Brilio
Discover the best food

Cara menjaga gizi tetap seimbang meskipun berpuasa

Kesehatan

Cara menjaga gizi tetap seimbang meskipun berpuasa

Kita bisa tetap beraktivitas seperti biasa meskipun sedang berpuasa.

Home » Kesehatan

04 Mei 2019 22:02, Syifa Fauziah

Brilio.net - Tinggal menghitung hari seluruh umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Saat berpuasa, kita harus menahan haus dan lapar lebih dari 12 jam.

Saat menjalankan ibadah puasa kerap kali dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Padahal hal itu tidak berpengaruh.

Sebenarnya, kita bisa tetap beraktivitas seperti biasa meskipun sedang berpuasa. Namun, dianjurkan untuk tetap mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Berikut tiga tips hal-hal yang harus diperhatikan saat menjalankan ibadah puasa agar tubuh tetap fit seperti dilansir brilio.net dari healthline, Sabtu (4/5).

1. Makan dalam jumlah yang kecil.
Saat berpuasa, jadwal makan kita sehari-hari memang berubah. Biasanya 3x dalam sehari kini hanya 2x. Setelah seharian berpuasa, kebanyakan dari kita mencicipi semua makanan yang ada padahal itu justru tidak dianjurkan.

Dianjurkan ketika sahur maupun berbuka mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sedikit. Selain itu juga membatasi asupian kalori dengan batas yang tepat. Cara ini dapat membantu tubuh mengurangi beberapa risiko yang terkait dengan puasa, seperti pingsan, lapar, dan tidak fokus.

2. Minum air putih yang cukup agar tetap terhidrasi.
Dehidrasi ringan dapat menyebabkan kelelahan, mulut kering, haus, dan sakit kepala sehingga sangat penting untuk minum cukup cairan saat puasa. Pakar kesehata pu merekomendasikan aturan 8 delapan gelas (2 liter) cairan setiap hari agar tetap terhidrasi. Bahkan bisa ditambah. Selama berpuasa, bisa minum 8,5-13 gelas (2-3 liter) air sepanjang hari.

3. Konsumsi makanan berprotein tinggi.
Banyak orang mulai berpuasa sebagai cara untuk mencoba menurunkan berat badan. Namun, kekurangan kalori dapat menyebabkan kamu kehilangan otot selain lemak. Oleh sebab itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi protein saat berbuka dan sahur.

Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sekitar 30% kalori makanan dari protein, secara signifikan mampu mengurangi narfsu makan.

RECOMMENDED

 

(brl/pep)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

Cara menjaga gizi tetap seimbang meskipun berpuasa.
Kita bisa tetap beraktivitas seperti biasa meskipun sedang berpuasa.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/cara-menjaga-gizi-tetap-seimbang-meskipun-berpuasa-1905038.html
SEND
Loading...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP