Brilio.net - Sate adalah makanan khas Indonesia. Makanan yang umumnya terbuat dari daging ayam, sapi, atau kambing ini menjadi favorit banyak orang. Kamu juga, kan?

Nah, kali ini udah dirangkum brilio.net dari berbagi sumber, Jumat (23/9) berbagai jenis sate khas Indonesia yang mantap abis. Nggak cuma terbuat dari daging aja, lho. Kira-kira sate apa aja, ya? Siap-siap ngiler ya, guys. Ups!

1. Sate kelinci.

sate khas Indonesia © 2016 brilio.net

foto: satekelincibulakan.blogspot.com

Sate satu ini mungkin nggak sebanyak sate ayam, kambing, apalagi sapi yang dijual di sekitarmu. Soalnya agak sayang ya, kelinci lucu dijadikan santapan. Tapi ternyata di beberapa tempat sudah ada yang jual sate ini. Selain itu, faktanya jenis kelinci yang disate memang jenis kelinci pedaging sehingga kamu nggak usah merasa nggak tega makannya.

Rasa daging sate kelinci pun empuk dan manis. Selain itu, sate kelinci memiliki khasiat menyembuhkan asma jikalau dimakan secara rutin, lho. Khasiat kesehatan ini sudah dibuktikan oleh mahasiswa Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, bernama Dian Kesuma.

2. Sate belut.

sate khas Indonesia © 2016 brilio.net

foto: thegourmetgirl.tumblr.com

Kamu pecinta hewan licin belut? Kalau selama ini kamu makan dalam bentuk belut goreng atau keripik, boleh banget cobain sate belut. Rasa sate belut ini dijamin empuk, legit, gurih, dan bikin nagih.

Tapi eits...walaupun belut dikenal memiliki kandungan nutrisi yang banyak, mulai dari kalori, protein, lemak, fosfor, kalsium, zat besi, sampai vitamin A, B, dan C, kamu juga patut waspada terhadap kandungan kolesterolnya yang tinggi. Kandungan kolesterol pada belut sebanyak 185 miligram/100 gram. Porsi ini melebihi ambang batas kadar kolesterol jahat (LDL-Low Density Lipoprotein) sebesar 130-159 miligram/desiliter darah.

Jadi, kamu makannya sesekali aja, misalnya sekali sebulan. Soalnya kalau kamu makan belut terlalu sering, nggak peduli dalam bentuk olahan apa pun, kadar kolesterol jahat dalam tubuhmu bisa meningkat drastis. Kadar kolesterol jahat ini berisiko membentukan ateroma yang memicu penyakit jantung, lho.

3. Sate usus.

sate khas Indonesia © 2016 brilio.net

foto: senangmasak.com

Nah, kamu penyuka jerohan, menu sate satu ini nggak boleh kamu lewatin, guys. Sate usus bisa kamu temui di warung-warung makan atau kalau di Jogja, angkringan adalah "rumah" bagi sate usus ini. Rasanya nikmat sekali hap, betul nggak?

4. Sate telur.

sate khas Indonesia © 2016 brilio.net

foto: dapurbundacalista.blogspot.com

Kalau kamu ke angkringan di Jogja, kamu pasti nemuin yang namanya sate telur. Telurnya dari telur burung puyuh. Kamu bisa bayangin telur puyuh yang empuk sekali lahap satu butirnya dikasih bumbu sate, duh rasanya pecah banget! Eits, bumbu satenya bukan dari bumbu kacang, cabai, dan kecap, ya. Telur puyuh buat sate ini cukup dimasak dengan dimasukkan ke dalam air mendidih yang sudah dikasih kecap manis, garam, gula, lengkuas, daun salam, serai, dan bumbu halus lainnya. Selesai bumbu meresap, satu per satu telur ditusuk dan siap dihidangkan, deh.

5. Sate lalat.

sate khas Indonesia © 2016 brilio.net

foto: tokomesin.com

Eits, jangan kira sate ini terbuat dari lalat, ya. Lagi-lagi, Madura, khususnya wilayah Pamekasan adalah asal sate ini. Bahan dagingnya sama seperti sate lain, yakni dari daging ayam, kambing, sapi, atau kelinci. Lantas tusukan sate bukan bambu, melainkan lidi karena potongan dagingnya yang lebih kecil ketimbang sate pada umumnya. Namun bumbu satenya seperti sate madura umumnya. Walaupun kecil-kecil, rasa lezat sate lalat nggak berkurang, lho.

6. Sate kuda.

sate khas Indonesia © 2016 brilio.net

foto: old-nakula.blogspot.com

Sate satu ini lebih terdengar nggak lazim lagi ketimbang sate kelinci. Soalnya sate ini dipercaya berkhasiat mengobati berbagai penyakit. Misalnya saja seperti meningkatkan imunitas tubuh, mengatasi asma, gatal-gatal, pegal linu, bahkan sampai dipercaya meningkatkan vitalitas seksual bagi pria, lho.

Terus gimana rasanya daging kuda, ya? Aslinya daging kuda itu bertekstur lebih padat dan alot ketimbang daging sapi. Namun begitu, kalau kamu makan sate kuda, tentu dengan pengolahan yang tepat, akan merasakan dagingnya empuk. Selain itu, kamu juga bisa merasakan ada otot dan serat daging yang lebih besar ketimbang sapi, mengingat kuda sendiri adalah hewan yang tangguh dan lebih aktif ketimbang sapi.

7. Sate lilit.

sate khas Indonesia © 2016 brilio.net

foto: resephariini.com

Keunikan sate khas Bali satu ini adalah terbuat dari daging cacah yang sudah dibumbui kemudian dililitkan ke batang serai. Sate ini bisa kamu makan bersama dengan sambal kecap atau sambal matah khas Bali yang pedasnya nendang abis.

8. Sate kerang.

sate khas Indonesia © 2016 brilio.net

foto: tokomesin.com

Sate ini terbilang unik ketimbang sate pada umumnya. Konon sih khas Medan, Sumatera Utara, tapi kamu bisa menemukan di belahan Indonesia lain bahkan membuatnya sendiri di rumah.

Rasa sate kerang nggak kalah lezat ketimbang sate daging. Ditambah pula kandungan nutrisinya, yakni rendah kalori dan lemak, kayak mineral seperti zat besi, yodium, dan tembaga, terus mengandung kalium dan vitamin A, B, E, bikin kamu patut mencobanya sesekali.

9. Sate ikan.

sate khas Indonesia © 2016 brilio.net

foto: srykitchen.blogspot.com

Kamu bosan dengan olahan ikan yang itu-itu aja? Kamu bisa cobain sate ikan yang biasanya terbuat dari daging tuna, tenggiri, atau tongkol. Resepnya bisa kamu dapatkan di internet. Rasa sate ikan ini nggak kalah gurih dan nikmat dari sate daging kambing, sapi, ayam, dan kelinci, lho. Bumbu satenya bisa menggunakan bumbu kacang, cabai, dan kecap, atau bumbu merah yang pedas sesuai seleramu.
 
10. Sate ular.

sate khas Indonesia © 2016 brilio.net

foto: resepmasakan90.blogspot.com

Jangan kaget, guys! Daging ular bukan cuma untuk para tentara yang lagi beroperasi di hutan belantara. Kamu bisa mencicipi kuliner ekstrem ini. Nggak tanggung-tanggung, ular yang disate adalah jenis kobra yang terkenal beracun dan mematikan.

Kamu bisa menemui sate ular kobra di beberapa daerah seperti Solo, Jogja, bahkan di Jakarta juga ada. Sensasi saat makan daging kobra ini hampir sama seperti daging sapi, agak kenyal. Dengan bumbu kacang dan kecap, sate kobra makin nikmat disantap. Kamu yang pertama mencicipi mungkin merasa aneh karena terbayang yang kamu makan itu hewan mematikan, tapi lama-lama akan terasa biasa.

Wah, kuliner sate ini menambah kekayaan kuliner Indonesia, ya? Asli #BikinKerenIndonesia di mata wisatawan manca yang datang ke sini.

Mau tahu kekerenan Indonesia yang lain? Cek yuk di telkomsel.com/bikinkerenindonesia. Oh, iya, terima kasih untuk kamu yang juga sempat ikutan berbagi kisah inspiratif atau tentang keragaman Indonesia dalam #BikinKerenIndonesia. Jangan menyerah untuk selalu bikin bangga Indonesia, ya! 


RECOMMENDED