8 Manfaat jahe untuk diet paling efektif

8 Manfaat jahe untuk diet paling efektif

Brilio.net - Salah satu rempah-rempah yang sering digunakan untuk obat adalah jahe. Rempah-rempah jenis ini sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu digunakan sebagai obat herbal tradisional. Manfaat jahe memang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehatapabila dikonsumsi sesuai porsi.

Ciri-ciri yang paling terlihat dari tanaman rimpang ini adalah baunya yang khas. Serta memiliki rasa pedas yang terkandung pada jahe sangat ampuh membuat badan menjadi hangat bila dikonsumsi. Jahe sering digunakan untuk campuran bumbu dapur

Seiring dengan perkembangan zaman banyak olahan dari bahan jahe. Misalnya saja permen jahe, wedang jahe, selai jahe, dan dodol jahe. Namun banyak orang yang belum mengetahui salah satu manfaat air jahe yakni untuk diet.

Biasanya banyak orang yang salah dan menganggap diet harus dengan cara mengurangi asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Padahal selain mengatur pola makan yang baik dan teratur harus diimbangi dengan hidup sehat seperti berolahraga, makan makanan bergizi dan hidup sehat lainnya.

Dalam bahasa Latin jahe dikenal dengan istilah Zingiber officinale. Jahe diyakini sebagai salah satu bahan untuk diet yang aman dan alami untuk tubuh. Dengan cara mengonsumsi air jahe secara rutin sesuai porsi dapat bermanfaat untuk diet. Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (17/10), 8 manfaat jahe untuk diet paling efektif.

1. Mengendalikan nafsu makan.

8 Manfaat jahe untuk diet paling efektif

foto: freepic.com

Permasalahan yang kerap saat diet adalah mengendalikan rasa lapar. Banyak orang gagal diet karena tak tahan dengan rasa lapar. Ini karena saat diet orang akan membatasi asupan makanan harian pada tubuh.

Oleh karena itu jahe berfungsi menekan nafsu makan, sehingga lambung akan terasa kenyang lebih lama. Kandungan hormon leptin pada jahe yang memberikan sinyal pada sel-sel syaraf apabila tubuh merasa sudah cukup akan asupan makanan, sehingga dapat mengatur yang sesuai.

2. Mempercepat pembakaran lemak.

8 Manfaat jahe untuk diet paling efektif

foto: freepic.com

Manfaat jahe selanjutnya adalah mempercepat pembakaran lemak. Kamu bisa memimum air jahe untuk membantu mengeluarkan keringat dari dalam tubuh kamu. Setidaknya mengonsumsinya secara rutin, selama 3-4 gelas sehari. Apabila keringat keluar, kondisi ini akan membakar timbunan lemak di perut bersamaan dengan pengeluaran racun dalam tubuh.

3. Melancarkan fungsi metabolisme.

8 Manfaat jahe untuk diet paling efektif

foto: freepic.com

Jahe sangat mengandung banyak manfaat seperti vitamin B khususnya B5 dan B6, manfaat vitamin C, manfaat potasium, gingerol, dan manfaat magnesium. Jika kamu mengonsumsi air jahe bakal mendukung sistem metabolisme dan regenerasi sel yang kompleks pada organ tubuh. Tak heran jika jahe digunakan untuk obat herbal bagi kesehatan, kecantikan bahkan untuk diat karena kandungan mineralnya yang beragam.

4. Melebarkan pembuluh darah.

8 Manfaat jahe untuk diet paling efektif

foto: freepic.com

Selain melancarkan metabolisme tubuh, jahe juga berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah yang membakar kalori sehingga tubuh menjadi panas atau hangat dan aliran darah pun menjadi lancar. Jahe hanya mengandung sedikit kalori, sehingga tidak berkontribusi untuk menaikkan berat badan. Agar hasilnnya maksimal, kamu perlu mengonsumsi jahe secara rutin.

5. Mengurangi kadar kolesterol.

8 Manfaat jahe untuk diet paling efektif

foto: freepic.com

Kolesterol jahat sangat berbahaya bagi tubuh, baik untuk orng yang sedang melakukan diet maupun yang tidak melakukan diet. Kolesterol jahat dapat berpengaruh dan menyebabkan penyakit jantung dan stroke yang bisa berakhir dengan kematian. Air jahe dapat menurunkan kadar kolesterol jahat agar tidak terjadi penyumbatan darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan sehat.

6. Melancarkan kesehatan pencernaan.

8 Manfaat jahe untuk diet paling efektif

foto: freepic.com

Air jahe juga bermanfaat melancarkan kesehatan saluran pencernaan menjadi lebih sehat dan menyerap sari-sari makanan dengan optimal. Sehingga pemecahan senyawa kompleks termasuk lemak akan lebih baik. Lebih baiknya jika kamu mengonsumsi sebelum makan siang dengan porsi yang sesuai.

7. Bersifat anti-mikroba dan anti-virus.

8 Manfaat jahe untuk diet paling efektif

foto: freepic.com

Jahe juga mengandung zat antioksidan yang bersifat analgesik, anti-mikroba dan juga anti-virus. Zat ini ampuh memangkal radikal bebas maupun zat-zat berbahaya seperti virus dan bakteri.

Sehingga air jahe yang dikonsumsi sangat baik untuk menopang kesehatan tubuh bagi orang diet. Karena biasanya orang melakukan diet ketat akan rentan terhadap penyakit apabila tubuh tidak kuat. Bagi orang yang memiliki aktivitas padat sangat baik mengonsumsi jahe sebelum sarapan pada gagi hari.

8. Mengurangi produksi hormon korstisol.

8 Manfaat jahe untuk diet paling efektif

foto: freepic.com

Biasanya orang yang memiliki banyak pikiran dan stress cenderung mangalihkan pikirannya dengan banyak makan dan tidak terkontrol. Tanpa disadari hal ini merupakan hasil kerja dari hormon kortisol.

Hormon kortisol merupakan hormon yang terbentuk dalam kadar yang tinggi apabila seseorang sedang dalam keadaan stres, dan menimbulkan rasa lapar sehingga selalu ingin makan. Jahe dapat menekan produksi hormon kortisol, selain itu juga memberikan rasa hangat dan kesegaran pada syaraf, sehingga dapat mencegah keinginan untuk makan.

(brl/lea)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya