Brilio.net - Lengkuas merupakan salah satu rempah-rempah yang kerap ada di makanan seperti rendang atau semur. Rempah yang satu ini memiliki kulit yang kasar beruas, serta daging yang keras dan berserat. Dalam masakan, lengkuas menjadi penyedap karena memiliki aroma yang khas.

Ternyata tak hanya menjadi penyedap pada masakan saja, lengkuas juga kerap dijadikan sebagai obat tradisional yang bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Hal ini dikarenakan rempah-rempah mengandung galangin, beta-sitosterol, quercetin, alpin, dan flavonoid lainnya yang baik untuk tubuh. Selain itu, rempah ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, serat makanan, dan karbohidrat yang baik.

Cara pengolahannya juga cukup mudah, dimana biasanya orang hanya cukup merebus lengkuas dan kemudian meminum air rebusan lengkuas tersebut secara teratur. Nah kira-kira apa saja ya manfaat lengkuas untuk kesehatan? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (12/11).


1. Mengatasi rematik.

Manfaat lengkuas untuk kesehatan freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Penyebab rematik adalah sistem imun tubuh yang menyerang sendi. Sendi yang terserang ini akan mengalami peradangan yang akan merusak sendi dan tulang.

Ligamen dan otot pun dapat juga mengalami kelemahan yang nantinya dapat mengubah bentuk sendi. Nah untuk mengatasi ini, kamu cukup mengonsumsi lengkuas secara rutin.

Caranya:
1. Parut 2 batang lengkuas seukuran ibu jari, kemudian peras dan saring airnya
2. Tambahkan 1 butir telur ayam kampung, ambil bagian kuningnya saja
3. Campurkan kedua bahan menjadi satu, lalu diminum.


2. Melindungi dari infeksi.

Manfaat lengkuas untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Minyak atsiri yang diekstrak dari lengkuas dapat melawan berbagai mikroorganisme. Dilansir dari healthline.com, dari hasil penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa lengkuas dapat membunuh bakteri berbahaya, termasuk E. coli, Staphyloccocus aureus, dan Salmonella Typhi.

Kamu cukup mengonsumsi air rebusan lengkuas secara rutin. Selain itu, kamu juga memarut lengkuas, kemudian peras dan minum perasan air lengkuas tersebut.


3. Meningkatkan kesuburan pria.

Manfaat lengkuas untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Dilansir dari healthline.com, sebuah penelitian pada hewan, jumlah dan pergerakan sperma meningkat pada tikus yang diberi ekstrak lengkuas. Tak hanya itu, dalam sebuah studi selama 3 bulan yang melibatkan 66 pria dengan kualitas sperma yang rendah, terjadi 62 persen peningkatan pergerakan sperma setelah diberi suplemen harian yang mengandung ekstrak lengkuas dan buah delima.

Caranya:

1. Parut beberapa barang lengkuas, kemudian peras dan ambil airnya.
2. Kemudian tambahkan perasan jeruk nipis
3. Tambahkan pula 1 sendok teh merica, dan garam secukupnya
4. Campur menjadi satu dan minum ramuan tersebut.


4. Meningkatkan kesehatan otak.

Manfaat lengkuas untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Lengkuas juga dapat meningkatkan kesehatan otak seseorang. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya. Dengan rutin mengonsumsi rebusan atau perasan lengkuas, maka dapat mengurangi plak beta-amyloid di otak dan mencegah timbulnya penyakit berbahaya.


5. Mengobati diabetes.

Manfaat lengkuas untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Menurut informasi dari stylecraze, lengkuas ternyata dapat menghilangkan bakteri patogen penyebab penyakit diare, seperti laktosa dan fruktosa. Tak hanya itu saja, lengkuas juga dapat mencegah metabolisme karbohidrat dan meminimalkan lonjakan glukosa dalam darah. Hal ini menjadi salah satu manfaat dari nutrisi di dalam lengkuas yang setara dengan obat antidiabetik sintetik.

Polifenol, alkaloid, triterpen, steroid, dan karbohidrat yang yang aktif bekerja di dalam lengkuas sehingga bisa melindungi berbagai organ penting dalam tubuh. Kamu bisa meraciknya sendiri, seperti merebus dan meminum air rebusan tersebut, atau di parut dan peras ekstrak dari lengkuas dan meminumnya secara rutin.


6. Melindungi dari kanker.

Manfaat lengkuas untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Lengkuas adalah anggota keluarga Zingiberaceae, yang juga termasuk jahe, kunyit, dan kapulaga. Kelompok tumbuhan ini mengandung fitokimia yang terkait dengan pencegahan kanker, hal ini berkat sifat antioksidan dan antikarsinogenik yang terkandung di dalamnya.

Dilansir dari conserve-energy-future.com, galangin, flavonoid yang ditemukan di lengkuas, telah terbukti memerangi genotoksisitas kimiawi. Galangin juga dikaitkan dengan apoptosis yang berfungsi untuk membunuh sel-sel berbahaya. Sebuah studi oleh Ha TK et al menemukan bahwa galangin menginduksi apoptosis sel kanker usus besar manusia HCT-15 dan HT-29.

Cara pengolahannya sama, kamu cukup minum rebusan lengkuas atau memeperas ekstrak dari lengkuas. Agar terasa lebih segar, kamu bisa menambahkan jeruk nipis.


7. Meringankan batuk dan sakit tenggorokan.

Manfaat lengkuas untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Batuk dan sakit tenggorokan sangat mengganggu, bahkan membuat seseorang bisa kehilangan nafsu makan. Dilansir dari drhealthbenefits, lengkuas dapat bertindak sebagai ekspektoran dan berguna untuk mengobati penyakit pernapasan, seperti batuk dan sakit tenggorokan.

Kamu dapat mencampur bubuk lengkuas atau beberapa irisan lengkuas ke dalam air panas, lalu tambahkan jeruk nipis ke dalamnya. Kemudian biarkan hingga beberapa menit, setelah tidak terlalu panas kamu dapat mengonsumsinya.


8. Menjaga kesehatan kulit.

Manfaat lengkuas untuk kesehatan freepik.com

foto: freepik.com

Seperti yang diketahui antioksidan mendukung kesehatan kulit. Lengkuas juga dapat bekerja dengan baik dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Dilansir dari conserve-energy-future.com, dalam penelitian in vivo yang diterbitkan di Costetics and Toiletries, para ilmuwan menyatakan bahwa ekstrak lengkuas meningkatkan produksi asam hialuronat. Yang mengejutkan, para peserta melaporkan ketika mereka menggunakan dan mengonsumsi ekstrak lengkuas secara rutin, kerutan pada wajah berangsur hilang.

Lengkuas juga meredakan eksim, rasa terbakar dan gatal, serta infeksi jamur. Dengan dosis vitamin C yang sehat, lengkuas juga membantu peremajaan kulit. Kamu dapat menggunakan lengkuas sebagai obat alami untuk kesehatan kulit. Caranya dengan mengoleskan daging lengkuas pada area kulit yang infeksi atau mengalami panu sebanyak dua sampai tiga kali dalam sehari.

RECOMMENDED