Brilio.net - Belum afdol rasanya sebagai orang indonesia kalau makan tanpa kerupuk. Rasanya bagai sayur tanpa garam deh. Yap, orang Indonesia memang terkenal dengan kebiasaan makan yang ramai dan dipilihlah kerupuk untuk menciptakan suasana itu dengan suara kriuknya yang melegenda.

Karena Indonesia sendiri kaya akan sumber daya alam maka jangan heran jika ada berbagai jenis kerupuk dari berbagai daerah. Tak hanya enak namun juga unik-unik deh dan hanya ada di Indonesia. Pokoknya kalau kamu ke luar negeri nggak akan nemuin kerupuk seunik ini deh. Ini dia 10 kerupuk unik asli Indonesia, Sabtu (4/6).

1. Kerupuk jumbo.

kerupuk unik © 2016 brilio.net

Kerupuk ini merupakan variasi jumbo dari kerupuk bundar yang biasa kamu makan setiap hari. Bisa ditemukan di berbagai kota seperti kertosono dengan harga cuma Rp 5.000 hingga Rp 15.000.

2. Kerupuk melarat atau kerupuk upil.

kerupuk unik © 2016 brilio.net

Denger namanya aja kok rasanya sudah ngenes banget ya? Apalagi ada kata-kata upilnya, iuuuhhh... Eh tp kamu jangan bayangin yang nggak-nggak, kerupuk ini enak kok. Kenapa disebut melarat karena harganya yang murah meriah, Rp 2.000 sampai Rp 5.000 doang.

BACA JUGA: 10 Foto buktikan jombloers kronis butuh pertolongan, kamu pernah?

3. Kerupuk kemplang.

kerupuk unik © 2016 brilio.net

Indonesia adalah negara maritim makanya jangan heran jika ada kerupuk yang terbuat dari ikan seperti tengiri, gabus dan lain-lain. Nah kerupuk ikan ini biasa disebut kerupuk kemplang dan mudah ditemukan di Palembang.

4. Kerupuk rambak.

kerupuk unik © 2016 brilio.net

Nah kalau kerupuk satu ini terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang dikeringkan. Rasanya enak gurih-gurih asin gitu deh. Sentra kerupuk rambak yang populer adalah di kota Tulungagung, Jawa Timur.

5. Kerupuk seblak.

kerupuk unik © 2016 brilio.net

Nah seblak ini bisa dibilang beda dengan kerupuk-kerupuk lainnya karena tidak kriuk. Kenapa tidak kriuk? karena kerupuk pada seblak basah justru direbus dulu dalam air panas lalu diberi bumbu pedas dan gurih. Untuk rasa maknyus deh. Seblak ini populer banget sebagai kuliner khas bandung.

6. Kerupuk gendar atau puli.

kerupuk unik © 2016 brilio.net

Orang Indonesia itu memang kreatif sekali, nasi sisa yang tak sempat dimakan pun bisa dijadikan kerupuk lho. Nasi sisa itu dicampur dengan tepung tapioka dan diberi bumbu lalu diaduk hingga kenyal dan padat. Setelah itu dipotong tipis-tipis dan dijemur selama dua hari. Goreng dan sajikan hangat, mantap deh.

7. Kerupuk sanjai.

kerupuk unik © 2016 brilio.net

Kalau kamu mau yang pedas-pedas, coba deh kerupuk sanjai asal Bukittinggi ini. Kerupuk sanjai ini terbuat dari singkong yang diiring tipis lalu digoreng dan diberi bumbu pedas. Bisa bikin lidah terbakar deh pokoknya.

8. Kerupuk mi.

kerupuk unik © 2016 brilio.net

Kalau tadi ada kerupuk yang terbuat dari nasi ini ada kerupuk mi lho. Tapi bukan terbuat dari mi, hanya bentuknya saja yang mirip mi. Rasanya gurih agak keasinan gitu deh. Biasanya disajikan dengan kuah asinan.

9. Kerupuk udang.

kerupuk unik © 2016 brilio.net

Kalau kerupuk satu ini semua pasti udah tahu dong ya? Saking populernya bahkan kerupuk udang ini tersedia dalam bentuk snack kekinian lho. Paling enak emang makan soto atau rawon ditemani kerupuk udang.

10. Rempeyek.

kerupuk unik © 2016 brilio.net

Terakhir kalau kamu makan nasi pecel pasti nemuin yang kriuk-kriuk berwarna cokelat, yap itu adalah rempeyek. Bahan dasar rempeyek adalah tepung terigu, garam, bawang putih, kacang atau teri dan irisan daun jeruk. Semua bahan itu dijadikan satu dalam adonan lalu digoreng tipis-tipis, maknyus!


RECOMMENDED