Brilio
Discover the best food

9 Cara tampak awet muda secara alami, mudah dijalani sehari-hari

Kesehatan

9 Cara tampak awet muda secara alami, mudah dijalani sehari-hari

Saat pola hidup sehat jadi prioritas.

Home » Kesehatan

25 Februari 2019 23:05,

Brilio.net - Semakin bertambahnya usia, beban tanggung jawab semakin terasa banyak. Semakin banyak pula aktivitas yang harus kita lakukan demi tujuan-tujuan tertentu. Hingga tanpa sadar kita tidak menyadari bahwa tubuh semakin kekurangan kolagen, elastin dan protein yang dapat menjaga kekencangan tubuh kamu.

Oleh karena itu, banyak hal yang harus kita perhatikan agar tubuh memperlambat proses penuaan. Baik dari segi makanan yang dikonsumsi, hingga aktivitas yang menggambarkan pola hidup sehat.

Bagi sebagian orang, melakukan pola hidup sehat ialah prioritas, hingga apa pun dapat dikorbankan demi tercapainya awet muda, namun bagi sebagian orang, pola hidup sehat ialah niatan semata. Mungkin karena aktivitas pekerjaan yang menyita banyak waktu sehingga olahraga pun sulit dilakukan.

Berikut ini latihan diet yang dikembangkan oleh Dr Mehmet Oz dan Dr Michael Roizen, yuk kepoin.

1. Istirahat yang cukup.

awet muda Istimewa

foto: fitnessmagazine.com

Hal ini jelas harus dapat dilakukan karena di balik aktivitas kita yang banyak, ada tubuh yang bekerja keras untuk tetap mempertahankan kesehatan kita. Studi terbaru menunjukkan bahwa stres menyebabkan perubahan fisik pada tubuh yang dapat mempercepat penuaan. Lonjakan hormon adrenalin dan kortisol menyebabkan tekanan darah naik dan jantung berdetak lebih cepat. Belakangan ini, ketika kita stress tampaknya tak henti-hentinya (aliran tekanan pekerjaan, kemacetan lalu lintas, masalah uang), dosis kronis adrenalin dan kortisol sangat mempengaruhi kesehatan fisik dan emosi kita.

"Enam puluh hingga 90 persen dari semua kunjungan dokter setiap tahun terkait dengan kecemasan, depresi, kemarahan dan permusuhan yang obsesif, insomnia, tekanan darah tinggi, serangan jantung-semua masalah yang disebabkan oleh stres," kata Herbert Benson, penulis tengara buku The Relaxation Response dan seorang pendiri dan direktur emeritus dari Benson-Henry Institute for Mind Body Medicine di Boston.

Bukan hanya tidur, cara paling efektif untuk membantu agar tubuh tetap bugar adalah bermeditasi, menggunakan apa yang Dr Benson sebut sebagai 'respons relaksasi'. Teknik ini melibatkan pengulangan mantra (kata, suara, frasa, atau doa) selama 10 menit sehari. Sebuah studi tahun 2005 yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston menunjukkan bahwa meditasi membantu mencegah perubahan yang berkaitan dengan usia di otak.

Cobalah! Sekali atau dua kali sehari, selama 10-20 menit (sesempatnya kamu memiliki waktu senggang), duduk di tempat yang tenang, tutup matamu, rilekskan ototmu, putar kepala, leher, dan bahu, dan bernafas dalam-dalam. Pada setiap napas, ulangi mantramu. Jika pikiran lain mencoba menyerang, kata Dr Benson, katakan pada diri sendiri, "Oh, baiklah," dan kembali ke kata atau frasa kamu.

Setelah selesai, tutup mata kamu selama satu menit ekstra; perlahan biarkan pikiran sehari-hari mengalir kembali ke pikiranmu. Masih tidak menyukai ide meditasi? Lakukan yoga, atau sesuatu yang aktif dan berulang, seperti berlari, sebagai gantinya. Fokus pada pernapasan kamu dan bagaimana kakimu mendarat dengan setiap langkahnya. "Buang daftar pekerjaan dari kepalamu," kata Dr Benson.

2. Konsumsilah lebih banyak lemak.
Lemak yang dimaksud di sini ialah lemak yang sehat lho yaa. Contohnya seperti lemak omega-3 (ditemukan dalam ikan salmon, kenari dan biji-bijian) dapat membantu menstabilkan susasana hatimu, mempertahankan kekuatan tulang, dan membantu mencegah tanda-tanda penuaan yang terlihat dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.

Nicholas Perricone, seorang ahli antipenuaan terkemuka dan penulis 7 Rahasia untuk Kecantikan, Kesehatan, dan Panjang Umur. "Omega-3 juga meningkatkan kemampuan enzim tubuh untuk menarik lemak keluar dari penyimpanan -dari pinggul kamu dan menggunakannya sebagai energi," katanya.

"Omega-3 juga membuat tetap sehat dan kulit kamu bersinar. Untuk itu, usahakan mengonsumsi banyak ikan berlemak seperti salmon liar (porsi 3 ons mengandung 6,9 gram), dan juga kenari (setengah ons mengandung 9,2 gram)" kata Dr. Roizen. Jika kamu tidak mendapatkan cukup omega-3, pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen minyak ikan.

3. Naik turun tangga.

awet muda Istimewa

foto: womantalk.com

Tidak hanya olahraga teratur yang dapat menurunkan berat badan kamu, mengencangkan otot, membangun tulang yang lebih sehat dan meningkatkan mood. Hal sederhana yang dapat membantu kamu berpikir jernih ialah naik turun tangga.

Studi yang dikutip oleh National Institute on Aging menunjukkan hubungan antara latihan fisik dan kekuatan otak yang lebih baik. "Berjalan hanya 10 menit sehari menurunkan risiko Alzheimer hingga 40 persen," kata Gary Small, Direktur Pusat Penuaan UCLA dan rekan penulis The Healthy Brain Kit.

4. Merasakan cinta.

Setiap bangun dari tempat tidur, rasakanlah bahwa kamu dicintai dan dihargai banyak orang. Jangan lupa mengucap syukur. Kemampuan untuk merangkul kehidupan meningkatkan harga diri, bahan bakar sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Melakukan yoga.

awet muda Istimewa

foto: self.com

Lebih banyak olahraga, lebih banyak energi yang dikeluarkan postur yang lebih baik, fleksibilitas yang lebih besar, suasana hati yang lebih baik, dan lebih sedikit stres adalah beberapa manfaat dari latihan pikiran-tubuh ini. "Yoga berarti 'persatuan' dalam bahasa Sanskerta," kata Cyndi Lee, pendiri Om Yoga Kota New York dan anggota dewan penasihat FITNESS. "Melalui pernapasan yoga sadar, kamu menjadi sadar akan hubungan antara pikiran dan tubuh."

Itu diterjemahkan menjadi manfaat utama antipenuaan. Pernafasan yoga telah terbukti mengoksigenasi sel, membersihkannya dari racun, membantu mencegah penyakit, dan membuat kulit bercahaya. Tidak seperti latihan lain, kata Lee, pose yoga dirancang untuk bekerja di dalam tubuh kamu dan juga di luar, yang membantu meremajakan sistem pencernaan, sistem reproduksi, bahkan sistem kekebalan tubuh. "Yoga seperti meremas-remas tubuh kamu seperti handuk," katanya. "Itu salah satu cara terbaik untuk membuat semuanya tetap bergerak."

Cobalah! Berlatih yoga atau aktivitas pikiran-tubuh lainnya setidaknya dua kali seminggu, kata Lee, untuk memberi kamu energi tambahan, membantu membangun massa tulang, dan mengurangi stres.

6. Perbanyak mengonsumsi buah-buahan.

awet muda Istimewa

foto: hallosehat.com

Terutama buah delima yang belakangan ini ditemukan fakta menarik oleh para peneliti. "Studi saat ini menunjukkan bahwa buah delima lebih bermanfaat dari buah-buahan lainnya," kata Dr Oz.

Jus delima telah terbukti untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah, kemungkinan menunda timbulnya aterosklerosis, dan berpotensi membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Para peneliti percaya itu juga dapat membantu mencegah beberapa bentuk kanker mulai atau berkembang. Delima juga dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV, menurut sebuah penelitian.

Buah asli Tibet yang memiliki 500 kali lebih banyak vitamin C daripada jeruk dan dianggap sebagai sumber karotenoid paling banyak, sejenis antioksidan, di bumi. Pusat nutrisi kecil ini juga mengandung lebih banyak zat besi daripada bayam, 18 asam amino, kalsium, magnesium, seng, selenium, dan vitamin B1, B2, B6, dan E.

Biji berry merangsang pelepasan hormon pertumbuhan manusia, suatu zat alami dalam tubuh yang meningkatkan kemampuan kita untuk tidur, membantu kita terlihat lebih muda, mengurangi lemak, meningkatkan daya ingat, meningkatkan libido, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Mengonsumsi teh hijau.

awet muda Istimewa

foto: liputan6.com

Maraknya khasiat teh hijau di Indonesia hingga berbagai produk kecantikan pun dibuat dari bahan teh hijau, ternyata teh hijau sangat bermanfaat bagi tubuh. teh hijau ditemukan mengurangi risiko kanker payudara dan mencegah remisi, dan sekarang sedang diuji sebagai cara untuk membantu mencegah kambuhnya kandung kemih, kolorektal, dan kanker paru-paru. "Teh hijau adalah senyawa yang luar biasa dalam hal memblokir jaringan pensinyalan yang terkait dengan perkembangan kanker," kata Amy Yee, PhD, seorang profesor biokimia di Tufts University dan peneliti utama studi kanker.

Penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa teh hijau bahkan dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer. Sebuah studi Jepang yang diterbitkan tahun lalu di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa minum setidaknya satu cangkir sehari dapat membantu menjaga otak kamu tetap tajam seiring bertambahnya usia.

8. Suplemen retinol.
Retinol merupakan sejenis vitamin A yang dianggap paling efektif untuk menghaluskan kulit, mencegah keriput. Retinol menyebabkan kulit mengelupas dengan lembut, memperlihatkan lapisan yang lebih sutra, lebih cerah, dan lebih kenyal.

Perricone memuji manfaat asam alfa lipoat, antioksidan kuat yang secara alami terjadi dalam tubuh. "Asam alfa lipoat adalah mekanisme anti penuaan yang luar biasa," katanya.

Telah terbukti mengurangi garis-garis halus, memperbaiki tekstur kulit, mengencangkan pori-pori, dan memberikan kulit bercahaya umum.

Bahan pelawan lain yang kuat adalah madecassol, atau madecassoside (ditemukan di La Roche-Posay's Redermic, tersedia di lokasi CVS tertentu), ekstrak tanaman Asia yang membantu menepuk kulit, meminimalkan garis-garis halus, dan mengembalikan cahaya muda. Madecassol telah digunakan di Prancis selama beberapa dekade untuk membantu menyembuhkan luka dan luka. Studi Eropa juga menemukan bahwa itu membantu mengurangi keriput, mengembalikan kekencangan pada kulit, dan melembabkan sel-sel kulit.

9. Aerobik mental.
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association Desember lalu menunjukkan bahwa latihan otak dapat mencegah penurunan kognitif, dan manfaatnya bisa bertahan hingga lima tahun. Dalam penelitiannya sendiri, Dr Small telah menemukan bahwa program pelatihan mental selama dua minggu sebenarnya dapat memperbaiki otak. "Kami telah melihat bukti pada pemindaian otak bahwa daya ingat membaik," katanya.

(mgg/chatarina lia)

RECOMMENDED

(brl/pep)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    75%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    25%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

9 Cara tampak awet muda secara alami, mudah dijalani sehari-hari.
Saat pola hidup sehat jadi prioritas.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/9-cara-tampak-awet-muda-secara-alami-mudah-dijalani-sehari-hari-1902257.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP