Brilio
Discover the best food
10 Jenis sambal yang cuma ada di Indonesia, makan jadi lahap nih

Kuliner

10 Jenis sambal yang cuma ada di Indonesia, makan jadi lahap nih

Kelezatannya pun sudah diakui dunia.

Home » Kuliner

02 September 2016 20:44,

Brilio + #BikinKerenIndonesia

Brilio.net - Kalau ngomongin soal kuliner, Indonesia emang nggak ada matinya deh. Jenis makanan mulai dari yang manis, hingga gurih dan pedas ada. Mulai dari makanan yang ringan hingga yang berat, macamnya susah untuk dihitung. Indonesia memang punya banyak banget makanan tradisional yang kelezatannya pun sudah diakui dunia. Ya, sambal adalah salah satunya.

Makanan pendamping yang hampir nggak pernah absen dari meja makan orang Indonesia ini memang punya keajaiban memanjakan lidah para pecinta pedas. Nah, kalau kamu suka pedas dan sedang mencari referensi lagi soal sambal mana yang bisa jadi teman makanmu, nih brilio.net rangkumin khusus buat kamu, 10 macam sambal khas nusantara yang dijamin deh bikin kamu ketagihan, Jumat (2/9).

1. Sambal Matah Bali

sambal Istimewa

Sambal Matah dari Bali ini terkenal dengan tampilannya yang eksotis khas pulau Dewata. Yang unik dari Sambal Matah ini adalah penyajiannya, Sambal Matah disajikan semi-mentah dan tidak digerus, seperti salad yang lezat dan pedas. Jadi semua bahan seperti bawang merah, bawang putih, cabe rawit, daun jeruk purut kesemuanya diiris halus dan perasan jeruk nipis dicampur jadi satu. Jangan lupa juga dikasih tiga batang serai ya.

2. Sambal Ijo ala Padang

sambal Istimewa

Sambal khas yang menemanimu saat makan nasi Padang. Nggak boleh ketinggalan banget deh.

3. Sambal Bawang Gurih

sambal Istimewa

Cara bikin sambal bawang gurih ini gampang banget dibikin sendiri. Rasa bawangnya yang khas cocok banget untuk teman makan, bahkan buat kamu yang doyan makan nasi sama kerupuk doang.

4. Sambal Hitam Belimbing Wuluh

sambal Istimewa

Sambal yang berwarna hitam ini terbuat dari belimbing wuluh sebagai bahan utamanya dan ditambah dengan sedapnya ikan teri dan juga kecap manis. Wah pasti lezat banget banget deh dinikmati dengan nasi yang masih hangat.

5. Sambal Tomat

sambal Istimewa

Sambal ini mungkin jadi sambal yang paling sering ada di meja makan kalian, yak an? Ada rahasianya lho gimana agar sambal tomatmu lebih sedap rasanya, yakni dengan cara diulek dan jangan memakai blender karena bisa bikin sambalmu jadi encer.

6. Sambal pecel Kediri

sambal Istimewa

Memang masih rahasia sih dari mana aslinya pecel itu, karena ada beberapa daerah yang punya pecel sebagai makanan khas mereka. Tapi ada satu yang bikin pecel asal Kediri jadi lebih spesial. Adalah sambalnya yang ternyata lebih lemas, berminyak dan tidak kering, yang disebabkan karena sambal pecel Kediri lebih banyak memakai bawang putih, dan bawang putihnya digoreng terlebih dahulu.

7. Sambal Terasi Petai dan Teri Medan

sambal Istimewa

Sambal dengan berjuta rasa ini adalah hasil campuran teri Medan dan juga petai. Ditambah dengan gula merah yang bikin sambal ini jadi pedas legit. Sedap dan mantap deh.

8. Sambal Terasi Ijo

sambal Istimewa

Sedapnya terasi dengan cabai hijau baik besar maupun kecil jadikan perpaduan sambal terasi ijo ini sangat nikmat untuk dihidangkan bersama dengan nasi dan ayam goreng yang di penyet, cobain deh!

9. Sambal Mangga

sambal Istimewa

Rasa asam dari manga tua yang agak kuning namun masih keras ini juga nggak ketinggalan masuk kedalam list rekomendasi sambal brilio.net. Caranya gampang banget kok, cuman mencampurkan manga yang sudah diiris-iris tipis dengan bumbu seperti cabai, gula merah dan terasi. Jangan lupa tambahkan jeruk nipis ya.

10. Sambal Ikan Bakar

sambal Istimewa

Nggak lengkap kalau makan ikan bakar tanpa sambal ya. Resepnya gampang sekali kok, tinggal memasukkan bahan-bahan yang sudah dipotongi seperti cabai rawit merah dan hijau, bawang merah dan jeruk limau serta tomat. Kemudian kamu bisa menambahkan kecap. Jadi deh sambal ikan bakarnya.

Sepuluh macam sambal rekomendasi brilio.net di atas cuman sebagian dari beragamnya sambal yang ada di Indonesia. Ragam sambal ini juga merupakan kekayaan khazanah budaya Indonesia di bidang kuliner yang bisa #BikinKerenIndonesia dong tentunya.

Eh nggak cuman sambal, kamu juga bisa banget kok ikutan bikin keren Indonesia, caranya dengan klik link berikut ya telkomsel.com/bikinkerenindonesia.

 

RECOMMENDED

(brl/pep)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    33%

  • Marah

    17%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

10 Jenis sambal yang cuma ada di Indonesia, makan jadi lahap nih.
Kelezatannya pun sudah diakui dunia.
https://brilicious.brilio.net/kuliner/10-jenis-sambal-yang-cuma-ada-di-indonesia-makan-jadi-lahap-nih-160902f.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP