ini, Koswara mengungkapkan bahwa untuk topping yang satu ini dibuat dari tepung maizena dan untuk membuat tekstur kenyal juga ditambahkan dengan gelatin.

Sementara untuk cokelat meringue sendiri, dia juga mengatakan membuatnya dengan proses khusus agar hasil dan tekstur yang dihasilkan lebih crunchy.

"Cokelat meringue itu egg white, terus sugar coco powder, dan yang paling utama sugar di-boil supaya putih telurnya matang dan komposisinya tidak soft, dan kita simpan di hot cabinet, dengan suhu 60 sampai 70. Biasanya kalau kita makan cupcake rasanya hanya manis saja, makanya saya kasih cokelat dan orange agar ada campuran rasanya macem-macem, crispy ada rasa, orange juga," paparnya.

Nah, untuk penyimpanan cupcake sendiri, Koswara mengatakan ada dua tipe cupcake, untuk cupcake froasting tahan selama 3-4 jam di luar ruangan, tapi bila disimpan di dalam chiller bisa tahan hingga 4 hari.

"Kalau cupcake yang saya buat ini tidak boleh lebih dari 4 jam karena ada jellynya itu bisa meleleh. Kalau dalam chiller itu bisa 3-4 hari. Suhunya stabil 5 derajat," imbuhnya melanjutkan.

Sementara itu, untuk cupcakes yang menggunakan topping icing justru tidak boleh disimpan di dalam chiller.

"Kalau toppingnya pondan icing harus di suhu ruangan. Dan tidak boleh lebih dari tiga hari agar tidak mengurangi rasa dari cupcake tersebut," pungkasnya.

Hmmm... jadi, nggak asal ya memperlakukan kue nikmat satu ini, Sobat Brilio.

RECOMMENDED