Brilio.net - Pare atau peria (Momordica charantia) merupakan salah satu jenis tanaman merambat yang berasal dari tanaman tropis. Mungkin yang terbayang pertama kali ketika mendengar pare yakni, rasanya yang pahit. Biasanya sayuran ini digunakan untuk pelengkap pada kuliner siomay, gado-gado, atau pun dimasak menjadi tumis pare.

Meski rasanya pahit, namun pare ternyata menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan. Pare memiliki banyak khasiat untuk kesehatan karena mengandung banyak senyawa penting, di antaranya antioksidan, vitamin, dan mineral.

Jus pare mengandung sederet nutrisi mulai dari zat besi, magnesium, vitamin C, hingga kalium. Sayuran ini juga menjadi sumber serat yang tinggi, juga mengandung dua kali kalsium bayam, beta-karoten seperti brokoli, dan kalium layaknya pisang. Semua kandungan dalam pare tentu sangat dibutuhkan tubuh.

Kandungan vitamin dan mineral sayang jika terlewatkan hanya karena rasanya pahit. Lagipula rasa pahit sayur hijau itu bisa disamarkan dengan cara pengolahan yang tepat. Berikut ulasan brilio.net tentang manfaat pare untuk kesehatan, salah satunya dapat mengendalikan gula darah, seperti dihimpun dari berbagai sumber, pada Rabu, (7/10).

Loading...

1. Mengendalikan gula darah.

Manfaat pare untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Pare memiliki sifat yang berfungsi seperti insulin, yang membantu membawa glukosa ke dalam sel untuk energi. Manfaat pare bisa membantu menurunkan gula darah. Konsumsi pare dapat membantu sel-sel kamu mendapatkan glukosa sebagai makanan. Manfaat pare juga mampu mencegah penumpukkan glukosa dalam darah dan memindahkannya ke hati, otot, dan jaringan lemak.

2. Melawan sel kanker.

Manfaat pare untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat pare untuk kesehatan yakni dapat bermanfaat untuk melawan sel kanker. Penelitian mengungkapkan bahwa pare memiliki sifat antikanker dan berpotensi digunakan sebagai agen pembasmi berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, prostat, hati, dan kanker darah.

Namun, penelitian tersebut baru sebatas penelitian di laboratorium. Efek antikanker dalam manfaat pare ini belum banyak diteliti secara klinis sehingga khasiatnya sebagai pelawan kanker pada manusia masih perlu dikaji lebih lanjut.

3. Menjaga kesehatan mata.

Manfaat pare untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Pare mengandung flavonoid seperti alpa-karoten, beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang mampu meningkatkan kesehatan mata. Tidak hanya itu, beberapa gangguan kesehatan mata yang disebabkan oleh proses oksidasi pun dapat dicegah, karena pare juga kaya akan kandungan vitamin C. Manfaat pare lainnya yakni dapat meningkatkan kualitas penglihatan, terutama di malam hari.

4. Meredakan asma.

Manfaat pare untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat pare selanjutnya yakni dapat membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh kondisi pernapasan tertentu seperti asma, bronkitis dan demam. Hal ini karena pare memiliki sifat antihistamin, antiinflamasi, dan antivirus, yang membuat pare menjadi makanan tambahan yang ideal dalam menjaga kesehatan pernapasan.

5. Menangkal radikal bebas.

Manfaat pare untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Dengan mengonsumsi pare akan membantu memenuhi 54 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C. Pare mengandung vitamin C yang dapat melawan dan membuang radikal berbahaya yang berpotensi membahayakan tubuh. Antioksidan kuat ini mencegah kulit menjadi keriput dan memperlambat proses penuaan. Pare juga melindungi kulit kamu dari sinar ultraviolet.

6. Membantu menurunkan berat badan.

Manfaat pare untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Pare merupakan tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan, karena pare memiliki kalori yang rendah dan serat yang tinggi. Satu cangkir pare atau 94 gramnya mengandung sekitar 2 gram serat.

Serat melewati saluran pencernaan kamu dengan sangat lambat, membantu membuat kamu kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar serta nafsu makan. Oleh karena itu, mengganti makanan berkalori lebih tinggi dengan pare dapat membantu meningkatkan asupan serat dan mengurangi kalori untuk menurunkan berat badan.

7. Meningkatkan kesehatan tulang.

Manfaat pare untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Pare mengandung vitamin K. Ketika mengonsumsi pare, kandungan vitamin K akan membantu menyebarkan kalsium ke seluruh tubuh sehingga dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang.

8. Mengurangi kolesterol.

Manfaat pare untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Pare yang direndam air panas merupakan obat alami dan mujarab bagi kamu yang mempunyai keluhan terhadap kolesterol. Dengan rutin mengonsumsi pare akan sangat efektif untuk menurunkan lemak yang bertumpuk dalam pembuluh darah sehingga risiko terkena kolesterol dapat dihindari.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat pare untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Pare diketahui dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh kamu dengan sangat baik. Kamu bisa merebus pare dalam air lalu meminum air rebusan tersebut secara rutin untuk melawan infeksi dan penyakit.


RECOMMENDED