Brilio.net - Bagi kamu yang suka masak pasti familiar dengan tepung tapioka. Namun, bagi orang awam, mungkin tak mengetahui perbedaan tepung tapioka dengan tepung lainnya. Ya, tepung tapioka sendiri memiliki beberapa nama lain seperti tepung kanji atau tepung singkong. Tepung ini didapat dari ekstrak atau sari pati umbi singkong.

Biasanya tepung tapioka digunakan sebagai bahan makanan. Mulai dari tambahan untuk membuat bubur kacang hijau, cireng, cilok, bakso aci, dan banyak lainnya. Nah, ternyata tepung ini bebas gluten sehingga bisa dikonsumsi mereka yang alergi terhadap gluten. Tepung tapioka juga mengandung selenium, tembaga, kalsium, mangan, zat besi, vitamin B6, asam folat, serta panthothenic.

Diketahui kandungan nutrisinya tersebut memiliki banyak manfaat, baik untuk kecantikan maupun kesehatan badan. Dengan mengandung banyak vitamin, protein serta karbohidrat juga kolesterol yang baik ini membuatnya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, salah satunya juga dapat mencerahkan kulit. Untuk menggunakannya pun ada yang dijadikan masker maupun dikonsumsi dalam bentuk makanan.

Berikut ulasannya dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, 8 manfaat tepung tapioka untuk kecantikan & kesehatan, pada Selasa (13/10).

Loading...

1. Mencerahkan kulit.

manfaat tapioka freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat tapioka yang pertama yaitu membantu membersihkan jerawat, bekas luka pada dan mencerahkan kulit. Tapioka dapat digunakan untuk mendetoksifikasi kulit agar lebih cerah dan halus. Cara penggunaannya yakni dengan menjadikan masker.

Pertama ambil sebanyak 20 gr tapioka dan campurkan dengan bubuk kacang hijau sebanyak 20 gr dan satu sendok teh madu. Setelah tercampur rata, gosokkan pada kulit kamu. Setelah itu diamkan di kulit sekitar 20 atau 30 menit. Terakhir bilas kulit wajah dengan air dingin.

2. Menghilangkan sel kulit mati.

manfaat tapioka freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat tapioka selanjutnya yakni membantu membersihkan kulit dengan membuang sel-sel kulit mati. Nah, jika kamu ingin menggunakan tapioka untuk menghilangkan sel kulit mati, berikut caranya. Pertama, campurkan satu sendok teh tapioka dengan 1/2 kuning telur dan 3 stroberi. Lalu aduk rata, gosokkan di kulit wajah kamu. Setelah itu diamkan selama 15 menit, dan bilas menggunakan air hangat.

3. Mengatasi biang keringat pada bayi.

manfaat tapioka freepik.com

foto: freepik.com

Biang keringat sering terjadi pada bayi dan anak-anak, apalagi ketika mereka tinggal di daerah dengan suhu tinggi dan panas. Meski umumnya biang keringat bisa hilang dengan sendirinya, namun biang keringat dapat diatasi dengan cara alami yakni memanfaatkan tepung tapioka.

Karena tepung kanji bersifat dingin, jadi ini sangat efektif mengatasi biang keringat. Caranya adalah, basahi tepung kanji hingga membentuk adonan seperti masker. Lalu oleskan ke kulit bayi yang mengalami biang keringat secara merata dan hati-hati. Pastikan saat kulit tidak dalam kondisi berkeringat. Jika tepung kanji sudah kering, kemudian dilap dan bersihkan sisa tepungnya.

4. Menjaga tekanan darah tetap optimal.

manfaat tapioka freepik.com

foto: freepik.com

Tepung tapioka memiliki manfaat yakni menjaga kesehatan dari tekanan darah sehingga tetap optimal dalam kinerjanya. Potasium diketahui merupakan salah satu mineral penting dalam tepung tapioka. Kegunaannya adalah untuk mengurangi stres dan juga ketegangan yang diciptakan oleh pembuluh darah. Zat-zat itulah juga yang bisa membantu dalam peningkatan aliran darah bagi tubuh manusia dan mengurangi tekanan yang terdapat pada kardiovaskular manusia.

5. Mengobati flu, sakit kepala dan demam.

manfaat tapioka freepik.com

foto: freepik.com

Ketika kamu mengalami meriang, seperti flu, sakit kepala, dan demam, kamu dapat memanfaatkan tepung tapioka sebagai obat alami. Selain mudah di dapat cara menggunakannya pun sangat mudah. Pertama, campurkan 12 gr tapioka dengan sedikit gula dan air. Kemudian aduk rata dan terakhir meminumnya. Cara ini dipercaya dapat mengatasi masalah dari flu hingga demam.

6. Menjaga kesehatan pencernaan.

manfaat tapioka freepik.com

foto: freepik.com

Tepung tapioka diklaim dapat membantu memelihara kesehatan pencernaan. Hal ini karena serat makanan yang dapat dengan mudah ditemukan di tapioka. Seperti kita ketahui serat memiliki peran penting dalam meningkatkan kondisi tubuh termasuk pencernaan. Oleh karena itu, tapioka dapat membantu menghilangkan konstipasi, nyeri usus, dan kembung, serta beberapa gangguan yang lebih serius seperti kanker kolorektal.

7. Menguatkan tulang.

manfaat tapioka freepik.com

foto: freepik.com

Salah satu manfaat yang luar biasa dari tapioka untuk kesehatan adalah meningkatkan kesehatan tulang. Tepung kanji mengandung zat besi, kalsium, dan vitamin K yang membantu mencegah osteoporosis dan osteoarthritis. Namun, jika kamu mengonsumsi tapioka lebih sering, tulang akan dilindungi dan dikembangkan atau bahkan dipertahankan ketika kita semakin tua.

8. Menambah berat badan.

manfaat tapioka freepik.com

foto: freepik.com

Jika kamu merasa kekurangan berat badan, konsumsilah tepung kanji. Sebab tepung ini kaya karbohidrat sehat namun tidak mengandung lemak jenuh atau tinggi kalori. Selain itu tapioka juga baik bagi perkembangan otot. Hal ini karena tapioka merupakan sumber protein dalam jumlah besar dan dapat meningkatkan pertumbuhan otot serta menguatkannya.

RECOMMENDED