8 Makanan cegah vertigo, ampuh tanpa efek samping

8 Makanan cegah vertigo, ampuh tanpa efek samping

Brilio.net - Vertigo adalah salah satu keluhan medis umum dialami oleh banyak orang. Sebagian besar orang mengenali vertigo sebagai penyakit, sebenarnya vertigosendiri bukanlah nama penyakit. Vertigo adalah kumpulan dari beberapa gejala yang terjadi secara tiba-tiba dalam satu waktu tertentu.

Vertigo penyakit di mana penderitanya merasa seolah bergerak padahal tidak. Selain itu muncul perasaan benda-benda di sekitar seakan bergerak, tapi nyatanya tidak. Vertigo bisa diumpakan hampir mirip dengan mabuk perjalanan.

Orang yang mengalami vertigo umumnya merasakan sensasi 'pusing' atau merasa seolah-olah ruangan itu berputar. Meskipun rasa sakitnya hampir seperti sakit kepala pada umumnya, vertigo tidaklah sama dengan sakit kepala ringan.

Dilansir dari healthline.com, ada dua jenis vertigo. Pertama adalah kategori vertigo perifer yang terjadi akibat masalah di telinga bagian dalam atau saraf vestibular. Saraf ini berfungsi menghubungkan telinga bagian dalam dengan otak.

Sedangkan satunya adalah vertigo sentral, vertigo jenis ini menandakan adanya masalah di dalam otak kecil. Otak kecil sendiri adalah bagian dari otak belakang yang bertugas mengontrol koordinasi gerakan dan keseimbangan.

Vertigo juga dapat menyerang saat tidur secara diam-diam. Gejala vertigo yang hebat akan dirasakan seseorang, tak hanya serasa berputar tapi juga hingga susah berjalan, mual dan muntah. Meskipun ada gejala mual dan muntah, vertigo tidak ada kaitannya dengan asam lambung.

Diorita Dyah Prayanti, dokter RS Pusat Otak Nasional, Jakarta mengatakan vertigo muncul saat tidur berkaitan dengan posisi saat tidur, terutama posisi dari kita tidur (berbaring) ke posisi bangun (duduk atau berdiri). Adanya perubahan posisi menjadi penyebab vertigo yang paling sering terjadi.

"Tidak ada hubungannya (mual dan muntah) dengan asam lambung. Kecenderungannya (vertigo) itu bisa karena stres dan kelelahan juga tekanan darah yang rendah," ujar Diorita Dyah seperti dilansir dari Merdeka.

Lalu bagaimana cara mencegah vertigo muncul? Salah satunya dengan cara sederhana dan praktis, yaitu mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan dan nilai gizi yang dapat melawan vertigo muncul. Berikut makanan yang ampuh cegah vertigo dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (12/7).

1. Selai kacang.

8 Makanan cegah vertigo, ampuh tanpa efek samping

foto: pixabay

Kacang kaya akan vitamin B6 bisa meningkatkan metabolisme dan menandakan radikal bebas. Kacang juga mengandung vitamin E yang dapat menjaga elastisitas pembuluh darah. Kamu bisa mengonsumsi kacang secara langsung atau secara olahan seperti selai kacang.

2. Ikan air tawar.

8 Makanan cegah vertigo, ampuh tanpa efek samping

foto: pixabay

Ikan dikenal memiliki kandungan minyak omega tiga yang mampu mengurangi produksi hormon dalam tubuh, yang memicu terjadinya sakit kepala. Ikan tawar banyak mengandung vitamin B6 yang dapat membantu mengurangi timbulnya rasa pusing akibat vertigo.

3. Bayam.

8 Makanan cegah vertigo, ampuh tanpa efek samping

foto: pixabay

Bayam juga menjadi salah satu menu makanan yang mengandung vitamin B6 tinggi. Karena itulah bayam menjadi menu sayur yang cocok untuk bisa mencegah vertigo muncul. Meskipun terlihat sepele, namun daun hijau ini memiliki kandungan manfaat tinggi bagi kesehatan tubuh.

4. Pisang.

8 Makanan cegah vertigo, ampuh tanpa efek samping

foto: pixabay

Pisang mengandung potasium yang dapat meningkatkan energi di dalam tubuh secara cepat. Pisang juga kaya akan vitamin B, serat, karbohidrat, dan vitamin C. Kamu dapat mengonsumsi pisang satu hingga dua buah setiap harinya untuk mencaga energi tubuh dengan baik.

5. Alpukat.

8 Makanan cegah vertigo, ampuh tanpa efek samping

foto: pixabay

Alpukat tak hanya buah yang lezat di makan, namun juga kaya akan manfaat baik untuk tubuh. Alpukat mengandung vitamin B6, lemak tak jenuh (baik) sangat cocok dikonsumsi bagi kamu penderita vertigo atau kamu yang ingin menangkal datangnya vertigo.

6. Jahe.

8 Makanan cegah vertigo, ampuh tanpa efek samping

foto: pixabay

Jahe merupakan obat tradisional untuk penangkal rasa mual dan muntah. Tak hanya berfungsi sebagai pencegah, namun jahe juga dapat efektif dalam mengobati vertigo saat menyerang. Jahe dapat meningkatkan aliran darah di otak dan dengan demikian membebaskanmu dari rasa pusing dan berputar.

7. Almond.

8 Makanan cegah vertigo, ampuh tanpa efek samping

foto: pixabay

Almond sangat bergizi untuk tubuh. Almond kaya akan asam lemak esensial, vitamin dan mineral. Almond juga dapat membantu tubuh untuk mengatasi serangan vertigo. Dapat menyembuhkan rasa lemah, kelelahan dan bahkan sakit kepala yang terjadi karena vertigo. Kamu bisa mengonsumsi segenggam almond setiap pagi.

8. Ginko Biloba.

8 Makanan cegah vertigo, ampuh tanpa efek samping

foto: pixabay

Ginko Biloba memiliki kegunaan sebagai obat yang sangat besar. Efektif dalam mengurangi gejala vertigo seperti sakit kepala, mual dan pusing. Ini juga meningkatkan sirkulasi darah telinga tengah yang menjaga keseimbangan tubuh. Ini adalah salah satu pengobatan rumah herbal terbaik untuk gejala vertigo.

(brl/lea)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya