Brilio.net - Ada banyak jenis kacang yang bisa kamu konsumsi setiap hari. Mulai dari rasa dan bentuknya pun beragam. Salah satunya adalah kacang polong atau kacang ercis yang memiliki bentuk bulat kecil berwarna hijau. Kacang yang mudah ditemukan di pasaran ini, biasanya dijadikan tambahan makanan atau bahkan untuk camilan. Kacang ini bisa diolah dengan cara digoreng, direbus, dan juga dipanggang.


Karena rasanya yang lezat, tak heran kalau kacang ini digemari semua orang, dari anak kecil hingga orang dewasa. Sayuran yang bernama latin Pisum sativum L ini mengandung banyak vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh. Di antaranya zat besi, magnesium, mangan, kalsium, zinc, dan kalium. Ditambah lagi, ada juga kandungan protein, karbohidrat, serat, folat, vitamin A, B, C ,E, dan K. Vitamin C-nya juga dapat membangun kekebalan tubuh yang baik.


Ercis juga mengandung molekul antioksidan yang disebut polifenol. Sehingga juga bisa mengendalikan radikal bebas penyebab penyakit kronis. Bahkan kacang polong ini kerap dijadikan salah satu menu untuk diet sehat loh. Sebab kandungan serat yang tinggi dan juga rendah kalori mampu menurunkan berat badan serta mampu menjaga pencernaan menjadi lancar.

Nah tentunya kacang polong jadi sayur yang wajib kamu coba. Yuk simak manfaat lain yang terkandung dalam kacang polong. Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (19/11).

Loading...


1. Menjaga pencernaan.

Manfaat kacang polong © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Jenis kacang ini diketahui kaya akanfreepik.com serat, sehingga memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan. Serat memberi makanan bakteri baik di usus yang membuat mereka tetap sehat dan mencegah kelebihan polusi bakteri tidak baik. Sehingga dapat mengurangi risiko terkena beberapa kondisi gastrointestinal yang umum. Seperti penyakit radang usus, sindrom iritasi usus dan kanker usus besar. Selain itu, serat juga menambah berat tinja dan mencegah sembelit.


2. Mencegah kanker.

Manfaat kacang polong © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Manfaat kacang polong yang kedua yakni dapat mencegah dan melawan sel kanker. Kacang polong merupakan sumber antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas.

Kacang polong memiliki kandungan vitamin K dalam jumlah tinggi yang bermanfaat untuk mencegah risiko kanker prostat pada kaum pria. Kandungan ini juga bisa mencegah para wanita dari kanker payudara. Kamu dapat mengonsumsi kacang polong ini untuk mengurangi risiko kanker.


3. Menurunkan berat badan.

Manfaat kacang polong © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, kacang polong bisa menjadi pilihanmu. Sebab kacang jenis ini mampu mengurangi risiko obesitas karena dapat mengontrol dan menurunkan berat badan.

Kacang polong merupakan jenis kacang-kacangan dengan kadar glikemik indeks rendah dan sangat baik untuk dikonsumsi bagi kamu yang ingin menjaga berat badan tetap ideal. Bersama dengan serat, kandungan protein yang tinggi ini akan mengenyangkan perut dan mengurangi asupan kalori kamu sehari-hari.


4. Meningkatkan kesehatan jantung.

Manfaat kacang polong © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Kacang polong juga mengandung sejumlah mineral yang sehat untuk jantung, seperti kalium, kalsium dan magnesium. Kacang berwarna hijau ini mempu mencegah tekanan darah tinggi yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

Kandungan asam amino dan isoflavon dalam kacang polong juga berfungsi menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat. Kedua kolesterol tersebut dapat meningkatkan risiko jantung.


5. Menjaga kesehatan tulang, otot dan sendi.

Manfaat kacang polong © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Nggak hanya baik untuk jantung, kacang polong juga mempunyai manfaat untuk kesehatan tulang, otot, dan sendi. Kacang polong memiliki kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang.

Kacang polong mampu meningkatkan kekuatan otot dan sendi, lantaran kandungan protein, lemak, dan juga serat yang tinggi. Jika mengonsumsi kacang polong secara rutin, kamu dapat memelihara kesehatan otot dan sendi.


6. Menjaga kesehatan mata.

Manfaat kacang polong © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Jenis makanan ini baik untuk mata, karena mengandung vitamin E yang melindungi sel mata dari radikal bebas. Melansir dari US News, vitamin E juga memperlambat perkembangan katarak dan degenerasi makula yang merupakan gangguan penglihatan di usia tua.

Selain itu setengah cangkir kacang polong mengandung 35 persen dari jumlah vitamin A yang dibutuhkan setiap hari untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A digunakan untuk menjaga kornea (penutup luar mata) tetap bersih dan juga merupakan komponen rhodopsin.


7. Menyeimbangkan gula darah.

Manfaat kacang polong © 2020 brilio.net/ freepik.com

foto: freepik.com

Kacang polong adalah salah satu menu yang bermanfaat bagi penderita diabetes. Kacang ini bisa ditambahkan di berbagai macam hidangan untuk menambah nutrisi. Kacang polong mengandung 244 miligram kalium per 100 gram, yang baik bagi penderita diabetes.

Selain itu, potasium penting bisa menjaga tingkat tekanan darah tetap terkendali. Selain itu kandungan protein pada kacang ini penting untuk manajemen berat badan, yang juga penting bagi penderita diabetes.

RECOMMENDED