Brilio.net - Sakit influenza bisa menyerang siapa saja. Penderita flu biasanya akan mengalami sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, hingga batuk. Penyakit ini terlihat wajar dan sudah biasa, tapi flu merupakan penyakit yang mudah menular ke orang lain. Penyakit ini juga bisa membuat penderitanya tidak nyaman bahkan saat tidur sekalipun.

Flu kerap disebabkan oleh virus yang menyerang. Biasanya gejalanya membuat lemah sehingga tubuh tidak bisa mencegah dan menyembuhkan diri dari virus. Perbanyak istirahat, minum air putih yang banyak, dan mengonsumsi makanan bergizi untuk meredakan gejala flu.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan pengobatan herbal sendiri di rumah. Ada banyak pengobatan ala rumahan yang dapat meringankan gejala flu dan membuat tubuh kembali normal. Salah satunya adalah menggunakan tanaman obat alami yang berasal dari alam.

Jika kamu sedang dalam kondisi tidak sehat karena flu, berikut jenis tanaman apa saja yang bisa dipakai untuk obat. Nah, berikut 8 tanaman obat flu yang ampuh dan mudah didapat, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (16/2).

1. Jahe.

tanaman herbal obat flu © Instagram

foto: freepik.com



Dilansir dari healthline, manfaat tanaman jahe untuk menjaga kesehatan telah dipuji selama berabad-abad. Beberapa irisan jahe mentah yang direbus ke dalam air mendidih dapat membantu meredakan batuk atau sakit tenggorokan. Tanaman jahe memperlihatkan juga bisa menangkal perasaan mual yang sering menyertai influenza.

Loading...

2. Bawang putih.

tanaman herbal obat flu © Instagram

foto: freepik.com



Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang kerap disebut memiliki sifat antimikroba. Salah satu manfaat yang bisa diperoleh dari bawang putih adalah mengurangi keparahan gejala flu. Umbi dari tanaman bawang putih ini bisa dicampurkan ke dalam makanan untuk mengurangi bau menyengat.

3. Echinacea.

tanaman herbal obat flu © Instagram

foto: Instagram/@ccamullet



Echinacea merupakan tanaman bunga herbal yang sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu. Tanaman bunga cantik ini mengandung alkamida, asam kafein, glycoprotein, polysakarida, dan kandungan yang baik untuk aktivitas anti inflammatory, serta stimulus imun. Dengan mengonsumsi echinacea dapat menurunkan risiko terkena flu biasa hingga lebih dari 50 persen.

Kandungan flavonoid di dalamnya dapat meningkatkan sistem kekebalan dan mengurangi peradangan. Tanaman bunga echinacea juga dapat mengurangi rentang waktu penyakit pilek. Untuk orang dewasa, konsumsi 1 hingga 2 gram akar atau ramuan echinacea sebagai teh. Bisa diminum tiga kali sehari, tidak lebih dari satu minggu.

4. Jintan.

tanaman herbal obat flu © Instagram

foto: freepik.com



Daun dan biji tanaman jintan mengandung minyak atsiri dan senyawa kalium yang biasa dimanfaatkan sebagai ramuan pereda flu. Saat sedang flu, gejala yang paling sering dialami penderita adalah demam dan pilek.

Nah, kandungan pada daun jinten ini dipercaya sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kemudian dapat merangsang keringat dan juga mempercepat proses pemulihan penyebab demam.

Selain bisa meredakan gejala flu, tanaman jintan juga dikenal ampuh untuk membantu mencegah sel kanker, merawat kesehatan kulit, mengurangi stres, mencegah sindrom usus, menangkal sariawan, menjaga tekanan darah, meredakan nyeri pusing, menangkal radikal bebas, dan masih banyak lagi lainnya.

5. Pegagan.

tanaman herbal obat flu © Instagram

foto: Instagram/@dryanti_natura



Tanaman pegagan yang berwarna hijau ini mengandung saponin, alkaloida, flavonoid, dan polifenol. Tanaman herbal ini kerap dipakai untuk meningkatkan imun tubuh, meredakan gejala flu, obat sariawan, penurun demam, mengatasi batuk kering, dan meningkatkan nafsu makan.

6. Daun meniran.

tanaman herbal obat flu © Instagram

foto: Instagram/@rimpangpintar_official



Faktor penyakit flu muncul adalah karena imun tubuh menurun. Nah, tanaman ini herbal meniran dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi untuk melawan radikal bebas dan berguna untuk memperkuat imunitas tubuh.

Meniran memiliki daun hijau berbentuk kecil dan sering dijumpai di daerah yang beriklim tropis dan subtropis. Tak hanya daunnya saja, beberapa bagian seperti batang dan akar juga berguna sebagai obat herbal.

7. Mengkudu.

tanaman herbal obat flu © Instagram

foto: freepik.com



Tanaman herbal berikutnya yang berguna untuk meningkatkan imun dan melawan flu adalah mengkudu. Mengkudu memiliki kandungan scopoletin yang membuatnya berperan sebagai antibakteri, anti-inflamasi, dan anti jamur yang berguna untuk menangkal patogen yang berbahaya.

Tanaman mengkudu memiliki rasa yang cukup getir, tapi di dalamnya ternyata terdapat kandungan vitamin C dan beta karoten yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

8. Kencur.

tanaman herbal obat flu © Instagram

foto: freepik.com



Kencur adalah salah satu tanaman herbal yang berguna untuk memperkuat sistem imunitas pada tubuh. Tidak jauh berbeda dengan jahe, fungsi kencur ini juga dapat membantu sistem pernapasan agar tetap bekerja dengan baik. Kencur dapat meningkatkan sel-sel spleen dan peritoneal yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas pada tubuh.

Jika kamu masih merasa sakit setelah beberapa minggu setelah melakukan perawatan herbal, buatlah janji dengan dokter. Jika kamu mengalami kesulitan bernapas, detak jantung cepat, pingsan, atau mengalami gejala parah lainnya, segera dapatkan bantuan medis.



RECOMMENDED