Brilio.net - Sejak kecil kebanyakan orang dianjurkan untuk meminum susu karena dianggap baik untuk kesehatan, terutama agar tulang menjadi kuat. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalsium yang terkandung pada susu sebagai minuman tulang kita.

Seperti dilansir brilio.net dari healthline.com pada Selasa (13/4), susu memang direkomendasikan untuk diminum setiap hari karena susu merupakan sumber kalsium terbaik untuk kesehatan tulang. Jika tulang kekurangan kalsium, tulang akan melemah atau bahkan dapat lebih mudah patah.

Susu dianggap paling baik untuk tulang © freepik.com

foto: freepik.com

Loading...

Ada mitos yang beredar jika kandungan protein pada susu dapat menyebabkan penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang. Padahal, kandungan protein pada susu itu baik untuk tubuh dan bahkan menyehatkan tulang.

Selain itu, susu tak hanya memiliki kalsium dan protein, kandungan fosfor dan vitamin K2 pada susu seperti susu sapi juga sangat baik dan dibutuhkan oleh tulang agar lebih sehat dan kuat.

Lain halnya dengan produk-produk olahan susu seperti krim, es krim, dan coklat. Dilansir dari liputan6.com, walaupun terbuat dari susu, namun nutrisi yang terkandung pada produk olahan susu tersebut relatif rendah sehingga tak akan berpengaruh banyak untuk kesehatan tulang.

Susu dianggap paling baik untuk tulang © freepik.com

foto: freepik.com

Meminum susu baik untuk semua usia. Pada anak-anak, kalsium pada susu dapat meningkatkan pertumbuhan tulang. Kemudian pada orang dewasa, meminum susu dapat memperlambat pengeroposan tulang.

Sementara untuk lansia, susu dapat menjadi suplemen kalsium yang baik untuk tulang agar dapat menurunkan risiko patah tulang dan membuat tulang tetap kuat.

Kalsium untuk kesehatan tulang memang paling baik didapat dari susu. Namun, ternyata kalsium yang baik juga bisa kita dapatkan dari makanan, lho. Contohnya pada sayuran hijau seperti sawi, brokoli, edamame, dan sayuran lainnya, juga ikan laut seperti salmon, sarden, dan masih banyak lagi.

RECOMMENDED