Brilio
Discover the best food

7 Minuman ini tak boleh dikonsumsi saat perut kosong, bahaya

Kesehatan

7 Minuman ini tak boleh dikonsumsi saat perut kosong, bahaya

Jangan asal minum ya kalau lagi laper...

Home » Kesehatan

02 Juli 2019 08:01, Nur Luthfiana Hardian

Brilio.net - Di saat kamu sudah tidak makan selama berjam-jam, kamu pasti akan merasakan lapar. Saat perut kosong, kamu pasti ingin mengisinya dengan menu makanan yang lezat atau dengan minuman yang segar. Ketika perutmu sedang kosong, tak hanya perut yang keroncongan namun juga tenggorokan terasa kering. Sehingga wajar kalau kamu akan merasa sangat haus.

Namun bagaimana jika kamu sedang sibuk dengan kerja deadline atau aktivitas padat dan tak bisa segera mengisi perut? Kamu mungkin akan mengambil cara instan seperti mengambil segala macam yang mudah untuk dijangkau. Misalnya minuman, yang paling praktis bisa didapatkan dengan membeli di toko atau supermarket terdekat.

Ketika sangat sibuk, orang cenderung tidak terlalu memperdulikan kandungan gizi yang ia konsumsi. Sebab tidak semua minuman baik dikonsumsi saat perut masih kosong. Alih-alih ingin menghilangkan dahaga saat perut kosong, malah membuat perut dan badan menjadi terasa tidak enak.

Nah, minuman apa saja yang seharusnya tidak kamu konsumsi saat perut sedang kosong? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (2/7).

1. Yoghurt.

minuman tak baik dikonsumsi perut kosong pixabay
foto: pixabay

Alih-alih ingin diet mengonsumsi minuman yoghurt, tidak semua yoghurt merupakan pilihan yang baik. Yoghurt buatan atau yang banyak dijual di luar penuh dengan gula tambahan. Akhirnya, tidak semua yoghurt mengandung cukup protein. Selain itu juga kandungan bakteri asam laktat (bakteri baik) yang ada pada yoghurt dapat terbunuh atau hilang oleh asam hidroklorik yang ada di lambung saat kamu belum makan apa pun.


2. Jus jeruk.

minuman tak baik dikonsumsi perut kosong pixabay
foto: pixabay

Minum jus jeruk dengan perut kosong harus dihindari bagi orang yang memiliki perut sensitif. Buah-buahan ber-asam tinggi seperti jeruk, lemon, limau, dan buah anggur dapat berinteraksi secara negatif dengan pencernaan kita. Sehingga dapat menyebabkan iritasi, mulas, dan bahkan hingga masalah lambung.


3. Minuman dingin.

minuman tak baik dikonsumsi perut kosong pixabay
foto: pixabay

Mengonsumsi minuman dingin jenis apa pun pada perut kosong dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan usus. Minuman dingin dapat menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman. Lebih disarankan untuk minum segelas air hangat di pagi hari sebelum sarapan atau ketika perut masih kosong, karena meningkatkan pencernaan, sirkulasi, dan membantu penurunan berat badan.


4. Kopi.

minuman tak baik dikonsumsi perut kosong pixabay
foto: pixabay

Padatnya aktivitas kerjaan, terkadang kamu memilih untuk minum kopi demi mengatasi rasa kantuk. Namun apabila kopi dikonsumsi ketika perut masih kosong, minuman ini akan cukup berbahaya bagi perut. Zat yang ada pada kopi akan merangsang asam klorida di dalam tubuh, membuat perutmu menjadi mulas. Lebih parahnya lagi hingga menyebabkan maag.


5. Minuman bersoda.

minuman tak baik dikonsumsi perut kosong pixabay
foto: pixabay

Sebagian besar mungkin sudah tahu ketika bangun tidur tidak boleh langsung minum soda. Soda mengandung karbonasi sangat tinggi yang bisa menyebabkan perut dingin pada saat perut kosong. Kandungan pada soda dapat merusak selaput lendir perutmu, sehingga memperlambat proses pencernaan makanan.

 

6. Minuman manis.

minuman tak baik dikonsumsi perut kosong pixabay
foto: pixabay

Tak hanya disarankan untuk jangan meminum minuman asam dan bersoda, namun kamu juga perlu menghindari minuman manis pada perut kosong. Kandungan gula dapat membebani kerja hati. Apalagi bagi kamu yang menderita penyakit diabete. Ditambah lagi kalau kamu mengonsumsi minuman dengan pemanis buatan dan olahan, hal itu akan lebih berbahaya bagi kesehatan.


7. Alkohol.

minuman tak baik dikonsumsi perut kosong pixabay
foto: pixabay

Banyak orang yang sebenarnya sudah tahu kalau minum alkohol dapat mengganggu kesehatan. Namun pada kenyataannya masih banyak orang yang senang mengonsumsi minuman yang satu ini. Dilansir dari healthline, minum alkohol saat perut masih dalam keadaan kosong perlu diperhatikan. Apalagi kalau kuantitas alkoholnya banyak dan diminum secara cepat. Hal itu akan sangat berbahaya bagi tubuh. Otak tidak akan bisa berpikir secara jernih hingga gerak badan tidak bisa terkontrol dengan baik.


RECOMMENDED

(brl/lin)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    20%

  • Ngakak!

    10%

  • Wow!

    35%

  • Sedih

    15%

  • Marah

    20%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

7 Minuman ini tak boleh dikonsumsi saat perut kosong, bahaya.
Jangan asal minum ya kalau lagi laper...
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/7-minuman-ini-tak-boleh-dikonsumsi-saat-perut-kosong-bahaya-190701y.html
SEND
Loading...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP