Brilio
Discover the best food

Konsumsi makanan berserat cegah kematian dini, ini penjelasannya

Kesehatan

Konsumsi makanan berserat cegah kematian dini, ini penjelasannya

Makanan berserat diakui bagus bagi kesehatan.

Home » Kesehatan

16 Januari 2019 00:05, Syifa Fauziah

Brilio.net - Seperti yang diketahui, tubuh manusia memerlukan banyak asupan makanan yang mengandung serat. Bahkan studi yang diterbitkan oleh Lancet menunjukan betapa banyaknya manfaat mengonsumsi makanan berserat.

Dilansir dari time, Selasa (15/1), penelitian itu mengungkapkan bahwa biji-bijian memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Nutrisi yang terkandung dalam biji-bijian tersebut mampu menurunkan resiko empat penyakit seperti jantung, stroke, diabetes tipe 2 dan kanker usus besar, serta kematian dini karena beerbagai sebab sebesar 15% hingga 30%.

Menurut data penelitian itu, orang yang mengonsumsi 25-29 gram serat dari makanan seperti buah-buahan dan sayuran setiap hari (bukan dari suplemen atau bubuk) menunjukkan pengurangan besar dalam resiko berbagai penyakit dan mereka yang makan lebih cenderung menunjukkan resiko lebih rendah. Para peneliti melihat manfaat serupa di antara orang yang makan biji-bijian.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa orang harus memiliki setidaknya 25-29 gram serat dari makanan per hari," kata Andrew Reynolds, penulis utama studi ini dan seorang peneliti di University of Otago di Selandia Baru.

"Saat ini, sebagian besar orang mengonsumsi kurang dari 20 gram serat per hari. Jadi dengan lebih sadar memilih opsi makanan berserat tinggi akan membantu mencapai target itu," lanjutnya.

 

RECOMMENDED

(brl/fen)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

Konsumsi makanan berserat cegah kematian dini, ini penjelasannya.
Makanan berserat diakui bagus bagi kesehatan.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/konsumsi-makanan-berserat-cegah-kematian-dini-ini-penjelasannya-190115d.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP