Brilio.net - Biasanya buat kamu yang demen main ke mal pasti pernah beli ayam pokpok yang merupakan salah satu street food dari Taiwan. Ayam pokpok adalah jajanan ayam goreng tepung dengan ukuran yang sangat kecil-kecil. Paha ayam fillet yang telah dipotong ini kemudian dilapisi dengan tepung dan di goreng sampai matang dan renyah. Wah, cocok banget buat dijadiin camilan yang bisa mengenyangkan.

Nah, daripada kamu harus berjauh-jauh nunggu ke mal dulu baru beli jajanan mending bikin sendiri. Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/1), yuk buktiin kreasi masakanmu nggak kalah sama yang di mal-mal. Cek resepnya ini ya!

Bahan:
250 gram fillet dada ayam, potong kecil-kecil atau tipis

Bahan merendam ayam:
2 siung bawang putih, cincang hingga halus
Ketumbar secukupnya
1 1/2 sdm kecap asin
1/2 sdm minyak wijen
1 sdt gula pasir
Garam secukupnya

Loading...

Bahan pelapis:
200 gram tepung terigu protein rendah atau sedang
5 sdm maizena
2 sdt teh kaldu ayam bubuk
1 btr telur
Merica secukupnya
1 bungkus bumbu barbeque atau bumbu rasa keju sesuai dengan seleramu

pokpok © 2017 brilio.net

Cara membuat:
1. Campur semua bahan bumbu untuk merendam ayam. Rendam ayam fillet kedalam rendaman bumbu tersebut minimal satu jam agar bumbu bisa meresap.
2. Sambil menunggu ayam dan bumbu meresap, siapkan bahan tepung, kemudian bagi menjadi dua bagian, satu untuk celupan pertama, satunya untuk celupan kedua.
3. Setelah itu, masukkan ayam kedalam tepung pelapis pertama, lumuri sampai rata. Masukkan ke dalam kocokan telur lalu baluri lagi ke tepung pelapis sambil ditekan dan dicubit agar bisa merata.
4. Goreng ke minyak panas hingga matang
5. Angkat dan tiriskan filet ayam yang sudah digoreng untuk menghilangkan minyak berlebih. Potong-potong dada ayam sesuai selera.
6. Setelah bebas dari minyak, masukkan ayam kedalam wadah bertutup, masukkan bumbu rasa barbeque atau keju (sesuai dengan selera) ke dalam satu wadah, kocok-kocok hingga bumbu tercampur.
7. Siap untuk disajikan!

Gimana? Gampang banget kan cara bikinnya? Yuk bikin untuk bisa dinikmati bersama dengan keluarga atau pacar.

RECOMMENDED