Brilio
Discover the best food

7 Makanan lezat asli Betawi ini sekarang sulit kamu jumpai

Kuliner

7 Makanan lezat asli Betawi ini sekarang sulit kamu jumpai

Padahal kuliner ini sangat unik dan rasanya nikmat.

Home » Kuliner

01 Juni 2016 05:05, Andi Rosita Dewi

Brilio.net - Selain alam dan budaya, kekayaan berikutnya yang dimiliki negeri ini adalah kuliner. Ya, hampir setiap tempat di Indonesia memiliki kuliner khas yang enak. Meski kuliner Indonesia jumlahnya banyak, namun pada kenyataannya keberadaan beberapa kuliner tradisional saat ini mulai tersisihkan dengan kehadiran makanan cepat saji dan moderen. Misalnya saja kuliner khas Betawi yang sudah sulit dijumpai.

Sebagaimana dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (31/5), berikut 7 kuliner khas Betawi yang kini makin sulit dijumpai:

1. Sayur Babanci.

kuliner Betawi © 2016 brilio.net

foto: istimewa

Sayur Babanci adalah makanan khas Betawi yang selalu hadir dalam acara-acara khusus masyarakat Betawi. Terbuat dari sayuran, daging sapi, daging kelapa muda dan petai serta kuah pedas, maknaan ini sangat nendang di lidah. Namun sayangnya, kini makanan tersebut sudah sulit dijumpai.

2. Selendang Mayang.

kuliner Betawi © 2016 brilio.net

foto: akumassa.org

Terbuat dari bahan dasar tepung beras dan tepung hunkwe. Selendang Mayang adalah jajanan khas Betawi yang kini sulit ditemukan. Tak banyak orang yang menjual jajanan yang disajikan dengan santan dan es serut ini, padahal rasanya sangat enak dan bisa melepas dahaga lho.

3. Pecak Lele.

kuliner Betawi © 2016 brilio.net

foto: istimewa

Olahan ikan lele memang akrab dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Namun olahan lele khas Betawi ini memiliki cita rasa yang unik lho. Jika biasanya ikan lele hanya digoreng dan disajikan dengan sambal maka pecak lele ini disajikan dengan bumbu saus kacang dan air asam jawa serta santan yang disiramkan di atas lele goreng.

4. Sayur Gabus Pucung.

kuliner Betawi © 2016 brilio.net

foto: istimewa

Sama dengan namanya, kuliner ini menggunakan ikan gabus sebagai bahan dasarnya. Ikan gabus dimasak dengan bumbu seperti ketumbar dengan kuah sayur yang sangat khas terbuat dari daun salam, sereh, jahe, daun jeruk, lengkuas, buah tomat, jeruk limau, bawang dan tentunya cabe rawit. Nah, rasa asam serta pedas yang jadi satu menambah embuk daging ikan gabusnya.

 

Enak banget ya? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

(brl/fen)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    63%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    13%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

7 Makanan lezat asli Betawi ini sekarang sulit kamu jumpai.
Padahal kuliner ini sangat unik dan rasanya nikmat.
https://brilicious.brilio.net/kuliner/7-makanan-lezat-asli-betawi-ini-sekarang-sulit-kamu-jumpai-1605310.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP