Brilio.net - Sudah menjadi rahasia umum bahwa setiap orang menginginkan tubuh langsing dan berat badan ideal. Demi mewujudkannya, segala cara mereka lakukan, mulai dari mengonsumsi obat pelangsing, mengontrol makan, olahraga rutin dan juga melakukan diet sehat.

Ada beberapa usaha orang yang memang terkadang memberikan dampak buruk untuk tubuh, misalnya mengonsumsi obat tanpa adanya anjuran dari dokter, melakukan diet dengan tidak memikirkan asupan gizi pada tubuh. Memang berat badan akan turun, namun kesehatan tubuh menjadi taruhannya.

Melakukan diet sehat merupakan salah satu hal yang perlu kamu ketahui agar tidak memberikan dampak buruk pada kesehatan. Cara diet sehat yakni tidak membiarkan tubuh kelaparan. Diet dengan menahan lapar secara berlebihan biasanya justru akan menjadi jalan untuk balas dendam dengan makan berlebihan.

Hal lain yang perlu diketahui adalah asupan nutrisi pada tubuh. Selama diet kamu harus memikirkan asupan sehat untuk tubuh kamu. Tubuh setidaknya membutuhkan 5 porsi buah dan sayuran dalam sehari guna memenuhi nutrisi yang kamu butuhkan.

Ada sebagian orang beranggapan, makanan untuk diet itu mahal. Karena jika diperhitungkan setiap hari mengonsumsi makanan buah-buahan saja sudah menguras kantong, karena harganya lumayan mahal. Padahal masih banyak makanan diet murah lainnya yang bisa kamu dapatkan lho. Berikut ini ada beberapa makanan diet ramah kantong yang bisa kamu dapatkan, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (3/8).


1. Ubi.

Makanan diet ramah kantong © 2020 brilio.net

foto: freepik.com


Ubi menjadi makanan yang sangat murah dan mudah kamu jumpai. Selain murah, ubi juga sangat enak rasanya serta kandungan gizinya baik untuk tubuh. Ubi mengandung banyak vitamin seperti vitamin A dan B6 yang kaya akan serat dan mengandung nutrisi. Kandungan itu memberikan rasa kenyang untuk kamu.

Loading...


2. Nasi merah.

Makanan diet ramah kantong © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Jika biasanya kamu mengonsumsi nasi putih, coba deh sekarang makan nasi merah. Beras merah mengandung banyak nutrisi jika dibandingkan dengan beras putih. Serat yang terkandung dalam beras merah akan membuat kamu tidak mudah lapar.


3. Pepaya.

Makanan diet ramah kantong © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Pepaya jenis buah yang mudah dijumpai dan memiliki harga sangat murah. Buah kaya akan kandungan berupa vitamin A dan C yang tinggi. Pepaya juga mengandung banyak nutrisi. Satu buah pepaya setidaknya mengandung 235 mg vitamin C. Jumlah tersebut 2–3 kali lebih banyak dari rekomendasi harian yang disarankan.


4. Buncis.

Makanan diet ramah kantong © 2020 brilio.net

foto: freepik.com


Buncis termasuk salah satu jenis sayuran jenis kacang-kacangan yang mudah diolah. Jadi tidak perlu bingung mengolahnya seperti apa. Tidak hanya mengandung protein, buncis juga kaya serat yang bisa membantu mendetoksifikasi tubuh sekaligus memuaskan rasa lapar.


5. Teh hijau.

Makanan diet ramah kantong © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Sejak lama teh hijau dikenal memiliki khasiat yang cukup baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk diet. Tak hanya itu saja, teh hijau juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi otak. Ketika kamu merasa depresi dan cemas, teh hijau juga bisa menjadi penenang terbaik.


6. Telur.

Makanan diet ramah kantong © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Telur merupakan makanan sehari-hari yang memiliki daya tahan yang cukup lama. Harganya juga tidak mahal, sehingga sangat ramah kantong. Telur kaya akan nutrisi, baik untuk kesehatan dan juga bisa menurunkan berat badan. Pasalnya telur menjadi sumber protein yang tinggi hingga mampu membuat kenyang lebih lama.


7. Kembang kol.

Makanan diet ramah kantong © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kembang kol memiliki kandungan serat yang tinggi dan berperan besar untuk menurunkan berat badan. Lebih baik mengonsumsi kembang kol dengan cara direbus, kemudian olah makanan sesuai selera kamu. Sayuran dengan harga murah dan tinggi khasiat ini juga bisa menangkal penyakit kanker.


8. Oatmeal.

Makanan diet ramah kantong © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Oatmeal memang sudah dikenal menjadi makanan untuk diet. Oatmeal mengandung serat yang cukup tinggi sehingga bisa membuat kamu kenyang lebih lama.

Oatmeal juga sangat baik untuk melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular. Saat mengolah oatmeal, pastikan untuk tidak terlalu banyak menambahkan gula.


RECOMMENDED