Brilio
Discover the best food

10 Aneka olahan mi khas nusantara ini lezatnya tak pernah tertandingi

Kuliner

10 Aneka olahan mi khas nusantara ini lezatnya tak pernah tertandingi

Cita rasanya yang khas bikin lidah bergetar dan ketagihan!

Home » Kuliner

03 Juni 2016 06:09, Erina Wardoyo

Brilio.net - Mi masuk ke dalam jenis makanan pokok di Indonesia selain nasi. Meski bukan makanan asli Indonesia melainkan Tiongkok, namun mi sudah menjadi primadona sendiri di kalangan masyarakat dan menjadi makanan sehari-hari.

Berhubung Indonesia kaya akan sumber daya alam dan rempah-rempah, maka mi ini kemudian diolah menjadi beberapa masakan dengan citra khas daerah masing-masing. Berikut 10 olahan mi dari berbagai nusantara seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (3/6).

Favoritmu yang mana nih?


1. Mi Aceh.

mi nusantara © 2016 brilio.net

foto: indonesia-tourism.com


Mie aceh memiliki kuah merah yang kental dan rasa yang penuh rempah-rempah. Biasanya dilengkapi dengan seafood seperti kepiting, udang dan cumi-cumi agar lebih lezat.


2. Mi Celor.

mi nusantara © 2016 brilio.net

foto: meutiasistarani.wordpress.com


Kalau mi yang satu ini berasal dari Palembang. Kuahnya dari santan yang kental dicampur dengan kaldu udang galah. Biasanya disajikan dengan telur rebus di atasnya untuk menambah selera. Duh, udah kebayang nggak lezatnya?


3. Mi Koba.

mi nusantara © 2016 brilio.net

foto: visitbangkabelitung.com


Jika berkunjung ke Bangka Belitung tepatnya di daerah Koba, Kabupaten Bangka, tak ada salahnya untuk mencicipi Mie Koba. Yang membuatnya berbeda dari mi lainnya adalah kuahnya yang berupa kaldu dari ikan tenggiri. Maknyuss pokoknya!


4. Mie Bangka.

mi nusantara © 2016 brilio.net

foto: makanmana.net


Sama seperti namanya, mie ini hanya bisa ditemui di Bangka Belitung. Biasanya mi ini akan disajikan dengan sayuran sawi, daging cincang, bakso, kuah dan jeruk nipis. Enak banget ini..


5. Mie Kocok.

mi nusantara © 2016 brilio.net

foto: infobdg.com


Jangan lupa mencicipi kuliner khas satu ini jika berkunjung ke Bandung. Kuahnya yang kental menjadi ciri khas tersendiri, selain toppingnya yang campur aduk mulai dari tauge, sawi dan bakso. Untuk rasanya jangan ditanya, mantap pokoknya!

BACA JUGA: 6 Fakta rahasia tentang nasi dan rumah makan padang, tak banyak yang tahu dan bikin melongo!


6. Mie Ongklok.

mi nusantara © 2016 brilio.net

foto: gembolransel.com


Jika berkunjung ke Wonosobo, sempatkanlah mampir untuk berwisata kuliner Mie Ongklok. Mi ini berbahan dasar mi kuning, kucai dan kubis. Kuahnya yang berwarna kecokelatan membuatnya semakin diburu banyak orang. Paling enak jika disantap dengan tempe kemul khas Wonosobo. Udara dingin dan Mie Ongklok? Beuhhh, surga dunia bro!


7. Soto Mie Bogor.

mi nusantara © 2016 brilio.net

foto: resepseharihari.com


Soto tapi kok mie, emang ada? Ada dong. Jika kamu lagi jalan-jalan ke Bogor akan dengan mudah menemukan warung Soto Mie berjajar di sepanjang jalan. Jika soto biasanya disajikan dengan nasi, maka di sini nasinya diganti dengan mi kuning. Biasanya dicampur daging, tahu, potongan risoles. Rasanya tetap enak dan khas banget. Jangan lupa sambalnya ya guys!


8. Mi Koclok.

mi nusantara © 2016 brilio.net

foto: disporbudpar.cirebonkota.go.id


Jangan sampai salah ya dengan Mi Koclok ini. Bukannya dari Bandung tapi mi lezat ini berasal dari Cirebon. Yang membuat unik adalah kuah santan yang kental dan berwarna putih layaknya bubur. Kuah ini akan disiram di atas mi kuning lalu di atasnya diberi suwiran daging ayam dan taburan bawang goreng. Wah, bikin ngiler!


9. Bakmi Jawa.

mi nusantara © 2016 brilio.net

foto: foodanttraveller.com


Tak lengkap rasanya jika ke Jogja tanpa mencicipi Bakmi Jawanya yang khas. Bumbunya yang kental, serta dimasak satu-satu di tungku arang membuatnya selalu diburu wisatawan luar Jogja. Enak banget dan cocok untuk lidah orang Indonesia. Sekali coba, dijamin ketagihan pengen lagi dan lagi.


10. Mie Cakalang.

mi nusantara © 2016 brilio.net

foto: lezat.com


Kalau mi biasanya disajikan dengan topping daging ayam, beda dengan orang Manado. Mereka akan menyajikannya dengan ikan khas daerah sana yakni cakalang. Selain kaya protein, Mie Cakalang ini juga punya rasa yang unik dan enak pollll.

Tuh kan, jadi baper.. Eh, laper..

 

 

RECOMMENDED

(brl/gib)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

10 Aneka olahan mi khas nusantara ini lezatnya tak pernah tertandingi.
Cita rasanya yang khas bikin lidah bergetar dan ketagihan!
https://brilicious.brilio.net/kuliner/10-aneka-olahan-mi-khas-nusantara-ini-lezatnya-tak-pernah-tertandingi-160602q.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP