Brilio
Discover the best food

7 Minuman ini mengatasi asam lambung, cocok untuk orang puasa

Kesehatan

7 Minuman ini mengatasi asam lambung, cocok untuk orang puasa

Mampu mengurangi asam lambung yang bergejolak.

Home » Kesehatan

25 April 2019 08:33, Nur Luthfiana Hardian

Brilio.net - Menjaga kesehatan adalah hal utama bagi setiap orang. Sebab lebih baik mencegah daripada mengobati. Namun tidak semua orang memiliki tubuh yang fit dan tidak memiliki penyakit apapun. Ada beberapa orang yang bermasalah dengan perut. Dilansir brilio.net dari dailymail, perut adalah bagian tubuh yang paling sensitif dan rentan akan penyakit.

Salah satu penyakit yang dialami oleh banyak orang adalah asam lambung. Penyakit asam lambung bisa mengganggu aktivitas. Rasa sakit itu bisa timbul secara tiba-tiba. Faktor utama yang menjadi penyebab biasanya karena telat makan dan salah memilih makanan. Maka dari itu, bagi kamu yang memiliki asam lambung harus bisa mengatur pola makan dengan baik dan benar.

Baca juga: 9 Makanan pereda sakit maag, alami tanpa efek samping & murah

Namun bagaimana untuk orang yang sedang berpuasa? Pasalnya asam lambung sering ditakuti bagi orang yang sedang berpuasa. Sebab puasa harus menahan makan dan minum mulai dari sang fajar terbit hingga terbenam. Tak jarang juga asam lambung menjadi alasan kuat yang membuat banyak orang terpaksa harus berhenti puasa atau batal, karena harus minum obat saat asam lambung tiba-tiba naik.

Salah satu cara mudah untuk menangani asam lambung adalah dengan mengonsumsi minuman yang dapat mengatasi asam lambung. Khusus buat kamu yang sedang berpuasa kamu bisa meminumnya ketika sahur atau saat berbuka puasa. Deretan minuman ini tidak hanya berguna untuk mengontrol asam lambung, namun juga bisa diminum oleh setiap orang untuk melepas dahaga.

Berikut minuman yang bisa mengatasi asam lambung, sangat cocok bagi kamu yang sedang berpuasa. Brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (28/4).

1. Air mineral.

minuman menurunkan asam lambung pixabay

foto: pixabay.com

Air mineral adalah minuman yang mudah didapat dan banyak manfaat dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Misalnya memperbaiki pencernaan, sakit perut, melancarkan kerja usus, dan tentunya untuk mengurangi asam lambung. Pasalnya air mineral mengandung PH netral.

2. Air kelapa.

minuman menurunkan asam lambung pixabay

foto: pixabay.com

Air kelapa tanpa pemanis bisa menjadi pilihan bagus bagi penderita refluks asam (asam lambung). Minuman ini adalah sumber elektrolit yang bermanfaat seperti potasium. Air kelapa juga mengandung elektrolit yang dapat meningkatkan keseimbangan PH dalam tubuh terutama sangat penting untuk mengendalikan refluks asam.

3. Susu nabati.

minuman menurunkan asam lambung pixabay

foto: pixabay.com

Susu nabati atau susu rendah lemak dapat digunakan untuk menurunkan asam lambung. Contohnya susu kedelai dan susu almon. Susu almond memiliki komposisi alkali, yang dapat membantu menetralkan keasaman lambung dan meredakan gejala refluks asam. Susu kedelai mengandung lebih sedikit lemak daripada kebanyakan produk susu, menjadikannya pilihan yang lebih aman bagi penderita GERD atau asam lambung.

4. Jus buah atau sayur kandungan asam rendah.

minuman menurunkan asam lambung pixabay

foto: pixabay.com

Jus buah dan sayuran tidak hanya segar dan lezat, namun juga sangat bergizi dan baik untuk menyembuhkan segala penyakit. Salah satunya untuk mengatasi asam lambung. Pilihlah buah yang tidak sedikit mengandung asam. Misalnya jus wortel, jus buah bit, semangka, bayam, mentimun, pir, atau kubis.

5. Teh herbal.

minuman menurunkan asam lambung pixabay

foto: pixabay.com

Teh herbal dapat membantu menenangkan banyak masalah yang terjadi pada perut, seperti gas dan mual. Teh herbal di sini yang dimaksud adalah teh yang bebas dari kafein, bukan teh spearmint atau peppermint. contohnya chamomile, licorice, dan elm licin. Kamu bisa mendapatkan produk ini melalui supermarket terdekat maupun secara online.  

6. Smoothie.

minuman menurunkan asam lambung pixabay

foto: pixabay.com

Smoothie adalah cara yang bagus bagi hampir semua orang untuk memasukkan lebih banyak vitamin dan mineral ke dalam makanan mereka. Smoothie selain juga menjadi pilihan terbaik untuk mereka yang memiliki asam lambung. Saat membuat smoothie, cari buah-buahan rendah asam yang sama dengan jus, seperti pir atau semangka. Juga, coba tambahkan sayuran hijau seperti bayam atau kangkung.

7. Jahe hangat.

minuman menurunkan asam lambung pixabay

foto: pixabay.com

Dilansir dari healthline, jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami, dan merupakan perawatan alami untuk mulas dan masalah pencernaan lainnya. Kamu dapat menambahkan parutan atau irisan jahe ke dalam resep atau smoothie atau minum teh jahe hangat untuk mengurangi gejala.

RECOMMENDED

(brl/vin)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

7 Minuman ini mengatasi asam lambung, cocok untuk orang puasa.
Mampu mengurangi asam lambung yang bergejolak.
https://brilicious.brilio.net/kuliner-kesehatan/7-minuman-ini-mengatasi-asam-lambung-cocok-untuk-orang-puasa-190424y.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES

TOP