Brilio.net - Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang cukup populer di Amerika Serikat karena sifatnya yang serba guna dan menyehatkan. Sejarah singkat mengenai kacang almond sendiri dikenal pertama kali pada 1700-an, di mana kala iu untuk pertama kalinya kacang almond dibawa ke ke California dari Spanyol oleh Franciscan Padres.

California merupakan penghasil 83 persen almond dunia. Varietasnya telah banyak berkembang setelah awal adaptasi penanaman di dataran tersebut. Saat ini terdapat lebih dari 90 negara yang mengimpor almond California.

Rasa almond yang enak juga didukung dengan manfaat yang begitu besar, baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Dilansir brilio.net dari ndtv.com, Kamis (19/11), sebuah penelitian baru yang dilakukan oleh Dr. Padma Venkatasubramanian dan Dr. Subrahmanya Kumar dari Trans-disiplin Universitas (TDU) menunjukkan bahwa almond memiliki kualitas dan manfaat kesehatan yang luar biasa, bahkan dalam sistem pengobatan tradisional India.

Kacang almond banyak dijual dalam bentuk mentah maupun matang. Almond umumnya digunakan sebagai bahan baku pembuatan susu almond, minyak, mentega, tepung, dan pasta.

Loading...

Satu porsi almond (28 gram) 1 ons, memiliki daftar nutrisi yang mengesankan, di antaranya yaitu:

Serat: 3,5 gram

Protein: 6 gram

Lemak: 14 gram (9 di antaranya lemak tak jenuh)

Vitamin E: 37 persen dari RDI

Mangan: 32 persen dari RDI

Magnesium: 20 persen dari RDI

Kacang almond juga mengandung sejumlah tembaga, vitamin B2 (riboflavin) dan fosfor. Almond juga dapat meningkatkan kecantikan seseorang. Nah kira-kira apa saja manfaat almond untuk kecantikan ya?

1. Membantu menurunkan berat badan.

Manfaat kacang almond untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Almond bisa dijadikan menu camilan sehat ketika kamu sedang menjalani diet. Hal ini dikarenakan kacang almond mengandung protein dan serat lemak sehat yang membantu menjaga kadar gula darah stabil dan membuat kenyang lebih lama. Dengan begitu kamu akan memiliki berat badan ideal.

2. Mencegah penuaan dini.

Manfaat kacang almond untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Almond kaya akan vitamin E yang membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan menutrisi kulit. Vitamin E memiliki sifat antioksidan tertentu yang diketahui dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh yang dapat berperan besar dalam proses penuaan.

3. Menutrisi rambut.

Manfaat kacang almond untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Kacang almond mengandung vitamin penting seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B1 dan B6 yang membantu membuat rambut panjang dan kuat. Kandungan magnesium yang tinggi meningkatkan pertumbuhan rambut.

4. Mengatasi lingkaran hitam pada mata.

Manfaat kacang almond untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Kandungan protein dan vitamin pada kacang almond dapat membantu mengatasi lingkaran hitam pada bawah mata. Lemak dalam kandungan almond juga bisa mengatasi lingkaran hitam pada bawah mata dan juga mata bengkak.

5. Mengatasi jerawat dan komedo.

Manfaat kacang almond untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Masalah wajah paling umum dialami orang adalah, jerawat dan komedo, hal ini disebabkan oleh kotoran dan minyak yang terperangkap dalam pori-pori kulit. Asam lemak esensial yang ditemukan dalam almond dapat mengontrol jumlah minyak yang disekresikan oleh kelenjar sebasea dan mencegah timbulnya jerawat. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai masker atau mengonsumsinya.

6. Mengatasi kulit kering.

Manfaat kacang almond untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Selain vitamin E, kacang almond juga mengandung biotin yang berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap kenyal. Kandungan asam lemak dan biotin baik dalam almond dapat membantu mengobati kulit yang sangat kering dan iritasi.

7. Mengurangi stretch marks.

Manfaat kacang almond untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Almond mengandung berbagai vitamin yang bisa melembapkan kulit. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin atau menjadikan masker untuk menghilangkan stretch marks. Cara efektif lainnya kamu bisa menggunakan minyak almond untuk mengoleskannya ke bagian stretch marks.


RECOMMENDED