Brilio
Discover the best food

Ngetren di kalangan pelaku diet, ini fakta nasi shirataki

Kesehatan

Ngetren di kalangan pelaku diet, ini fakta nasi shirataki

Beras ini sangat rendah karbohidrat dan kalori.

Home » Kesehatan

18 April 2018 12:30, Septika Shidqiyyah

Brilio.net - Lazimnya orang yang sedang diet, dia akan mengatur pola makan ketat. Tak jarang juga memilih diet rendah karbohidrat dan mengganti nasi putih dengan nasi merah. Sebagaimana diketahui, kandungan karbohidrat dalam nasi putih memang cukup tinggi, yakni sekitar 40,6 gram.

Nah, buat kamu yang saat ini sedang menjalani pola makan rendah kalori, ada kabar gembira nih. Terdapat sebuah beras yang hampir tidak memiliki kadar kalori di dalamnya. Yakni, beras shirataki.

Meskipun baru-baru ini menjadi perbincangan di dunia kuliner, faktanya nasi shirataki ini telah menjadi bagian dari diet orang Asia selama hampir 2000 tahun. Beda dari beras biasanya, beras shirataki terbuat dari iles-iles yang tumbuh di hutan. Iles-iles adalah umbi, sayuran yang biasanya ditemui di tengah hutan. Konon, saat masa penjajahan Jepang, umbi ini biasanya dikonsumsi sebagai pengganti nasi.

Beras ini sangat rendah karbohidrat dan kalori itu, karenanya dikonsumsi oleh wanita Jepang secara teratur agar tetap langsing. Selain bebas kalori, beras ini juga bebas kedelai dan bebas gluten, sehingga sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki alergi kedelai dan gluten. Soal rasa, shirataki ini memiliki rasa yang sama dengan nasi pada umunya. Yang membedakan nasi Shirataki dengan nasi biasa, yakni teksturnya yang transparan.

Dilansir brilio.net dari pogogi.com, Beras ini terbuat dari serat yang mudah larut yang sangat penting bagi kita. Serat ini membantu membuatmu merasa kenyang, dan juga membantu pencernaan. Beras ini memperlambat proses pencernaan dan mengatur penyerapan glukosa, sehingga membuatnya bermanfaat bagi penderita diabetes. Nasi ini dasarnya dapat membantu mengontrol diabetes.

Nasi shirataki lebih dulu dikenal dalam bentuk mi dalam sukiyaki. Teksturnya bening, kenyal, dan tawar. Nasi ini mengandung nol karbohidrat, nol kalori dan sama sekali tidak mengandung lemak. Nggak heran, nasi ini menjadi pilihan yang disukai oleh para pelaku diet. Apalagi proses penanakan nasi ini juga nggak ribet. Makin nikmat, nasi ini dapat dengan mudah menyerap rasa dari bumbu lauk yang kamu siapkan lho. Kamu akan tetap merasakan rasa lauk yang 'berat' karena shirataki ini tasteless dan tidak punya rasa 'pati' seperti nasi.

 

RECOMMENDED

(brl/pep)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    63%

  • Ngakak!

    5%

  • Wow!

    26%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    5%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

Ngetren di kalangan pelaku diet, ini fakta nasi shirataki.
Beras ini sangat rendah karbohidrat dan kalori.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/ngetren-di-kalangan-pelaku-diet-ini-fakta-nasi-shirataki-1804158.html
SEND
Loading...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP