Brilio.net - Puasa Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat muslim. Seseorang diwajibkan untuk berpuasa mulai dari waktu imsak hingga waktu berbuka. Aktivitas puasa sering kali menjadi momok bagi sebagian kalangan, termasuk penderita maag.

Saat puasa, penderita maag harus pintar menyiasati kondisi kesehatannya. Mereka harus memperhatikan makanan yang dikonsumsinya.  Dikutip brilio.net dari Antara, Senin (27/4), Dokter spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah, Raissa E Djuanda mengingatkan para penderita masalah lambung seperti sakit maag kronis sebaiknya tidak menyantap beberapa makanan.

1. Makanan terlalu asam dan pedas.

Raissa E Djuanda menyebutkan penderita maag kronis sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang terlalu asam dan pedas saat berbuka puasa dan sahur.

"Hindari makanan merangsang asam lambung misalnya makanan terlalu asam, pedas, berbumbu terlalu tajam, sayuran yang mudah menyebabkan lambung bergas seperti kol," jelas Raissa.

2. Buah-buahan kering atau manisan buah.

Raissa juga menambahkan, penderita maag juga tidak disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan kering seperti manisan atau jenis asinan buah. Pasalnya, makanan tersebut mampu merangsang lambung.

3. Hindari alkohol dan soda.

Waspada, terlalu banyak konsumsi alkohol bisa picu stroke © 2019 brilio.net

© 2019 brilio.net/istimewa

Raissa juga memberikan larangan untuk mengonsumsi soda atau alkohol bagi penderita maag.

"Hindari juga minuman soda atau alkohol," tutur Raissa.

4. Makanan terlalu banyak mengandung gula dan karbohidrat.

Di samping alkohol dan minuman soda, penderita maag saat berpuasa sebaiknya menghindari makanan yang mengandung terlalu banyak gula dan karbohidrat olahan saat berbuka puasa dan sahur.

5. Hindari minuman mengandung kafein.

Loading...

Minuman teh herbal ini miliki khasiat tingkatkan daya tahan tubuh © 2020 brilio.net

© 2020 brilio.net/ istimewa

Minuman mengandung kafein misalnya teh dan kopi, sebaiknya dihindari oleh penderita penyakit lambung. Pasalnya, minuman tersebut mampu memicu tubuh untuk mengeluarkan urine lebih banyak. Selain itu, minuman tersebut juga mampu membawa garam dan mineral penting yang terkandung dalam tubuh. Padahal garam dan mineral itu sangat penting dan dibutuhkan tubuh selama berpuasa.

Raissa mengingatkan semua orang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian secara seimbang. Untuk menjaga sistem imun terlebih di masa pandemi Covid-19 ini, sebaiknya penuhilah kebutuhan protein harian, yang juga penting untuk massa otot, misalnya melalui telur dan susu.

Selain itu, pastikan asupan omega tiga, asam lemak esensial yang diperlukan tubuh tercukupi. Adapun makanan yang memiliki kandungan tersebut seperti teri basah, ikan salmon, tuna, ikan sarden, dan lele.

RECOMMENDED