Brilio.net - Gresik selain dikenal sebagai Kota Wali (karena ada dua makam Wali Songo di kota ini), juga dikenal karena kekayaan kulinernya. Bahkan kota ini mempunyai satu jenis makanan yang tidak bisa didapati di daerah lain. Makanan khas itu adalah pudak. Pudak bahkan merupakan saksi sejarah perkembang Gresik dari abad ke abad, karena makanan yang mempunyai rasa khas ini konon sudah ada sejak 10 abad silam.

Keberadaan pudak tidak bisa dilepaskan dari kisah Wali Songo dan penyebaran Islam di Gresik. Ketika para Wali Songo wafat, eksistensi pudak masih terus berlanjut hingga sekarang.

Gresik yang menjadi salah satu tujuan ziarah karena ada beberapa makam Wali Songo, ikut berdampak pada eksistensi pudak selama berabad-abad. Pudak selalu diburu untuk oleh-oleh para peziarah. Permintaan pudak ini akan semakin meningkat ketika musim haji maupun Lebaran.

Identitas paling mudah dikenali dari pudak adalah ada pada bungkusnya. Makanan yang mirip dengan dodol ini selalu dibungkus dengan pelepah pohon pinang (ope) yang berwarna krem. Sekilas ope ini mirip dengan kulit jagung, namun ini lebih kuat dan lentur serta mempunyai aroma khas yang semakin membuat orang tambah berselera.

Pada lembaran bagian dalam ope ada semacam lapisan yang menyerupai plastik. Lapisan inilah yang secara alami dapat mengatur suhu kue pudak.

kue pudak Istimewa

Warga Gresik membuat pudak rasa pandan/foto: gresikku.com


Makanan ini terbuat dari bahan tepung beras, gula pasir atau gula jawa, dan santan kelapa. Setelah diracik, bahan-bahan ini dimasukkan ke ope dan dikukus. Saat adonan bahan pudak yang masih panas dimasukkan ke ope, kue akan segera mengering. Ini disebabkan lapisan yang mirip plastik pada pelepah pinang memiliki pori-pori  udara yang mempercepat proses penguapan.

Dalam perkembangannya, ope mempunyai beragam rasa, namun yang paling terkenal adalah tiga rasa yaitu pudak putih (gula pasir), pudak merah (gula jawa) dan pudak sagu.

Semakin terkenalnya pudak dan telah menjadi oleh-oleh khas Gresik, membuat banyak produsen yang berkreasi membuat berbagai macam rasa. Di antaranya yang banyak dibuat adalah rasa pandan yang berwarna hijau dan mempunyai rasa khas.

Saat ditawarkan ke konsumen, beberapa pudak biasanya diikat dengan tali rafia. Maka bagi kamu yang ke Gresik jangan sampai ketinggalan makanan ini ya.

kue pudak Istimewa

Contoh dua jenis rasa pudak/foto: istimewa

Semua orang yang pernah menikmatinya pasti yakin bahwa pudak turut #BikinKerenIndonesia dan semakin membuat istimewa di mata dunia. Kamu juga bisa #BikinKerenIndonesia dengan terus melestarikan tradisi khas daerah, bahkan mendapatkan hadiah. Caranya, cek tautan ini.

RECOMMENDED