Brilio
Discover the best food

Minum air hangat saat sahur bikin nggak mudah haus? Ini faktanya

Kesehatan

Minum air hangat saat sahur bikin nggak mudah haus? Ini faktanya

Berapa jumlah gelasnya pun ternyata juga sangat disarankan

Home » Kesehatan

06 Mei 2019 13:31, Kurnia Putri Utomo

Makan dan minum di kala sahur sangat penting agar kuat menjalani ibadah puasa. Alangkah lebih baik saat sahur menyantap kuliner menyehatkan. Selain itu harus banyak minum agar tidak kekurangan cairan.

Banyak sekali cara agar tidak stamina terjaga saat berpuasa. Banyak kabar beredar agar meminum air hangat saat sahur agar tidak gampang haus. Sahur dengan minum air hangat yang berperan membersihkan minyak di kerongkongan. Bagaimana penjelasannya?

Dilansir brilio.net dari Liputan6.com, Senin (6/5), secara ilmiah belum ada riset mengenai manfaat minum air hangat di penutup sahur bisa mengurangi rasa haus saat menjalankan puasa, seperti disampaikan dokter spesialis gizi klinik Diana Sunardi. Diana mengatakan walau belum ada penelitiannya minum air hangat bisa memunculkan perasaan nyaman.

"Air hangat mungkin menyebabkan rasa nyaman bagi yang akan berpuasa," kata dokter yang sehari-hari aktif mengajar di Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

"Air putih hangat mulai dari mulut sampai saluran makanan atas bisa saja melegakan makanan berlemak yang kita konsumsi. Namun, setelah di lambung suhu air sudah dinetralkan," tambah Diana.

Jadi, konsumsi air hangat lebih ke perasaan nyaman bagi orang yang menenggaknya. Namun, minum air putih suhu ruangan juga tidak masalah saat menutup sahur di bulan puasa.

Minum air putih, baik suhu hangat maupun ruangan, dalam jumlah cukup merupakan cara ampuh agar tidak terlalu haus saat menjalankan puasa.

"Kuncinya itu saat sahur, minum air jauh lebih prioritas," kata ahli gizi Institut Pertanian Bogor, Hardinsyah.

Pastikan usai bangun tidur awali dengan minum segelas air. "Lalu, minum satu sampai dua gelas lagi sebelum menutup sahur. Jadi total dua sampai tiga gelas air putih saat sahur," saran Hardinsyah.

Saat sahur, ia pun tidak menyarankan minum minuman manis seperti kopi manis. Minuman manis membuat jadi lebih mudah buang air kecil sesudahnya.

"Orang Indonesia itu senang kopi yang manis ya, manis itu bikin haus dan sebagian orang ada yang sensitif jadi gampang buang air kecil usai minum kopi," kata Hardinsyah.

Ketika berbuka hingga malam setelah tidur pastikan minum sekitar lima gelas air putih. Dimulai dari saat buka puasa menenggak satu gelas air putih lalu sesudah berbuka puasa minum dua gelas air putih. Kemudian, jangan lupa sebelum tidur juga minum air putih lagi.



 

RECOMMENDED

(brl/red)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

Minum air hangat saat sahur bikin nggak mudah haus? Ini faktanya.
Berapa jumlah gelasnya pun ternyata juga sangat disarankan
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/minum-air-hangat-saat-sahur-bikin-nggak-mudah-haus-ini-faktanya-1905061.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP