Brilio.net - Menikmati semangkuk mi enaknya memang pas masih panas atau hangat, dingin dikit rasanya udah nggak nafsu. Eits, tapi berbeda dengan di Korea kalau lagi musim panas nih, Sobat Brilio. Mereka sangat menikmati mi dingin yang bernama naengmyeon, mi yang dicampur dengan es. Wah kamu pasti langsung berpikir, 'enak nggak ya?' 'pasti rasanya nggak karu-karuan deh' dan lain sebagainya. Wah, jangan menebak-nebak deh kalau belum coba rasanya.

Naengmyeon adalah hidangan mi unik khas Korea yang disajikan dengan potongan es batu. Naengmyeon biasanya terbagi menjadi dua jenis yaitu mul naengmyeon yaitu mi dingin dengan kuah kaldu, sayuran dan daging, dan bibim naengmyeon yaitu mi dingin yang dicampur dengan saus cabai pedas. Rasanya? Nggak kalah lezat deh dari mi panas yang lain.

Kamu bisa lho mencobanya sendiri di rumah. Kali ini dilansir dari mykoreankitchen, Sabtu (14/1) brilio.net ngasih kalian resep bikin bibim naengmyeon buat kalian. Di simak yaa...

Bahan-bahan:

Naengmyeon © 2017 brilio.net

1 paket mie soba
1 lb daging sapi Sandung lamur
2 butir telur rebus
½ ketimun, potong korek api
½ buah Pear, potong korek api
minyak wijen
biji wijen panggang untuk hiasan

Bahan acar lobak:
8 ons lobak, iris tipis
2 sendok makan cuka putih
3 sendok makan gula
2 sendok teh garam batu

Saus/kuah:
½ bawang bombay ukuran kecil, cincang kasar
1 sendok teh bawang putih cincang
2 sendok makan Gochujang
1 sendok makan cuka
2 sendok makan gula
3 sendok makan gochugaru
1 sendok teh garam Kosher
Sekitar ½ cangkir kaldu sapi (atau air)
Es batu secukupnya

Cara membuat:
1. Rebuslah daging sapi dengan bawang bombay, daun bawang dan bawang putih. Setelah daging sapi matang , daging diiris dan kuahnya disimpan dalam kulkas supaya menjadi dingin.
2. Setelah kuah menjadi dingin, campurlah dengan 6 gelas air dan bumbu-bumbu lain yang disiapkan.
3. Setelah bersihkan ketimun, potong tipis miring panjang lalu campur denga garam.
4. Untuk acar lobak, potonglah lobak dengan tipis dan dicampurkan dengan gula pasir, cuka, garam dan beri bubuk cabe halus hingga lobak berwarna merah muda.
5. Rebuslah mie dalam air yang sedang mendididih sambil diaduk selama 2 menit lalu bersihkan dengan air dingin beberapa kali kali kemudian disaringlah.
6. Taruh mie dalam mangkuk saji dan tuangkan kuah hingga 2/3 tinggi mangkuk. Atur di atasnya daging sapi, ketimun, lobak dan telur.

Naengmyeon © 2017 brilio.net


7. Sajikan dalam keadaan dingin dengan es batu.

Naengmyeon © 2017 brilio.net

Untuk menikmati naengmyeon, kamu bisa menyampur semuanya, dan siap untuk disantap!



RECOMMENDED