Brilio.net - Makannya nasi, tapi belum bisa masak dengan benar? Waduh, sungguh ironis kali. Jangan sampai  ya, kamu mengacaukan perut gara-gara kamu salah dalam mengolahnya. Mending sih, nggak sampai keracunan. Kalau iya? Wah, bisa bahaya nih? Terus cara bener masak nasi gimana? Kamu sudah menemukan artikel yang tepat kok. Siap baca ya?

Ternyata masak nasi yang bener itu gampang. Ini bukan tips dari emak-emak warteg atau mamah muda yang jago masak ya! Melainkan rekomendasi ahli dari America's Test Kitchen's executive editor, sekaligus penulis the Science of Good Cooking, Dan Souza. Wah, apa kata dia?

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah perbandingan antara beras dan air. Souza merekomendasikan bahwa perbandingannya adalah 1:1, artinya satu gelas beras membutuhkan satu gelas air, sebagaimana dikutip brilio.net dari News.com.au, Jumat (20/5).

BACA JUGA HUMOR LUCU: Disuruh masak nasi, remaja ini gagal paham bikin gempar grup WA, kocak!

Tidak peduli jenis berasmu apa, rumus tersebut tetap berlaku. Bahkan di belahan dunia manapun juga bisa. Keren ya? Tapi yang menjadi permasalahan adalah ketika masak nasi porsi besar, seperti catering atau arisan. Hal ini berbeda karen proses evaporasi beras itu sendiri. Lalu cara ngakalinnya gimana?

Gampang, kamu harus memastikan bahwa tutup panci yang digunakan harus pas. Jangan sampai sering terbuka pada proses memasak nasi. Hal ini akan berpengaruh ke evaporasi beras itu sendiri. Bisa jadi, ketika tutup pancimu sering terbuka karena tidak pas, nasimu akan keras.

Simpel kan? Sudah siap membuang stok mi instanmu dan ganti dengan nasi? Selamat mencoba!

RECOMMENDED