Brilio
Discover the best food

Kerap dibuang, ini 7 manfaat biji pepaya untuk kesehatan

Kesehatan

Kerap dibuang, ini 7 manfaat biji pepaya untuk kesehatan

Sebagian orang menyisihkan biji pepaya atau bahkan membuangnya, tetapi sebenarnya biji pepaya dapat dimakan.

Home » Kesehatan

12 Juli 2019 07:25, Nur Luthfiana Hardian

Brilio.net - Pepaya merupakan salah satu buah terbaik dengan banyak nutrisi di dalamnya. Meskipun tidak begitu banyak orang menyukai buah jenis ini, tetapi di balik popularitasnya, pepaya secara mengejutkan membawa banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Buah pepaya sering kali dikonsumsi untuk memperlancar pencernaan dan buang air besar. Tak heran jika ada orang yang sedang mengalami kesusahan buang air besar, pasti banyak yang menyarankan untuk makan buah pepaya. Tetapi kamu harus tahu ternyata bagian yang bermanfaat dari pepaya tak hanya dari daging buahnya saja, melainkan juga bijinya.

Sementara sebagian besar orang hanya menyisihkan biji pepaya atau bahkan membuangnya, tetapi sebenarnya, biji pepaya dapat dimakan. Bagian kecil dari pepaya itu ternyata dapat membawa manfaat kesehatan bagi tubuh. Bisa dibilang semua bagian pada buah pepaya ini dapat dimanfaatkan.

Namun perlu diingat bagi kamu yang ingin mengonsumsi biji pepaya ini, disarankan agar tetap menjaga takarannya. Jangan terlalu banyak makan biji pepaya, karena sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik. Berikut beberapa manfaat biji pepaya untuk kesehatan, brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (12/7).

1. Menjaga pencernaan.

manfaat biji pepaya pixabay

foto: pixabay

Dalam biji pepaya terdapat enzim papain yang sangat penting untuk mencerna protein dalam tubuh. Sehingga biji pepaya dapat menjaga kesehatan pencernaan seperti penyakit radang usus, hingga dapat menurunkan gejala wasir. Biji pepaya juga merupakan sumber nutrisi yang baik untuk tubuh.

2. Menjaga kesehatan ginjal.

manfaat biji pepaya pixabay

foto: unsplash

Biji pepaya mengandung antioksidan untuk menghambat kerusakan sel dalam tubuh. Salah satunya adalah sel pada ginjal, bahkan biji pepaya dapat membantu mencegah risiko gagal ginjal. Ginjal merupakan organ penting bagi tubuh. Ginjal berfungsi sebagai penyaring cairan di tubuh.

3. Mencegah kanker.

manfaat biji pepaya pixabay

foto: pixabay

Banyak orang belum menyadari manfaat besar dari biji pepaya. Salah satunya adalah untuk mencegah penyakit mematikan, yaitu kanker. Biji pepaya dapat menghambat risiko tumbuhnya sel kanker pada tubuh. Sebab biji pepaya mengandung zat isotiosianat yang dapat mematikan pertumbuhan sel tumor dan kanker.

4. Menjaga kesehatan hati.

manfaat biji pepaya pixabay

foto: pixabay

Biji pepaya yang pahit ternyata dapat menjaga kesehatan hati. Dengan mengonsumsi beberapa butir biji pepaya setiap hari, organ hatimu akan bersih secara alami. Kamu juga bisa mencampukan biji pepaya yang sudah dihancurkan dengan jus lemon, dan minum sebanyak dua kali sehari.

5. Mencegah peradangan.

manfaat biji pepaya pixabay

foto: pixabay

Biji pepaya mengandung anti-inflamasi yang sangat ampuh untuk mengobati berbagai penyakit peradangan, seperti bengkak, nyeri sendi, kemerahan pada kulit, dan lain sebagainya. Maka dari itu mulailah untuk mengonsumsi biji pepaya mulai sekarang. Namun perlu diingat untuk selalu menjaga takarannya dengan baik agar tidak berlebihan.

6. Cegah pertumbuhan bakteri.

manfaat biji pepaya pixabay

foto: pixabay

Biji pepaya dikenal memiliki kekuatan antibakteri yang kuat, yang dapat mencegah infeksi bakteri menyebar di dalam tubuh. Biji pepaya mengandung carpaine alkaloid yang membuat basa usus dan membunuh amuba, parasit dan cacing di dalam tubuh.

7. Mencegah stress.

manfaat biji pepaya pixabay

foto: pixabay

Biji pepaya dapat mencegah tubuh dari stres oksidatif. Jus yang dibuat dari biji pepaya dapat bekerja secara efisien dalam mengekang efek radikal bebas dalam tubuh dan mencegahnya tubuh dari stres oksidatif dan kerusakan.


RECOMMENDED

(brl/guf)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

Kerap dibuang, ini 7 manfaat biji pepaya untuk kesehatan.
Sebagian orang menyisihkan biji pepaya atau bahkan membuangnya, tetapi sebenarnya biji pepaya dapat dimakan.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/kerap-dibuang-ini-7-manfaat-biji-pepaya-untuk-kesehatan-190711k.html
SEND
Loading...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP