Brilio.net - Menjadi seorang ibu, akan membuatmu menemukan banyak pengalaman baru. Mulai dari mengandung sampai dengan merawat buah hati. Terkadang tantangan nggak hanya datang saat 9 bulan mengandung si kecil. Saat ia lahir pun fokusmu akan teralihkan pada segala kebutuhan anak. Namun kamu juga jangan sampai melupakan kebutuhan yang diperlukan seorang ibu. Terlebih lagi untuk kamu yang sedang menikmati momen memberikan ASI pada si buah hati.

Yaps, asupan nutrisi pada ibu menyusui penting untuk diperhatikan lho. Pemilihan bahan makanan yang sehat hingga tidur yang cukup diperlukan ibu menyusui. Pasalnya akan ada banyak energi yang terkuras ketika merawat si kecil. Jadi jangan sampai ibu justru jadi jatuh sakit karena mengesampingkan kesehatannya. Selain itu, permasalahan yang kerap muncul pada ibu menyusui adalah kendala ASI yang tidak lancar. Dan hal ini pun sering dikeluhkan banyak ibu.

Maka dari itu, penuhi kebutuhan ibu menyusui dengan asupan makanan pelancar ASI. Kamu bisa mendapatkannya dari bahan-bahan alami yang sehat untuk tubuh. Kamu juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik untuk tubuhmu. Nah tapi apa saja sih bahan makanan yang bisa memperlancar produksi ASI ibu? Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net pada Selasa (5/1) dari healthline.com.

1. Smoothies labu.

Makanan pelancar ASI   © freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Labu jadi salah satu bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi penting di dalamnya. Apalagi untuk ibu menyusui, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat untuk diri sendiri dan juga si kecil. Salah satu cara untuk mendapatkan manfaatnya adalah dengan mengolah menjadi smoothies labu. Perpaduan susu dan labu dapat menjadi bahan sehat untuk memperlancar ASI. Jangan lupa, dalam memilih penggunaan susu akan lebih baik pilih susu yang kaya akan vitamin A, vitamin D, kalsium, dan vitamin B12 untuk menunjang kebutuhan saat menyusui.

2. Muffin blueberry.

Makanan pelancar ASI   © freepik.com

foto: freepik.com

Rasanya sulit deh untuk menolak muffin. Kue panggang ini selalu cocok jadi camilan dalam berbagai acara. Dengan bentuknya yang kecil, kamu bisa melahapnya dengan satu kali makan. Nah untuk ibu menyusui, kamu bisa berkreasi dengan muffin blueberry. Kamu bisa menambahkan biji rami, dan juga madu sebagai tambahan bahan sehat lainnya. Sehingga kandungan manis di dalamnya akan lebih sehat daripada penggunaan gula pasir terlalu banyak.

3. Olahan oat.

Makanan pelancar ASI   © freepik.com

foto: freepik.com

Olahan oat juga jadi menu yang bisa dicoba para ibu menyusui nih. Pasalnya oat dikenal mengandung banyak serat yang baik. Selain itu kandungan di dalamnya juga bisa menjadi penambah energi, pereda stres, dan juga menghilangkan rasa lelah. Agar semakin lengkap, cobalah berkreasi dengan menambahkan biji chia, biji kenari, dan juga tambahan berbagai jenis buah. Cara ini bisa jadi asupan makanan yang sehat untuk ibu menyusui.

4. Salad salmon.

Makanan pelancar ASI   © freepik.com

foto: freepik.com

Pasti kamu nggak asing lagi dengan manfaat ikan salmon. Pasalnya jenis ikan ini kerap dianggap sebagai ikan yang kaya manfaat. Apalagi kalau kamu menyajikannya dengan perpaduan sayuran sebagai semangkuk salad, khasiat yang didapatkan pun akan lebih banyak. Karena di dalamnya kamu bisa mendapatkan protein, lemak sehat, dan nutrisi dalam sayur yang baik untuk tubuh.

5. Telur dadar.

Makanan pelancar ASI   © freepik.com

foto: freepik.com

Jangan ragu untuk menambah asupan lemak sehat saat kamu menyusui. Telur dadar adalah pilihan lain yang bisa dinikmati ibu menyusui untuk menambah tenaga. Selain sehat, menu ini juga praktis untuk dibuat. Nah agar mendapatkan nutrisi baik yang lebih banyak, kamu bisa menambahkan beberapa nutrisi dari sayuran hijau. Selain telur, asupan lemak sehat juga bisa kamu peroleh dari keju cheddar dan juga alpukat.

6. Smoothie hijau.

Makanan pelancar ASI   © freepik.com

foto: freepik.com

Yaps, dari namanya kamu pasti sudah bisa membayangkan bagaimana sajiannya, bukan? Satu porsi smoothie dari sayuran segar akan membuat tenaga ibu menyusui kembali penuh. Menu ini jadi sumber kalori yang cepat untuk tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan menyusui, kamu bisa juga menambahkan susu kedelai agar bisa mendapatkan manfaatnya. Tambahan berupa buah stroberi juga akan menyempurnakan kesegaran smoothie-mu.

7. Sup ayam kunyit.

Makanan pelancar ASI   © freepik.com

foto: freepik.com

Kunyit jadi bumbu dapur yang bisa menjadi penolong banyak permasalahan. Meski memiliki bentuk kecil, namun kunyit mampu mendukung kebutuhan nutrisi kala menyusui. Nggak hanya memberikan manfaat ibu menyusui, kunyit yang terkenal mengandung sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu proses penyembuhan setelah melahirkan. Nah kamu bisa nih mengolahnya menjadi sajian sup ayam kunyit. Menu ini bisa menjadi jawaban untuk menambah energi untuk ibu menyusui. Apalagi daging ayam mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin C, kalsium, hingga zat besi.

8. Olahan kaldu tulang.

Makanan pelancar ASI   © freepik.com

foto: freepik.com

Kamu pernah mencobanya? Di dalam menu olahan kaldu tulang kamu bisa mendapatkan asam amino, kolagen, dan mineral yang dibutuhkan untuk memulihkan tubuh setelah melahirkan. Agar menambah kenikmatan rasanya, kamu bisa memasukkan beberapa jenis sayur dan bumbu perasa agar bisa lebih mudah menikmatinya.



RECOMMENDED