Brilio
Discover the best food

9 Cara menghilangkan jerawat dengan bahan dapur, ampuh dan cepat
foto: pixabay.com

Kesehatan

9 Cara menghilangkan jerawat dengan bahan dapur, ampuh dan cepat

Cara mudah dan alami menghilangkan jerawat.

Home » Kesehatan

02 Oktober 2019 08:04, Nur Luthfiana Hardian

Brilio.net - Memiliki wajah bersih adalah dambaan setiap orang. Tetapi jika wajah tidak djaga dengan baik, akan menimbulkan jerawat. Jerawat adalah kondisi kulit yang paling umum terjadi pada manusia, pria maupun wanita di dunia. Jerawat biasanya berbentuk benjolan berwarna merah. Jerawat paling sering terjadi pada wajah, punggung, leher, atau pada bagian bahu.

Jerawat bisa muncul karena tersumbatnya pori-pori wajah karena kotoran, minyak, atau sel kulit mati. Selain itu jerawat juga bisa muncul karena faktor lain, contohya stres, infeksi, perubahan hormon, keturunan genetika, kesalahan perawatan kulit, hingga akibat kesalahan diet.

Dilansir dari healthline, setiap pori-pori di wajah terhubung ke kelenjar sebaceous, yang menghasilkan zat berminyak yang disebut sebum. Sebum ekstra dapat menyumbat pori-pori, menyebabkan pertumbuhan bakteri yang dikenal sebagai Propionibacterium acnes, atau P. acnes. Sel darah putih yang menyerang P. acnes, dapat menyebabkan peradangan kulit dan jerawat.

Gejala umum dari jerawat sama seperti komedo pada umumnya. Seringkali orang menganggap remeh munculnya jerawat ini, karena dianggap hal yang biasa. Namun beberapa kasus jerawat bisa lebih parah terjadi pada sebagian orang. Bahkan mungkin sulit untuk disembuhkan atau menghilangkan jerawat

Mengatasi masalah jerawat bisa dengan obat-obatan, produk perawatan itu terjual bebas di toko kecantikan. Namun, perawatan jerawat konvensional bisa mahal dan seringkali memiliki efek samping yang tidak diinginkan seperti kekeringan, kemerahan dan iritasi.

Nah, buat kamu yang tidak ingin menggunakan obat karena takut terkandung bahan kimia, kamu bisa menghilangkan jerawat di rumah menggunakan obat alami. Misalnya dari bahan yang tersedia di dapur untuk menghilangkan jerawat.

Berikut cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan dapur seperti rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (2/10).

1. Kunyit.

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan dapur pixabay

foto: pixabay.com

Kunyit adalah salah satu bahan paling kuat yang digunakan untuk melawan berbagai masalah kulit. Kunyit memiliki sifat antibakteri yang mencegah perkembangan jerawat. Selain itu juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu kamu menyingkirkan kemerahan dan peradangan. Kamu dapat mencampurkan kunyit dan susu untuk membuat pasta untuk mengoleskannya pada area yang sakit.

2. Kayu manis.

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan dapur pixabay

foto: freepik.com

Kayu manis mengandung antioksidan yang baik dan efektif untuk kulit wajah. Kayu manis dapat menjadi obat jerawat yang memiliki sifat antibakteri. Kayu manis dapat dicampurkan dengan madu, perpaduan dari dua bahan ini memiliki anti-inflamasi dengan kemapuan melawan bakteri dan mengurangi peradangan.

Caranya dengan campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis bersama untuk membentuk pasta. Setelah membersihkan, oleskan masker ke wajah kamu dan biarkan selama 10-15 menit. Bilas masker sepenuhnya dan tepuk-tepuk wajah kamu sampai kering.

3. Bawang putih.

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan dapur pixabay

foto: freepik.com

Bawang putih sudah digunakan untuk pengobatan sudah berabad-abad lamanya. Bawang putih mengandung antibakteri yang terpercaya, anti jamur, anti virus dan antiseptik. Terdapat kandungan allicin pada bawang putih. Allicin dapat membantu membunuh bakteri akibat jerawat. Kandungan ini juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan jerawat dengan bawang putih adalah tumbuk bawang putih. Kemudian campurkan dengan gel lidah buaya. Campurkan 2 hingga 3 siung bawang putih yang dihancurkan dengan ½ gelas air.

Diamkan campuran selama 5 menit. Lalu campur ke dalam 1 sendok teh gel lidah buaya. Oleskan campuran ke daerah yang terkena dan biarkan sampai kering. Setelah selesai, bilas dengan air bersih.

4. Madu.

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan dapur pixabay

foto: pixabay.com

Madu adalah bahan alami kuat lainnya yang dapat membantu kamu melawan jerawat. Madu menghentikan pertumbuhan bakteri dan membersihkan kulit kamu. Ini menghilangkan kotoran dan bakteri yang tidak perlu yang masuk ke dalam pori-pori kulit. Untuk menggunakan madu, kamu bisa mencampurkannya dengan kunyit atau kayu manis dan oleskan pada kulit kamu.

5. Baking soda.

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan dapur pixabay

foto: pixabay.com

Manfaat kecantikan dari soda kue baru-baru ini semakin populer. Baking soda juga dapat membantu mengendalikan jerawat dan peradangan karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik. Ada berbagai cara menggunakan soda kue untuk kulit. Kamu dapat mencampurnya dengan lemon atau yogurt atau bahkan cukup air dan oleskan pasta pada area yang terkena.

6. Jahe.

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan dapur pixabay

foto: pixabay.com

Jahe bukan hanya dapat menghangatkan tubuh, tapi juga baik untuk antibakteri pada wajah. Caranya ambil sedikit jahe segar lalu kupas. Kocok dan masukkan jahe cincang ke dalam blender. Tambahkan air dan haluskan bersama.

Setelah selesai keluarkan campuran yang dihasilkan dan saring melalui saringan untuk mengumpulkan jus. Oleskan jus ke bagian kulit yang terkena jerawat dan biarkan selama beberapa menit. Bilas dengan air biasa dan ulangi setiap hari.

7. Putih telur.

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan dapur pixabay

foto: pixabay.com

Putih telur mengandung khasiat yang sangat baik untuk merawat kesehatan wajah. Masker putih telur bosa membuka pori-pori tertutup dan mengurangi jerawat di wajah. Caranya, siapkan putih telur, lalu oleskan putih telur itu ke wajahmu, bisa kamu jadikan masker. Diamkan semalam, lalu keesokannya kamu bilas hingga bersih.

8. Lemon.

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan dapur pixabay

foto: freepik.com

Lemon adalah bahan paling umum yang dapat kamu temukan dengan mudah di hampir setiap dapur. Jus lemon kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk kulit kamu. Ini dapat membantu dalam mengobati jerawat dan mengangkat sel kulit mati. kamu dapat mencampur jus lemon dengan madu atau air mawar dan mengoleskannya pada kulit kamu.

9. Daun teh hijau.

Cara menghilangkan jerawat dengan bahan dapur pixabay

foto: freepik.com

Dilansir dari ndtv.com, seorang Konsultan Dermatologis dari Rumah Sakit CMI Aster, India bernama Shireen Furtado menjelaskan, teh hijau adalah antioksidan yang kuat. Teh hijau dapat mencegah peradangan yang disebabkan oleh UV. Kamu bisa menggunakan daun teh hijau untuk mengobati jerawat. Buat masker atau gosok wajah dengan teh hijau secara langsung.

RECOMMENDED

(brl/lea)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

9 Cara menghilangkan jerawat dengan bahan dapur, ampuh dan cepat.
Cara mudah dan alami menghilangkan jerawat.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/9-cara-menghilangkan-jerawat-dengan-bahan-dapur-ampuh-dan-cepat-1910015.html
SEND
Loading...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP