Brilio.net - Ketan hitam merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di Indonesia. Makanan ini mudah ditemui di pasaran, baik yang masih berbentuk beras, maupun sudah diolah menjadi makanan seperti bubur, tape, cendil, dan berbagai makanan lainnya.

Selain mengandung serat tinggi dan kalori rendah, ketan hitam ternyata tinggi akan antioksidan, lho. Sehingga, makanan ini baik untuk menjaga daya tahan atau imun tubuh. Kandungan lain yang dimiliki ketan hitam adalah zat besi, protein, karbohidrat, serat, vitamin E, dan berbagai mineral.

Nah, salah satu mineral yang dimiliki oleh makanan ini adalah magnesium. Kandungan ini sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel-sel dan kepadatan tulang pada pertumbuhan anak. Maka dari itu, anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dianjurkan untuk mengonsumsi makanan ini.

Masih banyak lagi manfaat ketan hitam lainnya untuk kesehatan. Ingin tahu apa saja? Di bawah ini brilio.net rangkum dari beberapa sumber mengenai manfaat ketan hitam untuk kesehatan, pada Minggu (25/4).

Loading...

1. Tedapat antioksidan yang tinggi.

Manfaat ketan hitam untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: Instagram/@gemarkulineran

Antioksidan merupakan zat alami atau sintetis yang berfungsi untuk melindungi dan mengurangi risiko kerusakan sel akibat racun dan radikal bebas.

Kandungan antioksidan pada ketan hitam biasa disebut dengan anthocyanin. Kandungan ini sangat berguna untuk melawan kanker dan penyakit jantung.


2. Tinggi kandungan mineral.

Manfaat ketan hitam untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: Instagram/@tissacake

Mineral seperti mangan, fosfor, dan magnesium merupakan kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu memproses kolesterol, protein, dan karbohidrat.

Di samping itu, ketan hitam juga dapat membantu melawan risiko terkena penyakit osteoporosis karena kandungan kalsium, seng, dan tembaga yang dimilikinya.


3. Kaya akan serat.

Manfaat ketan hitam untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: Instagram/@lavie.gingeredup

Ketan hitam mengandung serat yang sangat tinggi. Selain itu, serat pada ketan hitam ini tidak larut, sehingga dapat membantu seluruh makanan yang dikonsumsi melewati sistem pencernaan dengan cepat.

Perut pun akan terasa kenyang lebih cepat dan lama. Maka dari itu, ketan hitam cocok untuk alternatif makanan saat sedang diet, lho.


4. Makanan bebas gula.

Manfaat ketan hitam untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Berbeda dengan beras maupun tepung gandum lainnya yang mengandung gluten, ketan hitam adalah makanan dengan kandungan bebas gula, karena tidak mengandung gluten.

Maka dari itu, bagi sebagian orang yang memiliki alergi gluten, ketan hitam adalah salah satu alternatif makanan terbaik untuk memenuhi asupan karbohidrat.


5. Jaga kesehatan alat pencernaan.

Manfaat ketan hitam untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Ketan hitam cenderung memiliki kandungan serat relatif lebih tinggi daripada jenis beras lain. Sehingga, sangat baik untuk membantu jaga kesehatan alat pencernaan.

Contohnya, ketan hitam dapat mencegah sembelit, perut kembung, dan menyerap racun dalam saluran pembuangan. Terlebih lagi, serat ini juga bisa membuat perut kenyang dalam waktu yang lama.

6. Jaga imun tubuh.

Manfaat ketan hitam untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Ketan hitam rupanya sangat kaya akan vitamin E lho. Sehingga, ketan hitam dapat membantu melindungi sel tubuh dari radikal bebas. Kandungan antocyanin pada ketan hitam juga memiliki peran yang sama dalam menjaga daya tahan tubuh.

7. Jaga kesehatan jantung.

Manfaat ketan hitam untuk kesehatan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Ketan hitam mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, ketan hitam juga dapat memperbaiki kerusakan dan pembengkakan pada pembulu darah. Maka dari itu, rutin mengonsumsi ketan hitam dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

RECOMMENDED